Tujuh Tahun Kanaya

Selasa, 31 Oktober 2017


Alhamdulillah 20 Oktober 2017 ini usia Kanaya 7 tahun. Telat banget nulisnya tapi yang penting moment ini dibuat tulisan supaya suatu saat nanti Kanaya bisa baca.

Ketika anak berusia 7 tahun itu artinya bertambah tantangan orang tua dalam menghadapi banyak perubahan perilaku. Kritikan pedas mengalahkan pedasnya cabe setiap ada kelakuan ayah bundanya yang tidak konsisten. Beberapa kali perkataan ayah bunda dibantah, dan diskusi panjang jika ingin menerapkan aturan. Seolah dengan banyaknya perubahan sikap si 7 tahun ini ingin berkata,  aku bukan anak kecil lagi dan aku ingin menentukan sendiri bagaimana aku mau bersikap. Dalam beberapa hal bunda memang sengaja membiarkan dia lebih banyak explore, tetapi ada suatu saat bunda juga harus lebih tegas jika sudah agak jauh melangkah. Tarik ulur tepatnya.

Beberapa kali dia ngambek karena keinginannya tidak dituruti. Sudah diajak bicara baik-baik tetap ngambek, harusnya bunda lebih sabar yah,  tapi seringnya sumbu pendek langsung bunda ikutan ngambek ditambah tausiyah panjang lebar. Padahal harusnya saat dia ngambek bunda bicara seperlunya, kalau suasana sudah tenang dan adiknya tidur masalah bisa dibicarakan lagi baik baik dan biasanya clear. Etapi seringnya emosi duluan mikir belakangan. Ayo buuuun kelola emosi.


Memang semenjak adiknya lahir, bunda dan Kanaya itu selalu bermasalah dalam hal komunikasi. Mau bicara dengan lebih tenang kadang sulit karena adiknya juga minta perhatian. Apalagi kalau lihat bunda dan Kanaya lagi serius ngobrol berdua, adeknya pasti ada saja tingkahnya buat mengalihkan perhatian bunda.

Makanya bunda bilang ke ayah, sesekali minta waktu untuk bisa pergi berdua saja dengan Kanaya, makan ice cream berdua sambil ngobrol ngobrol seru dan di sela pembicaraan itu bunda bisa memberi dia banyak masukan. Dengan begitu dia merasa diperhatikan karena saat di rumah memang banyak perhatian ke adiknya yang masih menyusui. Pernah sih sekali kami ngedate berdua di kedai pizza dan alhamdulillah banyak perubahan. Meskipun beberapa minggu yaaaa lupa lagi dengan nasehat bunda. Tapi engga apa apa ya Nay jadi ada alasan buat kita izin ke ayah ngedate berdua lagi.  Hihihi

Sekolahnya gimana?  Alhamdulillah karena masuk SD di usia yang matang tidak banyak kesulitan saat mengikuti pelajaran. Awalnya bunda hanya agak khawatir dengan sistem hafalan di sekolahnya apakah Kanaya bisa. Ternyata tidak disangka hafalannya lumayan cepat dan jauh dari prediksi bunda. Satu hal yang bikin bunda senang dia sudah berani tampil. Sebelumnya jangankan tampil di depan umum.  Bicara saja malas malasan. Beberapa kali dia cerita bisa menjawab pertanyaan spontan, berani bercerita di depan kelas dan punya banyak teman dari kelas lain di sekolah. Pencapaian seperti ini sudah membuat bunda bahagia lho...
Kanaya banyak perubahan positif.

Doa yang terbaik buat Kanaya semoga selalu dalam keberkahan usia, jadi anak solehah, cerdas, sehat dan bermanfaat buat orang banyak. Doa juga buat ayah bunda semoga diberi kemampuan untuk menjadi orang tua yang lebih baik lagi.
Laaaaafff.... Kanaya..




2 comments

November 01, 2017

Wah, Kanaya udah 7 tahun ternyata!
Selamat ulang tahun walo telat, gak papa yaaah :)

Kencan berdua bareng anak emang penting Bun, biar mereka bisa lebih bebas curhatnya. Kalo aku ama Kayla, karena dia udah abg biasanya suka nyalon bareng, pulangnya jajan bakso hehehe

November 01, 2017

Ya ampun, maya udah 7 tahun aja. Baarokallah maya cantik,sehat dan pintar selalu ya nak

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.