Cerita (rencana) Sholat Id bersama Kanaya

Selasa, 28 Agustus 2012


Lebaran tahun ini berbeda sekali dengan lebaran tahun-tahun sebelumnya, karena Bunda dan Kanaya harap-harap cemas Ayah tidak bisa ke Bekasi untuk berkumpul bersama merayakan Idul Fitri. Tetapi alhamdulillah, atas seizin Allah yang Maha pemurah Ayah datang 2 hari sebelum lebaran. Senaaaang banget, seperti mimpi rasanya bisa bertemu ayah setelah 1,5 bulan terpisah. Reaksi Kanaya pertama kali saat melihat ayahnya adalah diam, menatap lama wajah ayah karena mungkin bingung bangun tidur kok sudah ada ayahnya di hadapan, dia malah memeluk bunda sambil terus memperhatikan ayahnya. Tapi tidak lama kemudian Kanaya sudah minta gendong, dan mengoceh bercerita banyak hal kepada ayahnya.



 Malam takbiran kami berkumpul di rumah mbahnya Kanaya untuk menikmati ketupat opor ayam.Nyam...nyam....slllruuupp... Maklum, bundanya Kanaya enggah canggih dalam hal masak memasak (mau ngomong ga bisa masak ribet amat), akhirnya nebeng deh di rumah mbah, hehehehe. Selepas magrib bunyi petasan jedar jeder , bikin Kanaya makin kencang meluk bunda. Meskipun sudah dikasih pengertian tapi Kanaya tetap takut sama yang namanya petasan, pesta kembang api yang dilakukan oleh sepupunya juga tidak menarik minatnya. Akhirnya kami pulang ke rumah karena ingin tidur lebih cepat supaya tidak kesiangan sholat Id di mesjid.

Sebelum tidur bunda siapkan semua yang harus di bawa saat sholat Id keesokan hari. Ada air minum, cemilan dan buku buat Kanaya. Maklum Kanaya suka bosan kalau diajak bepergian, makanya perbekalan harus kumplit.



Setelah subuh, AC sengaja dimatikan supaya Kanaya kegerahan dan bisa terbangun, tapi sampai 5.30 belum ada tanda-tanda Kanaya mau bangun dari tidurnya. Ayah dan bunda yang sudah rapi berpakaian pelan-pelan mulai membangunkan Kanaya, tapi tidurnya nyenyak sekali. Bunda agak khawatir juga sih biasanya kalaupun mau bangun. dia akan bad mood kalau dibangunkan secara paksa. Pukul 6 tetangga sudah ramai bersiap-suap ke mesjid supaya kebagian tempat sholat, tapi bunda sama ayah malah sibuk sama Kanaya. Akhirnya disepakati ayah duluan ke mesjid, nanti bunda dan Kanaya akan menyusul. Setelah ayah pergi Kanaya terbangun tapi langsung menangis saat bunda ajak ke kamar mandi.



Disinilah kesabaran seorang emak diuji. Ah... udah ga sempet lagi deh ngubek-ngubek mbah Google untuk searching bagaimana mengatasi anak tantrum saat akan diajak sholat Id.... hehehehe. Cuma ngelus dada aja ngeliat kejadian seperti ini. Setelah puas nangis-nangis sambil atraksi jungkir balik, Kanaya minta disetelin CD Barney. *tepokjidat. Ealaaa... .. kepengen banget bilang, ndukk... Barneynya mau lebaran juga, dia lagi sholat Id tuh.... tapi berhubung teori ilmu parenting tidak boleh membohongi anak sudah nempel di kepala akhirnya yaaa cuma bisa pasrah aja. Bundanya manyun, ngedengerin Imam udah sampai bacaan sholat rakaat kedua. Tidak lama kemudian terdengar takbir dan khutbah Id. Eeeaaaaaa...... jadinya enggak sholat Id sodara-sodara.....




Disela-sela nonton Barney yang sudah dilihat Kanaya berpuluh-puluh kali itu akhirnya berhasil juga bunda membujuk Kanaya mandi. Enggak bisa kesel deh ngelihat wajah polosnya cengengesan puas ngerjain emaknya. Setelah didandanin, bunda minta Kanaya duduk menunggu ayah pulang dari mesjid karena biasanya kita akan berkeliling ke rumah-rumah tetangga atau kita saling bersalaman di jalanan dekat rumah. Tapi yaaa namanya juga bocah ya, mana bisa duduk anteng sebentar. Sambil menunggu masih juga bikin atraksi, akhirnya jilbabnya udah enggak rapi, bajunya udah naik ke dada, sepatuya dilepas, sambil cemberut Kanaya tanya........ kita mau kemana cih bundaaaa..... lama amat sih perginya bundaaa..... 



 

Syukurlah ayah datang dan kita langsung silaturahim ke para tetangga. Alhamdulillah, lebaran kali ini kami memang tidak mudik, tetapi tetap ada yang membahagiakan karena ayah, bunda dan Kanaya bisa berkumpul bersama lagi. Semoga lebaran teman-teman, om, tante, pakde, bude, uwa, ncang, ncing,juga berkesan ya.......



 

24 comments

Agustus 28, 2012

Dalam edisi ini barney berubah jadi kambing hitam, hehe...

1,5 bulan, wiiicch lama juga ya, pantesan Kanaya terpana dulu lihat Ayahnya, beda dong kalu Bunda, ndak pake acara terpana segalaaa :)

Agustus 28, 2012

1,5 bulan. lama banget bun, saya ditinggal 2 minggu aja udah gundah gulana.

Agustus 28, 2012

yang namanya anak-anak tingkah polahnya memang nggak bisa di tebak ya bun...kadang ngambek, kadang baek....hehe...

Tapi lebarannya tetap seru ya kanaya...

Agustus 28, 2012

lebaran bisa kangen2an sama ayah ya Kanaya

Agustus 29, 2012

Alhamdulillah, bisa ngumpul ketika Lebaran ya mbaaaak!Gapapalah tahun ini belum bisa sholat id. Insya allah masih ada tahun depan ^_^

Agustus 29, 2012

wah, si cantik ini sudah menggagalkan rencana Bunda yang sudah disusun setahun sebelumnya ( lebay nda sih ya, Bunda? hehehe ). Tapi gpp, toh ini hanya sholat Sunah, daripada dipaksa nanti nangis di masjid malah mengganggu banyak orang, bisa-bisa Bunda nda dimaafin orang semasjid ( yang ini benar2 lebay. hehehe.. ).
Lihat foto Ayah nggendong Kanaya, kok naluri seorang ayahku terpanggil ya, Bunda? ( kok jadi curcol nih? )

Agustus 29, 2012

Alhamdulillah Kanaya bisa lebaranan bareng ayahnya ya :)

Agustus 29, 2012

@Yunda Hamasahaiiih ummi... jadi kepengen malu... bundanya sih ga pakai terpana tapi langsung terperosok... hehehehe

Agustus 29, 2012

@Ummi Nabilhehe... bukan gundah gulana lagi mi, tapi hatinya udah semrawut

Agustus 29, 2012

@Mami Zidaneiya begitulah bocah ya mbak.... nguji kesabaran emaknya

Agustus 29, 2012

@Lidya - Mama Cal-Viniya.... melepas kangen meski sebentar... uhuuu uhuuhuhuhu....

Agustus 29, 2012

@Mayyainsya ALlah mba Mayya semoga masih dipertemukan sholat Id tahun depan

Agustus 29, 2012

@Abi Sabilabener juga ya bi, daripada kena kutuk orang semesjid... hehehe.... hayuuk atuh segera susul sabila ke pesantren... digendong kalo anaknya masih mau dan ga malu... hehehe

Agustus 29, 2012

@ke2naialhamdulillah mbak, bisa ngumpul juga akhirnya

Agustus 29, 2012

selamat hari raya buat Kanaya dan sekeluarga yah, hihihihi maaf ya telat :D

Agustus 29, 2012

wah kanaya lucunya.. semoga jadi anak sholehah ya.
penuh kejutan ya, tapi kapan lagi bikin lebaran bundanya jadi beda :)
salam buat barney nya

Agustus 29, 2012

Waw lama juga ya mbak udah 1.5 bulan...
Haha Kanaya Kanaya, bisa aja ngerjain emaknya :P
Barneynya juga gak jadi shalat Ied deh hahaha

Agustus 30, 2012

Wah, kompak ya pakaiannya...bagusss loh, Bun...apalagi dipakai saat hari kemenangan. Kok Dik Naya ga suka main petasan dan kembang api? Hanuun mah doyan banget, sampe kalo pegang uang bilangnya mau untuk beli "mecon=mercon" dan kembang api, hehe...

Gapapa dibilangin Barney mau sholat ied juga Mba, main drama seolah boneka Barney juga mau ke masjid, hehehe

Agustus 30, 2012

bahagianya....
lebaran kemarin aku menyendiri jaga gawang di hutan
ga bisa bareng anak anak di rumah
hiks malah curcol sih..?

Agustus 30, 2012

@Sarahsama sama ya sarah... gpp telat daripada telat banget hihihi

Agustus 30, 2012

@RBIaamiin... makasih ya doanya

Agustus 30, 2012

@Mrs. Basukidari lebaran tahun lalu dia paling takut petasan ummi....

Agustus 30, 2012

@Rawinsgpp pak curcol di mari ga bayar... hehehe

Agustus 30, 2012

wah jadi ngga ikutan sholat ied yachh......mudah2an tahun depan bisa ikutan mom..kan kanaya udah besar....lo aku bisa pergi sholat ied cuma denger ceramahnya aja soale lagi ngga bisa sholat heheh.....

Poskan Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.