Kanaya Belajar Menghafal Doa

Rabu, 26 September 2012


Di sela sela kesibukan bunda menjelang akhir bulan, kepengen posting tentang perkembangan Kanaya, sekaligus laporan buat ayah yang ada di seberang pulau, tentang gadis kecilnya.


Sejak Kanaya masih bayi, bunda selalu membiasakan membaca doa-doa harian ketika melakukan aktivitas apapun di depan Kanaya meskipun dia belum mengerti. Kanaya bangun tidur, mau makan, saat bepergian, tidak luput dari membaca doa. Sama seperti keluarga muslim lainnya, bunda ingin setiap langkah Kanaya diiringi doa dan keberkahan dari Allah.

Kebiasaan ini baru mulai terasa efeknya saat sekarang ini. Kanaya jadi lebih mudah menghafal doa harian, meskipun masih terbata-bata dan kadang hanya melanjutkan ujungnya saja. Saat bangun tidur, mata masih lima watt, kesadaran masih belum 100 %, bunda ajak Kanaya sama-sama membaca doa bangun tidur. alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin...... … nucul (nusyur) Kanaya yang melanjutkan.

Setiap mau makan, biasanya bunda yang banyak baca doa, selain doa mau makan. Maklumlah Kanaya masih membernya grup GTM, yang kalau lagi ogah makan sampai bikin bundanya pengen guling-gulingan di lantai. *Lebay. Doa mau makan ini juga dia bisa mengikuti dan paling kencang di akhir doa.

Yang lucu itu kalau Kanaya mau mandi. Sebelum masukke kamar mandi, dia berdiri di depan pintu dan berteriak lantang, bismila ilohman ilohiiiiiiiiim.....langsung diam dan menoleh ke arah bunda. Berhubung belum hafal banget doa masuk kamar mandi dia yang minta bunda baca doa dan Kanaya tinggal mengucapkan bagian akhirnya saja. Kirain bunda, baca bismillah kenceng-kenceng abis itu dilanjutkan doa eh ternyata nengok ke bunda minta dibacain hehehe. 

Nah di dalam kamar mandi, urusan baca doa ini masih berlanjut, dia minta dibacakan doa-doa yang lainnya. Ayo bunda baca doa makan, baca doa tidul, doa pelgi. Huhuhuuhuhuh.... anak ngetes emaknya..... Bunda sudah kasih pengertian kalau mau belajar baca doa nanti saja di luar kamar mandi. Alhamdulillah enggak maksa bundanya untuk membaca doa yang lainnya.

Menjelang tidur adalah saat mengulang doa-doa harian tadi. Kadang bunda tambahkan doa buat orangtua dan yang lainnya. Sepintas memang Kanaya seperti tidak memperhatikan tapi bunda yakin kalimat- kalimat thoyibah itu akan terekam dengan baik di otaknya. Semoga Allah memberi keberkahan dan keselamatan di setiap jejak langkah Kanaya. aamiin



 


22 comments

September 26, 2012

kalau sudah diajarkan dari kecil jadi cepat hafal ya bun

September 26, 2012

Iya ya mba, walaupun blom ngerti sudah terekam di otaknya..

Hasani
September 26, 2012

Terima kasih bunda atas postingnya, Ayah senang banget anak ayah makin cerdas, Semoga doa doa ayah untuk kanaya di Ijabah oleh Allah SWT

September 27, 2012

hihihi jadi malu, aku aja ga apal doa kalo abis bangun tidur..;p

September 27, 2012

Wah..Kanaya jadi anak sholehah nih kayak Bundanya.
tapi ini kebiasaan baik sih.
Mau coba terapin juga ah

September 27, 2012

ayo kanaya belajar bareng sama nabil. kalo nabil paling lancar bilang "amiiiiiiiiiiiiiiiin".

September 27, 2012

Kanaya lebih pinter dari ante Mayya dong!
Gak hafal doa nih, bisanya basmalah doang *tutup muka*

September 28, 2012

@Lidya - Mama Cal-Vinanak2 mmg paling cepat ngapalnya, enggak kaya aku nih udah gede rasanya ngapal itu susahnya minta ampyun... lha curcol....

September 28, 2012

@Orinotak anak2 itu perekam terbaik mba Orin...

September 28, 2012

@Hasaniaamiin... miss you so ayah....

September 28, 2012

@Desisama juga kok mbak aku juga banyak yg ga hapal.... makanya punya anak jadi termotivasi menghapal lagi...

September 28, 2012

@Indah Kurniawatywaaakss.... solehah???... sekedar pencitraan keknya mbak indah... hehehe... engak lah saya belom sampai se solehah mba indah kok... *twink

September 28, 2012

@Ummi Nabilklo aamin itu udah dari bisa ngomong paling kenceng dia mi.... hahahaha

September 28, 2012

@Mayyaisssh... tanet mayya suka merendah aah.... brau aja Kanaya mau minta ajarin tante Mayya

September 28, 2012

Sungguh mengharukan. Insya Allah doa doa mulia akan terekam dibenaknya, dan akan dibawanya hingga besar nanti.

Insya Allah doa anak anak lah yang akan membantu kita kelak kita (para orang tua) menghadap Yang Kuasa jika sudah saatnya. Amin Amin Aminn

September 29, 2012

Naaayyy...
lucu banget sih.. hehehe
mama hilsya ga punya ade bayi lagi nih..
udh pada abg..

Oktober 02, 2012

@Asep Haryonoaamiin ya ALLAH aamiin... kita semua orang tua selalu berharap seperti itu ya pak

Oktober 02, 2012

@hilsya hehehe... wah acik dong klo main ke rumah mama Hilsya ga da saingan

Oktober 02, 2012

Dik Kanaya, boleh nda Om meminta, doakan Kak Sabila ya, biar tetap sabar, tabah dan tegar di sekolahnya. Masih boleh nambah? Doakan juga biar Sabila nda lama-lama jadi anak piatu. Makasih ya, Sayang.

Oktober 03, 2012

@Abi Sabilaaamiin ya Allah... aamiin... suatu saat nanti pengeeen banget bunda dan Kanaya ketemu kak Sabila, pengen peluk pengen kasih semangat supaya kak Sabila tetap kuat dan jadi anak solehah seperti harapan Abi. dan untuk doa terakhir... aamiin lagi ya Allah, bunda dan Kanaya kepengen suatu hari baca postingan di blog abi, tentang ibu Sabila yang baru... aamiin....

Oktober 08, 2012

Hahahhaa... sama kayak Dija Mbak...
kalo ngikutin doa gitu, dia hafal belakangnya aja
hahhahaaa

Oktober 08, 2012

@Elsabocah dimana mana begitu ya mba elsa.... yg penting bisa ngikutin

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.