Weaning With Love

Jumat, 12 Oktober 2012

Aaaaah,.... akhirnyah.... sampai juga pembahasan tentang weaning.

Sebenarnya pembicaraan tentang weaning antara ayah, bunda dan mbah Kanaya sudah dimulai sejak Kanaya berusia 1 tahun. Saat itu Kanaya sedang gencar-gencarnya GTM, si mbah berpikir salah satu solusinya dengan menyapih karena biasanya anak yang disapih akan lebih lahap makannya. Ayah mendukung tapi bunda tetap keukeuh gumeukeuh ingin memberikan ASI sampai minimal Kanaya 2 tahun.

Daaan... akhirnya saat-saat itu akan tiba.

Sejak Kanaya berusia 22 bulan, bunda sudah mulai mengajak bicara Kanaya tentang Weaning. Misalnya, nanti Kanaya enggak nenen lagi ya, nenen buat adek bayi aja ya, kan Kanaya sudah besar jadi minum susunya enggak dari nenen lagi dsb. Kanaya cuma tersenyum, kadang diam saja dengan tatapan tidak mengerti tapi kadang malah mempererat pelukannya tanda tidak setuju.

Bunda berharap sekali bisa proses weaning with love tanpa ada plester, pahit-pahitan, minyak atau lainnya yang membuat Kanaya trauma. Menghadapi kenyataan harus berpisah dengan kebiasaan yang menyenangkan saja sudah membuat sedih apalagi dengan cara yang kurang nyaman buat Kanaya. Bunda ingin menyusui ini mempunyai kenangan yang indah antara bunda dan Kanaya tanpa ada drama horor seperti itu. Insya Allah semoga ada kemudahan tanpa harus melalui proses yang sulit

Untuk mempersiapkan proses weaning ini, bunda sudah mulai googling mencari - cari artikel yang berhubungan dengan weaning. Terutama cerita dari ibu-ibu yang sukses dalam weaning with love. Tapi saat membaca beberapa pengalaman ibu-ibu itu, bunda malah nangis sesenggukan sendiri.

Duuuh kok ya rasanya beraaaat banget, enggak tega harus melepas Kanaya. Bunda sampai bingung sama perasaan bunda sendiri, apa iya begini ya perasaan semua ibu-ibu yang mau menyapih.

Sebenarnya secara teori, proses menyapih Kanaya bisa lebih mudah karena Kanaya hanya menyusu di malam hari saja saat bunda sudah pulang kerja. Tetapi kenyataannya Kanaya itu seperti balas dendam kalau bundanya pulang kerja. Dia akan menahan bundanya untuk makan atau mandi sebelum dia puas menyusu. Malam hari pun dia selalu terbangun untuk menyusu. Saat bunda libur sabtu dan ahad dia tidak mau minum susu dari botol atau gelas, dan memilih menyusu langsung dari bundanya.

Pernah terpikir apa Kanaya dibiarkan saja menyusu sampai dia bisa menyapih dirinya sendiri. Saat ini bunda masih bingung mau pakai metode yang mana. Karena masih belum bisa konsisten dan selalu ga tegaan kalau melihat Kanaya menangis minta nenen.

Ibu ibu yang sudah berpengalaman menyapih anak-anaknya, mohon saran-sarannya yaa......





25 comments

Oktober 12, 2012

Klo Kanaya menyusu pas malam aja, lebih mudah menyapihnya mbak. Pengalamanku dulu begitu juga,sebelum nyapih itu selalu bilang "Bee udah besar, gak nyusu bunda lagi, Bee skrg minum air putih.." sebagai gantinya, aku beliin tempat minum sedotan yang bagus. Jadi tiap dia minta nyusu (tengah malam pun), disodorin itu.Iba sih mbak, tapi ini demi kebaikannya. pernah aku posting disini

Oktober 12, 2012

Hm... dijamanku menyapih Intan dulu.... empat belas tahun lalu, informasi belum secanggih ini mba, setidaknya bagiku... internet masih terkesan mahal kala itu, jadi ga bisa googling sana sini cari masukan, apalagi to do 'weaning with love', jadi ga bisa ngasih masukan yang membangun donk ini..

pengalamanku dg Intan, putri tercinta, cukup dengan olesan minyak kayu putih di payudaraku. Aroma dan rasa hangat minyak kayu putih membuatnya berfikir bahwa Uminya lagi sakit, jadi ga usah menyusu dulu deh... "cepat cembuh ya Mi.... Intan mau nenen kalo Umi udah cembuh!" hehe. Jadi deh... selama beberapa minggu setelah itu, malam hari, payudaraku berbau minyak kayu putih, hingga dia terbiasa minum susu dari botol.

Oktober 12, 2012

dulu zidane termasuk gampang banget di sapih bunda...ngga perlu pahit2an...karena waktu itu asi saya memang udah nggak banyak, jadinya zidane malah lebih suka kalo minum susu botol.

rasanya memang kadang nggak tega ya mbak...tapi bismillah aja...insya allah bisa...

ayo kanaya....minum susu pake botol juga seru lho.....:)

Oktober 12, 2012

Klo Hamzah bisa disapih di usia 3,5 th :D Waktu itu krn sy tugas ke Palembang 3 hari 2 malem, makanya sekalian diniatin aja utk menyapih Hamzah. Alhamdulillah, selama sy tinggal, hanya malem pertama aja yg terbangun dan nyari nenen, malem kedua dan seterusnya, sudah tdk nyari2 lagi. Tapi sampe skrg Hamzah msh suka becanda "Ummi, mau nenen :D". Ternyata kata nenen itu msh trs melekat kuat di ingatannya, meski sdh 9 bulan disapih.

Hamzah msh nenen sampe 3,5 th, ternyata saya sendiri yg berat utk menyapihnya, kalau anaknya ternyata fine2 aja. Dan setelah disapih, Hamzah makannya makin lahap, berat badannya jg naik cukup signifikan. Mudah2an nanti Kanaya bisa disapih dg mudah jg ya, aamiin...

Oktober 12, 2012

Mba rina......... Nabil udah tersapih di usia 19 bulan, tepat usia adiknya 1 bulan.
sejak saya hamil sampai melahirkan nabil masih ASI lho. tapi.... pas kalo dia lagi nenen selal saya bilang gini. Nabil nan ti kalo ade udah lahir, nenen nya berdua sama adek ya. dan Alhamdulillah selama satu bulan saya pun menyusui dua buah hati saya. biasanya PDnya saya bedain, yang kanan buat abang, yang kiri buat adek.
Nah, pas adek udah lahir, saya bilang gini, abang nanti kalo udah dua tahun, nenennya buat ade aja ya. dan alhamdulillah Nabil melepas sendiri nenennya tanpa pakai cara "kekerasan".

Dan memnag berat banget rasanya 'berpisah' dengan nabil, seperti kehilangan waktu berdua, bermesraan ketika menyusui. malah kadang saya pingin iseng2 nyusuin lagi, tapi kata abinya jangan. khawatir ntar dia malah ga mau lepas lagi.

Dan sekarang......... kalo iseng2 saya kasih Nabil PD, dia cuma mangap doang. ga diapa-apain, ga digigit dan ga diisap juga. udah lupa kali ya..

Oktober 12, 2012

aahhh sama inih..aku juga lagi cari2 cara wwl.
Tapi masih blom berhasil. Dan malah akunya juga santai aja..apa emang akunya juga blom rela kalo radit berenti nenen..*emak labil*

Toss dulu sama bunda Kanaya, saya malah udah 6 bulan ini belum berhasil WWL juga. Sekarang usia Samara 31 bulan dan itu masiiiiihhh doyan banget nenen padahal kayaknya sih udah tinggal dikit banget ASInya :)

Saya pernah tugas kantor selama 3 hari 2 malam dan saya pikir inilah waktunya WWL etapi pas pulang ternyata masih mau nenen.

Pokoknya saya nikmatin aja kondisi ini tapiiii...afirmasi positif tetep dijalankan meski belum menuai hasil. Semoga baik Samara maupun Kanaya bisa berhasil WWL dengan cepat ya :)

Oktober 12, 2012

Bun, dulu Ara gampang banget, pas umur 25 bulan, saya berniat untuk menyapih ara, karena pertimbangan waktu itu, supaya bisa hamil lagi, (eeh, malah dapetnya 6 tahun kemudian ,hehhee)
saya dulu pake cara yang agak ajaib, di tempat saya sekarang, ada kepercayaan, kalo anak mau berenti nenen, bawa saja ke tempat dia biasa di urut, lalu minta saja nenek tukang urut itu mengurut sambil didoakan agar si anak mau disapih. syaratnya cuman bawa telur ayam kampung yang sudah direbus.. percaya engga percaya, tapi karena saya tau tukang urutnya juga muslim, ya sudah,, eh betul lhoo bun, setelah pulang dari tempat tukang urut, saya kasi makan telur ayam kampung itu dan sekepal nasi, setelah itu ara malah kalo liat saya buka baju, malah melengos. padahal selama 25 bulan itu full asi tanpa sufor, dan makan pun engga mau...
jadi saya engga ada tuh pake plester, pake jamu jamu, atau obat pahit, hanya begitu saja...

dan lagi saya memang sudah teguh mau menyapih ara, kalo bunda kayaknya masih ada gak teganya yaa.... hehehhehe, sebaiknya ibu nya juga sudah harus siap lahir batin sih bun, biar WWL nya berhasil....

ayo bundaa semangat ya....

Oktober 13, 2012

jadi ingat masa kecilku dulu, yg trauma ama botol susu..kakakaka

Oktober 15, 2012

oops ak belum posting mengenai weaning with lovenya Alvin nih bun

Oktober 15, 2012

@Mayyamba maya makasih info2nya langsung meluncur ke tkp buat baca2 pengalaman menyapih bee...

Oktober 15, 2012

@alaika abdullahwahintan empatinya bagus banget ya mbak, bisa merasakan kalau umminya lagi sakit, makasih sharingna ya mbak

Oktober 15, 2012

@mami zidanenah itu mbak, saya juga merasa asi saya tinggal dikit, tapi setiap saya tanya kata Kanaya masih ada kok susunya.... meskipun kadang bilang iya tinggal dikit... tapi tetep aja ga mau lepas dr nenen

Oktober 15, 2012

@Kosirotunwaaah Hamzah 3.5 tahun baru stop nenen ya, padahal mba kosi juga kerja kaya saya harusnya bisa lebih mudah ya... ternyata memang teori ga sejalan sama kenyataan hehehehe.... kepikir juga sih mbak pengen ningalin rada lama, tapi masih belum tega ... makasih sharingnya ya mba kosi

Oktober 15, 2012

@Ummi Nabilrrrr... apa kanaya dikasih adek aja yak biar gampang disapihnya kaya Nabil... wakakakakak... makasih ummi sharingnya... kapan atuh up date lagi blognya.... pengen denger cerita anak2 nih

Oktober 15, 2012

@Desitooosss ah sesama emak labil.... iya mbak temenku juga bilang harus dari emaknya yg kuat dan konsisten, tapi aku sekarang di bawa santai aja , sambil terus usaha dan doa.... semoga Radit juga lancar jaya ya proses wwl nya

Oktober 15, 2012

@Dwiyani (Bunda Samara)aamiin... iya mbak aku udah baca proses wwl nya Samara, tiap anak punya keunikan ya, ada yg mudah ada yg susah kaya Kanaya, semoga ALlah memudahkan usaha kita yaa....

Oktober 15, 2012

@meilya dwiyantimakasih supportnya mbak, iya bener harus dari ibunya yang ikhlas ya, supaya lebih gampang.... wah prosesnya gampang dan cepet banget ya ara...

Oktober 15, 2012

@pasnemtermasuk yang susah disapih juga ya....

Oktober 15, 2012

@Lidya - Mama Cal-Vinayo mbak diposting supaya bisa buat ilmu aku juga... ditunggu yaaa

Oktober 15, 2012

Tergantung mamanya juga ini Bun... ini aku coba share ya Bun.. semoga membantu http://maylav.blogspot.com/2011/12/deciding-to-wean.html

Oktober 16, 2012

langsung ke tkp... makasih mbak anggi

Oktober 16, 2012

Valeska cuma 4 bulan menyusu sama mamanya. Begitu aku masuk kerja dia berhenti sendiri. Kalo dikasih malah nolak. Lagian ASI-ku encer dan sedikit, mungkin itu penyebab Valeska bosan dan memilih Dumex :(

Semoga sukses buat Kanaya! Jangan sedih ya, sayang... :)

Oktober 16, 2012

@DewiFatmamakasih mba dewi supportnya, doakan dirikuw yaa

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.