23 bulan

Kamis, 20 September 2012

Alhamdulillah Kanaya 23 bulan, ga terasa bentar lagi 2 tahun. Anak bunda udah gede ternyata. Perasaan baru kemarin sore belajar jalan, sekarang udah lari-lari nyeruduk kesana kemari. Aktif, ceria, menggemaskan, bikin bunda ketawa ngakak tapi kadang bikin bunda sedih kalau lagi lihat Kanaya sakit. Makin ceriwis ngomongnya, apa aja dikomentari. Paling ga suka kalau ada banyak orang, bunda malah ngobrol sama orang lain dan Kanaya dicuekin. Kalau nangis juga udah mulai naik oktafnya, kenceng dan menggemparkan, tapi tetap ya nangis sama senyum, masih banyakan senyumnya.

Apa, kenapa, bagaimana Kanaya di usianya yang ke 23 bulan ini? Bunda mencatat beberapa hal:

  • MUNGIL
Untuk anak seusia Kanaya, dia terbilang mungiiiiiiiiiil banget. Berat badannya di bawah normal. Bunda sudah ceritakan disini Kanaya bermasalah dengan enzim pencernaannya. Jadi, karbohidrat, lemak, protein dan segala zat penting lainnya keluar bersama fesesnya karena enzim pencernaannya tidak bekerja optimal. Dua bulan menjalani terapi enzim tidak banyak membuahkan hasil. Sampai akhirnya dokter berkesimpulan tubuh Kanaya kecil karena menurun dari bundanya. Hmmm....

Saat baca tulisan mba Elsa tentang Dija disini, bunda jadi ikutan sedih, karena yang dialami mba Elsa sama persis dengan bunda. Kadang perasaan gimanaaaaaa gitu kalau ada yang komentar kok Kanaya kecil banget, kurus yaaa, dikasih makan yang bergizi dong, makanannya ngebosenin kali. Bunda cuma bisa senyum-senyum aja sambil mikir mo nendang apaan yak hihii.hihi

Toh bunda juga kan enggak diam saja, sudah usaha macam-macam, konsultasi ke beberapa dokter, banyakin ilmu tentang gizi, variasi makanan. Tapi Kanaya memang agak susah makannya, beberapa suap lahap setelah itu buang muka. Bahkan saking kepengennya Kanaya mau makan, setiap masak, bunda komat kamit di depan panci. Bukan baca-jampi-jampi tapi doa sama Allah supaya masakan bunda dimakan Kanaya. Hehehe....

Yah... dinikmati saja ya masa-masa seperti ini, *menghiburdiri. Mudah-mudahan masalah pencernaan Kanaya segera sembuh, dan Kanaya makannya buanyak. Aamiin ya Allah

sebuah pencitraan..... biar dikira makannya banyak.... sekaligus juga harapan emaknya.....

  • EMPATI
Kalo masalah tiru meniru, anak-anak itu paling cepat ya daya tangkapnya. Gegara sering lihat bunda ngelus-ngelus bagian yang sakit kalau Kanaya jatuh, dia sekarang ikut ikutan. Suatu saat posisi bunda sedang duduk, Kanaya main sepeda tidak sengaja roda depan menabrak kaki bunda, langsung turun dari sepeda dan ngelus-ngelus kaki bunda. Maap ya... sakit ya....ush..ush...udah gpp kok..... Bunda ngikik lihat adegan itu. Lain waktu lihat bunda mengaduh karena tangannya lecet, langsung sibuk kesana kemari... sakit ya....kasih minyak but but ya... minyak but butnya dimana .

Kalau bundanya batuk-batuk langsung nadahin kedua tangan dekat mulut bunda, mau muntah yaa.... ayo muntahin... muntahin. Hehehehe setiap orang batuk dipikirnya kepengen muntah. Pernah juga bunda makan kepedesan, langsung berdiri dengan wajah dimanis maniskan...... bunda pedes ya, aus ya, naya ambilin minum yaaa. … ngaciiiir menuju dispenser, bundanya tergopoh gopoh ngikutin dari belakang, soale biasanya kalau Kanaya menuju dispenser akan ada banjir dadakan 

  

  • MALES
Kanaya lagi seneng banget ngomong males. Tertular dari sepupunya Naufal. Suatu hari tetangga depan rumah panggil-panggil Kanaya, tapi Kanaya cuek aja. Bunda menegur kenapa Kanaya dipanggil diam saja, jawabnya.... maleeessss.

Lain waktu, ruang tamu yang udah kaya kapal pecah, berantakan sama mainan Kanaya, bunda ajak sama-sama membereskan. Hayuuk Kanaya kita beresin mainanannya. Dia menjawab santai, ….Males aaaaaah....... sambil duduk ngeliatin bunda sibuk beberes, kakinya diangkat satu, sambil gigitin kuku, wajahnya dibikin jutek. Duuuuuh... ngelus dada, ngelap muka. Sabaaar...sabaaaar.

Lagi belajar pipis di kamar mandi tanpa diaper, tapi seringnya sampai depan pintu kamar mandi udah ngucur. Bunda pasang wajah cantik penuh senyum, Kanaya sholihat, kok pipisnya ga di kamar mandi? Kenapa ?..... mulut maju 5 senti.... mallleesssss.....

  • IMAJINASI

Anak seusia Kanaya itu lagi senang-senangnya berimajinasi. Awalnya bunda kaget tiba-tiba dia berbicara sendiri di ruang tamu. dengan wajah serius seperti sedang berdialog dengan seseorang. Ternyata dia sedang berimajinasi menjadi bunda yang menasehati anaknya. Makannya yang banyak ya nak, kalau main jangan jauh-jauh ya. Bunda cengengesan sendiri lihat kelakuan Kanaya.

Kadang sepeda diajak ngomong, pintu di sayang-sayang trus bergaya seperti seorang penyanyi pakai sisir sebagai micnya. Eh Kanaya juga udah tauk cherybelle, trus ikutin gayanya... chibi...chibi.... sambil pegangin pipinya. Haduuuuuh, kamu itu masih bayi nak, itu kan gaya abege, jangan – jangan bentar lagi ngefans Coboy Junior. Eeaaaaa......



Kanaya, permata hati ayah dan bunda, doa penuh cinta untukmu selalu. Semoga 23 bulan ini Kanaya semakin cerdas yaaa......







 


30 comments

September 20, 2012

Waduh udah bisa bilang males gitu :P
Asiik Kanaya mau ultah donggg bulan depannn :D :D

September 20, 2012

jangan sedih bun, kita kan sama :) nanti deh ya di bbm omonginnya gak enak kalau disini :) kanaya mau ultah ya nanti aku main deh kerumah ya boleh kan?

September 20, 2012

Whoaaaa...
ternyata Kanaya udah hampir 2 tahun yaaaa...
udah gedeeee...

Gak papa susah makan Bunda, yang penting mah sehat yah :)

Dan langsung teringat kembali masa masa riweuh ketika ngajarin Fathir toilet training...harus banyak stok sabar yah Bunda :)

September 20, 2012

Gak terasa ya udah mau 2 tahun aja nih Kanaya...
Mdh2an mau makan banyak yak! (pernah dikasih minyak ikan Scott Emulsion itu mbak? mdh2an nafsu makannya bertambah)

Hasani
September 20, 2012

untuk anak ayah tercinta, semoga 23 bulan kanaya semakin cerdas, menjadi anak soleha, kelak dewasa nanti kanaya berguna bagi umat dan masyarakat, Doakan Ayah dan Bunda ya anak semoga diberi kemampuan oleh Allah SWT untuk mendidik dan membesarkan kanaya sesuai dengan syariatNya. Amin

September 21, 2012

Gak papa mba, akan ada masa nya loh anak kita mau makan atau tiba-tiba gak suka mkn. hihihi...bkn sok tau, tp pengalaman dua anak yg skg kls 1 SMP dan kls 3 SD :)

September 21, 2012

berarti kanaya seumuran ama radit dong ya..bulan depan radit juga 2 taun..;)

masalah berat badan, radit juga sama kecil kurus. kemaren sempet 12 kg, eh sekarang makannya lagi gtm mulu ya turun lagi. Dan emang deh suka sebel kalo denger orang2 blg anak kita kurus atau kurang gizi. Heyy they never been my shoes..*jadi curcol*

yo wiss lah..sing penting, sehat toh..:D

September 21, 2012

eh kanaya udah mau 2 tahun ya bun....

biar kurus yang penting tetep sehat dan ceria ya nay....

September 22, 2012

ga papa kurus, Rin.. asal sehat
#oke.. mau ngaku.. itu adalah pembelaan diri karena sampe sekarang saya masih juga kurus kering#

September 24, 2012

@Tebak Ini Siapaiyak... mana ngomongnya kek orang udah gede ajah... insya Allah bulan depan 2 tahun, tante una mo kasih kado apa... xixixxixi

September 24, 2012

@Lidya - Mama Cal-Viniya nti kita ngobrol di bbm ya

September 24, 2012

@Bibi Titi Telitiiya mba erry sabar sabar sabar jadi emak kudu sabar...

September 24, 2012

@Mayyasudah mbak, sudah dikasih juga tapi lom ngaruh...

September 24, 2012

@Hasaniaamiin.... makasih ayah,

September 24, 2012

@IrmaSenjawahh harus menimba ilmu sama ygg udah pengalaman nih

September 24, 2012

@Desiiya mba desi yg bikin terhibur alhamdulillah jarang sakit... wah radit samaan dong miladnya....

September 24, 2012

@Mami Zidaneiya mbak.. cerianya sih alhamdulillah ya bikin ketawa terus...

September 24, 2012

@hilsyaklo orang dewasa mahmalh senengnya kurus ya mbak... hehehe

September 24, 2012

haii kanaya..tambah pinter ya sayang..
suka deh lihat senyumnya..ceriaa :)

September 24, 2012

wadoh,,klo kecil mah sptnya itu udh bawaan loh Bun, kk Diya yg no2 klas 1 SD Termasuk paling kecil bodynya tp bukan bererti dia kurang gizi koq,, hanya emg ga mau gede badannya, so semangat aja, yg pentng sehat toh heheh

September 25, 2012

@mimi RaDiAliya mbak... tetep semangat emaknya ngasih makanan bergizi dan doa terus

September 25, 2012

@mimi RaDiAliya mbak... tetep semangat emaknya ngasih makanan bergizi dan doa terus

September 25, 2012

Memang musik orang dewasa masa kini berpengaruh banget ya ke anak-anak. Anak saya belum 20 bulan pun langsung nengok ke kalo di TV pas lagi ada penyanyi tertentu. Cuma bisa liat-liatan sama suami, deh. *sigh*

September 25, 2012

Subhanallah, empatinya ud bagus banget, Bun :)
Masalah berat badan, Nadya juga gitu waktu seumur Kanaya. Udah segala macem dicobain, mulai dari dibikin ala-ala bento sampe diajak masuk dapur untuk ikutan bikin makanannya. Kan katanya kayak gitu juga bisa bikin napsu makan anak nambah.
Kecuali suplemen ya, aku usahain nggak kasih suplemen sama sekali kecuali kalo pas badannya lagi nggak fit.
Kesimpulan dokter juga sama, turunan ibunya. Tapi aku nggak percaya gitu aja, tetep cari segala macem cara. Akhirnya ketemu. Ternyata dia makannya lahap kalo emaknya yang jelita ini ikutan makan di sebelahnya, hihihi..
Alhamdulillah sekarang ud gemukan, tu :)

September 25, 2012

@Bunda KanayaSabila juga bermasalah dalam hal makan buah, Bunda. Tak ada satupun jenis buah-buahan yang mau ia konsumsi secara langsung, dia hanya mau minum sari buah dalam kemasan. Meski sempat cemas, tapi alhamdulillah perkembangan fisik dan psikis Sabila cukup melegakan, dalam beberapa hal malah membanggakan. Jadi, meski pertumbuhan badan Kanaya tidaklah sepesat teman sebayanya, janganlah berputus asa.

September 26, 2012

@Enny Mamitoaamiin... makasih ya

September 26, 2012

@Abi Sabilaiya abi, doakan semoga Kanaya pintar seperti Sabila, kadang orang tua itu banyak khawatirnya ya..

September 26, 2012

@Diar Adhihafsaripengaruh tivi luar biasa ya mbak...

September 26, 2012

@Dellaiya mba della, makasih ya sharingnya, berarti memang bundanya yang harus sabar yaa...

Oktober 08, 2012

toss dulu Mbak...
mari saling menghibur satu sama lain.
biarpun terlihat kurus, yang penting anak kita lincah sehat dan cerdas,
bener gak??
hheheheee

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.