Menyapih Kaysan

Kamis, 26 Juli 2018

Kaysan sudah melewati usia 2 tahun. Yeaaaay..................  saatnya Weaning With Love.

Sebenarnya bunda ingin menyapih Kaysan secara alami saja. Menunggu dengan sabar sampai dia sadar sendiri dan meninggalkan dunia ASI nya. Tapi... ternyata diluar rencana, bunda memutuskan Kaysan disapih lebih cepat. Alasannya karena setiap menyusui selalu ada drama antara bunda dan Kaysan. Kalau bukan bundanya yang nangis, ya Kaysan yang nangis, malah kadang dua duanya nangis bareng. Kaysan itu kalau menyusu tidak bisa tenang, maklum sih ya anak cowok, kadang dia maunya menyusu sambil berdiri, sambil nungging,  lain waktu menggigit puting sampai lecet. Badan sampai meriang rasanya. Manalah gigi depanya sudah komplit, jadi rasanya bunda trauma banget kalau Kaysan minta menyusu.

Biasanya Kaysan nangis itu kalau hidungnya saya pencet supaya dia melepaskan gigitannya. Ditegur baik-baik malah anaknya senyum-senyum sambil memperkuat gigitannya. Huhuhu maapkeun bunda ya nak, tidak bermaksud menyakiti tapi rasanya ga tahan juga digigiti terus.

Sebenarnya perilaku Kaysan saat menyusu ini sudah dimulai sejak giginya tumbuh. Mungkin terasa gatal jadi salah satu pelampiasannya dengan menggigit puting saat menyusu. Saya berpikir saat itu usianya belum dua tahun, jadi mamak kudu sabar yah karena memang masih jatahnya dia mendapatkan ASI. Nah setelah usia dua tahun, saya jadi selalu terpikir ingin segera menyapih karena makin lama kok jadi semakin aktif cara menyusunya. Tapi lain sisi masih belum rela kalau harus menerima kenyataan sudah tidak menyusui lagi.  Proses menyusui itu adalah proses yang paling romantis antara ibu dan anak, menurut saya. Moment terindah yang tidak bisa diceritakan bagaimana rasanya. Dilema kan, satu sisi pengen nyapih tapi masih kepengen menyusui juga. Hadeuuuuh...


Setelah konsultasi dengan mbahnya, akhirnya diputuskan saya harus menyapih Kaysan sebelum Ramadhan, yang saat itu tinggal sebulan lagi. Kenapa ? karena menyapih itu pasti ada deramah deramahnya, dan pengennya bulan Ramadhan fokus ibadah engga pake acara tangis-tangisan dan galau masalah menyusui.

Berbeda dengan kakaknya yang saat saya sapih, kondisi saya masih bekerja kantor full dari jam 7 sampai jam 6 sore. Jadi lebih mudah menyapihnya karena sudah terbiasa tidur tanpa menyusu langsung dari saya. Kalau saat Kaysan disapih, saya full ada di rumah dan dia tidak bisa tidur kalau tidak menyusu dulu. Setiap hari saya selalu mengkondisikan bahwa saat ini dia sudah berusia 2 tahun dan minum susunya tidak dari bunda lagi, tapi dari gelas. Saya memang tidak memberikannya susu dengan botol supaya tidak menyapih dua kali. Alhamdulillah dia mau minum susu UHT dari gelas karena melihat contoh dari kakaknya. Tapi masalahnya adalah saat akan tidur, tetap harus menyusu dari bunda.

Akhirnya saat malam, saya tidur di kamar yang berbeda dengan Kaysan. Mbahnya yang menenangkannya saat dia mencari bundanya. Huhuhuhu.... rasanya sweediiiich banget mendengar Kaysan menangis tidak bisa tidur. Tapi saya harus teguh pendirian supaya proses menyapih ini berhasil. Beberapa malam masih seperti itu, Kaysan menangis karena ingin menyusu, dan saya galau tidak karuan.  Kalau siang pun juga seperti itu, selalu ada air mata antara bunda dan Kaysan. Dia selalu tertidur karena kelelahan menangis. Setelah Kaysan reda tangisnya, gantian saya yang nangis. Ya Allah, berat banget rasanya melalui proses ini, saya engga tega.....

Setelah hampir seminggu, Alhamdulillah Kaysan sudah bisa tidur tanpa menyusu. Tapi hampir setiap  hari bilang, adek mau nenen bun.... Tapi kadang sadar sendiri, sekarang adek udah besar ya bun, jadi enggak nenen lagi yah bun.... 

Sampai sekarangpun sudah berlalu 3 bulan sejak dia disapih, masih sering meledek bundanya,
Kaysan : bun, nenen dong
Bunda : ya sudah engga nenen lagi lah
Kaysan : ya udah deh nunun ajah ( sambil cengar cengir )
Bunda : yaaa sama aja, nenen atau nunun tetap engga boleh
Kaysan : *senyum lebaaaaaaar.....
Semoga Allah selalu menjagamu ya nak, dan jadikan engkau anak yang sholeh....aamiin....






2 comments

Juli 31, 2018

pinternya kaysan...malah dia yang ngeledek ya..

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.