Tujuh Tahun Kanaya

Selasa, 31 Oktober 2017


Alhamdulillah 20 Oktober 2017 ini usia Kanaya 7 tahun. Telat banget nulisnya tapi yang penting moment ini dibuat tulisan supaya suatu saat nanti Kanaya bisa baca.

Ketika anak berusia 7 tahun itu artinya bertambah tantangan orang tua dalam menghadapi banyak perubahan perilaku. Kritikan pedas mengalahkan pedasnya cabe setiap ada kelakuan ayah bundanya yang tidak konsisten. Beberapa kali perkataan ayah bunda dibantah, dan diskusi panjang jika ingin menerapkan aturan. Seolah dengan banyaknya perubahan sikap si 7 tahun ini ingin berkata,  aku bukan anak kecil lagi dan aku ingin menentukan sendiri bagaimana aku mau bersikap. Dalam beberapa hal bunda memang sengaja membiarkan dia lebih banyak explore, tetapi ada suatu saat bunda juga harus lebih tegas jika sudah agak jauh melangkah. Tarik ulur tepatnya.

Beberapa kali dia ngambek karena keinginannya tidak dituruti. Sudah diajak bicara baik-baik tetap ngambek, harusnya bunda lebih sabar yah,  tapi seringnya sumbu pendek langsung bunda ikutan ngambek ditambah tausiyah panjang lebar. Padahal harusnya saat dia ngambek bunda bicara seperlunya, kalau suasana sudah tenang dan adiknya tidur masalah bisa dibicarakan lagi baik baik dan biasanya clear. Etapi seringnya emosi duluan mikir belakangan. Ayo buuuun kelola emosi.


Memang semenjak adiknya lahir, bunda dan Kanaya itu selalu bermasalah dalam hal komunikasi. Mau bicara dengan lebih tenang kadang sulit karena adiknya juga minta perhatian. Apalagi kalau lihat bunda dan Kanaya lagi serius ngobrol berdua, adeknya pasti ada saja tingkahnya buat mengalihkan perhatian bunda.

Makanya bunda bilang ke ayah, sesekali minta waktu untuk bisa pergi berdua saja dengan Kanaya, makan ice cream berdua sambil ngobrol ngobrol seru dan di sela pembicaraan itu bunda bisa memberi dia banyak masukan. Dengan begitu dia merasa diperhatikan karena saat di rumah memang banyak perhatian ke adiknya yang masih menyusui. Pernah sih sekali kami ngedate berdua di kedai pizza dan alhamdulillah banyak perubahan. Meskipun beberapa minggu yaaaa lupa lagi dengan nasehat bunda. Tapi engga apa apa ya Nay jadi ada alasan buat kita izin ke ayah ngedate berdua lagi.  Hihihi

Sekolahnya gimana?  Alhamdulillah karena masuk SD di usia yang matang tidak banyak kesulitan saat mengikuti pelajaran. Awalnya bunda hanya agak khawatir dengan sistem hafalan di sekolahnya apakah Kanaya bisa. Ternyata tidak disangka hafalannya lumayan cepat dan jauh dari prediksi bunda. Satu hal yang bikin bunda senang dia sudah berani tampil. Sebelumnya jangankan tampil di depan umum.  Bicara saja malas malasan. Beberapa kali dia cerita bisa menjawab pertanyaan spontan, berani bercerita di depan kelas dan punya banyak teman dari kelas lain di sekolah. Pencapaian seperti ini sudah membuat bunda bahagia lho...
Kanaya banyak perubahan positif.

Doa yang terbaik buat Kanaya semoga selalu dalam keberkahan usia, jadi anak solehah, cerdas, sehat dan bermanfaat buat orang banyak. Doa juga buat ayah bunda semoga diberi kemampuan untuk menjadi orang tua yang lebih baik lagi.
Laaaaafff.... Kanaya..




Kaysan 19 bulan

Minggu, 10 September 2017

Waaaah baby boy udah 19 bulan aja... maapkeun bundanya kurang konsisten nulis perkembangan Kaysan. Padahal banyak banget yang ingin ditulis. Bocah unyu ini lagi lucu lucunya dan bikin gemas ,meskipun sering bikin khawatir juga karena aktif luar biasa. Meja, kursi, rak sepatu sampai lemari dipanjat juga. Pernah jatuh tapi cuma nangis sebentar setelah itu lanjuuuut lagi panjatnya..... Say No to kapok, coba terus sampai rasa penasaran terpuaskan.



Ini dia beberapa hal tentang Kaysan
  • Makannya kurang lahap....hiks hiks..... meskipun sebenarnya sudah terbiasa dengan pola makan kakaknya yang tidak jauh berbeda tapi tetap dong bundanya bingung. Sekali makan cuma mau 3 suap aja setelah itu GTM, ditawari lagi beberapa jam kemudian palingan mau sedikit. Tapi kalau ngemil mau aja sih dia, meskipun engga banyak juga. Beda banget dengan kakaknya yang  tidak suka buah, justru Kaysan ini pecinta buah. Buah apa aja doyan, makanya kalau sedang GTMnya kambuh bunda sodorin buah dan tidak menolak kecuali mulutnya sariawan seperti beberapa hari yang lalu, dia cuma mau asi saja. Semua makanan ditolak sambil geleng geleng kepala dan bilang tidak.
  •  Sudah lancar bicara beberapa kata, ayah, nda, mbah, ata (kakak), mau lihat, minum, mamam, pegi, nangis, dll. Kadang ngomong enggak jelas atau minta sesuatu yang bunda enggak ngerti biasanya ujung-ujungnya nangis kesal. Hebatnya si kakak bisa menterjemaahkan... oooh si adek minta ambilin sendok nda..... makanya sekarang kalau bunda enggak ngerti dia ngomong apa langsung panggil kakak minta diterjemaahkan, hehehe.
  • Empati nya 4 jempol deh.  Kalau kakaknya selesai mandi atau wudhu buru buru dia ambilkan handuk dan diserahkan ke kakaknya. Kakak bilang, terima kasih adek... dia jawab, ama ama (sama sama). Pernah juga lihat bunda bersin bersin, segera dia lari ambil tisu dan kasih ke bunda, ...so sweet...
  • Sama seperti kakaknya, paling suka kalau dibacakan cerita dari buku. Sudah bisa menebak beberapa hewan sambil menirukan suaranya, seperti sapi moooo...kambing embeeeek.... bebek bek bek bek.... tidak lupa semua binantang di buku didadah dadahin dan kiss bye. Bisa berhitung sampai tiga, atu , uwa, igaaaa.....Kaysan juga sering jadi korban keisengan kakaknya. Didandanin pakai aksesoris macam-macam, pakai topi, syal terus disuruh berperan jadi orang yang mau bepergian, daaaaaaan Kaysan pun nurut aja . Bagian ini yang paling bikin ketawa kadang dia sambil menjinjing tas dan bilang mau ke pasar, tidak lupa cium tangan bunda sambil dadah dadah kaya miss universe.
  • Paling pinter ngacak acak isi lemari pakaian, rak sepatu, rak piring dan isi kulkas. Mainan di dalam keranjang juga tidak mau diambil satu-satu, tapi keranjangnya langsung dibalik dan mainan sukses berhamburan di lantai. Tapi kadang kalau sedang mood, dia mau membereskannya kembali. Beberapa hari ini kalau melihat ada uang dia langsung ribut ngajak ke warung, kalau bundanya diam saja langsung diambilin jilbab dan nunjuk pintu minta dibukain.
Alhamdulillah, senangnya Kaysan sudah banyak perkembangan terutama motorik kasarnya. Bunda mulai kewalahan mengejar ngejar Kaysan saat berlari. Semoga sehat dan bertambah terus kepintarannya ya nak..... 










my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.