Senangnya Berbagi

Kamis, 16 April 2015


Beberapa waktu yang lalu bunda pernah menulis tentang Kanaya yang tidak marah atau cemburu saat bajunya dipakai oleh sepupunya. Padahal waktu itu bunda sempat menduga dia akan kesal karena baju itu diberikan tanpa seizinnya. Bahkan setelah tahu hal itu, dia mencari lagi baju-baju di lemari untuk kembali diberikan ke sepupunya.

Kanaya memang tidak pelit berbagi barang-barangnya dengan orang lain. Bahkan beberapa kali dia pernah menawarkan mainannya untuk dimiliki sepupunya.

Nay     : Ini bonekanya buat Diva aja,
Tante  : lho nanti kalau dikasih Diva, Kanaya enggak punya boneka
Nay     : enggak apa-apa nanti aku bisa beli lagi.
Bunda : yaaah kan beli pakai uang Nay (malah bunda yang protes)
Nay : iya nanti belinya kalau bunda ada rezeki lagi.

*aiiiih.

Lain waktu Kanaya berbincang dengan mbahnya, Nanti kalau aku besar, aku mau kerja seperti ayah dan bunda, kalau aku punya uang mbah mau dibelikan apa ? Mbahnya tersenyum penuh haru dengan perhatian Kanaya, semoga kelak Kanaya bisa selalu menyenangkan hati mbah ya. Mendengar cerita mbah, bunda hanya membatin, anak sekecil ini pemikirannya sudah jauh ke depan, dan yang paling mengharukan dia sudah berpikir ingin berbagi dengan mbahnya. Semoga terkabul yang diniatkan saat ini ya nak. :)




Suatu hari saat Kanaya dengan semangatnya bercerita tentang tokoh di film Frozen, tiba-tiba dia nyeletuk, bun, kenapa yah Elsa dan Ana tidak pakai jilbab ?. Bunda jadi bingung menjawabnya, hmmm.... mungkin dia tidak punya uang untuk membeli jilbab, dan jawaban Kanaya secara spontan adalah, nah, jilbab kita kan banyak, ayo kita sumbangin jilbab buat Elsa dan Ana. Bunda tertawa mendengar idenya, tapi kemudian terhenti tawanya karena wajah Kanaya serius banget. Ya ya ya.... nanti kita pikirkan bagaimana cara menyumbang jilbab untuk mereka yaah.... #ada yang tau alamat rumah Elsa dan Ana? :)))

Semangat Kanaya untuk berbagi ini juga sering dilakukan kepada teman-temannya. Beberapa kali dia mengajak temannya ke rumah untuk menguras isi kulkas. Bunda memang biasa menyediakan cemilan di kulkas supaya Kanaya tidak jajan di luar. Tapi seringnya cepat habis karena Kanaya tidak pernah ragu untuk membagikan makanan miliknya. Pernah suatu hari dia sedang berkumpul dengan teman-temannya di rumah. Tidak berapa lama menuju dapur melihat bundanya yang sedang membuat agar-agar kesukaannya. Lalu dengan inisiatif sendiri dia membuat pengumuman di depan teman-temannya, besok pada kesini lagi yaah, bunda aku lagi bikin agar-agar, nanti kita makan sama-sama, kalau sekarang agar-agarnya masih panas, nanti kalau sudah dingin baru deh masukin kulkas dan bisa dimakan. Bunda senyum senyum sendiri di dapur mendengar celotehnya.


Alhamdulillah, senang sekali dengan sikap Kanaya yang senang berbagi ini. Memang bunda biasakan dia untuk berbagi mulai dari hal-hal yang kecil. Seperti memintanya memberikan uang untuk pengemis atau pengamen. Pada saat ada acara-acara sosial bunda juga melibatkan dia untuk membantu memilih milih barang yang masih bisa digunakan untuk orang lain, sambil dijelaskan kenapa kita harus berbagi dengan sesama. Buku Halo Balita dengan judul Aku Sayang Teman juga berperan banyak dalam perkembangan Kanaya. Cerita di buku ini ternyata sangat berkesan untuknya dan menjadi salah satu buku favoritnya. Bunda tidak menyangka ternyata dia banyak meniru dari cerita di buku ini. #ada yang belum punya buku halo balita ? #iklanterselubung :)

Menanamkan kebiasaan baik memang sebaiknya dilakukan sejak anak masih kecil. Insya Allah hal-hal yang baik itu akan membekas terus sampai si anak besar. Mudah-mudahan kesenangan Kanaya berbagi ini berlanjut terus sampai dewasa ya nak..... aamiin.




 

30 comments

April 16, 2015

hihih...tente juga mau doong makan agar2 di rumah Kanaya besok..;D

April 16, 2015

Naya.... Yuk kita cari sama sama rumah Elsa dan Anna, hahaha..
Alhamdulilah yaa anak2 sudah belajar berbagi.

April 16, 2015

@Desiayo tante kesini, icip icip agar-agar buatan bunda

April 16, 2015

@keluarga Qudsywakakak.... puyeeeng yak, dimana kita nyarinya rumah mereka....

April 16, 2015

Duh, baik sekali kamu, Nay :)
Pssst, kalo udah tau alamatnya Elsa sm Ana, kasih tau tante yaa, kepengen minta dikirimin salju ke Bekasi biar ga terlalu panas qiqiqiqi

April 16, 2015

di umur yang masih kecil aja kanaya sudah senang berbagi,apalagi nantin kelak dewasa ya mbak,hehe semoga kanaya tumbuh menjadi anak yang dermawan.Amin

April 17, 2015

Kanaya pinter bgt....senang berbagi...ayoo bunda buat agar2 yang banyak ya he he he

April 17, 2015

Hihihi, jdi bayangin Elsa pakai jilbab. :D
Semangat terus berbaginya ya, Nay. . . :*

Mau main ah ke rumah Kanaya suaya bisa dibagi hehehe

April 21, 2015

@Orinnah iya ini salju juga sering jadi bahasan kanaya juga... semoga di bekasi tercintah ini segera turun salju yah heheheh

April 21, 2015

@Nindi Azzahraaamiin...ya Allah aamin....

April 21, 2015

@fitri anitaiya sekarang kalau buat makanan sepertinya memang harus lebih banyak..

April 21, 2015

@Idah CerisElsa nan solehah kata Nay

April 21, 2015

@Lidya - Mama Cal-Vinhayuuuk tante kesini, ajak pascal dan calvin

April 21, 2015

Aiih Kanayaaa so sweet...
Berbagi itu indah Nay... hehehe...
Vania juga suka nih gambar Elsa dan Anna yang pake jilbab.. entah waktu itu dapat dimana, mungkin dia googling... hehehe...

berkah terus yah Nay,... aamiin,,, :)

April 21, 2015

Nay, aku tau alamatnya Elsa dan Anna.. itu di kerajaan Arandelle... kalo mau sumbangin jilbab kesana aku ikut yah Nay! ;-)

Aku juga nggak punya buku halo balita, Nay..
abis bunda nggak beliin x_x
tapi skarang aku bukan balita lagi Nay.. hehehe

April 22, 2015

Wah yummy nih Agar agar bikinan Bunda Kanaya. Kapam kapan bisa order ke Pontianak bisa ya

April 22, 2015

ikut mengaminkan doanya :)

April 23, 2015

Aamiin. Anak seusia rata-rata dengan kanaya sangat sulit sekali untuk berbagi dengan yang lain tapi anak kecil yang lucu (kanaya) sudah belajar berbagi dengan yang lainnya. Salut (y)

April 23, 2015

wahhh lucu bgt nay,smg sehat trus kelak jdi anak yg solihah,aamiin... :)

April 24, 2015

@Lyliana Thia ooh iya yah ga kepikir googling... coba deh nanti dicari

April 24, 2015

@Vaniaeeh ada juga lho Van, buku dengan kualitas sama untuk yang bukan balita lagi... #tetepjualan

April 24, 2015

@Asep Haryonoayo kesini om...hehehe

April 24, 2015

@Kania Ningsihmakasih tanteeee..

April 24, 2015

@Wida Zeealhamdulillah masih terus belajar berbagi ini tante..

April 24, 2015

@aira abdullahaamiin... makasih yaaa

April 27, 2015

Kanaya lucu dan baik hatinya :D

Alhamdulillaah..., Kanaya hebat. Senang berbagi itu keren :)
Semoga Kanaya semakin shalihah.

April 27, 2015

@Ida Tahmidahaamiin.... makasih ya tante....

April 27, 2015

@Akhmad Muhaimin Azzetaamiin.... makasih pak Ustadz :)

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.