Toilet Training Kanaya

Kamis, 14 Februari 2013


 Alhamdulillah... akhirnya sempat juga posting di blog my little princess ini lagi, setelah emaknya sibuk jadi banci kontes di blognya sendiri.

Saat bunda posting Weaning With Love Kanaya yang sudah sukses beberapa waktu yang lalu, ada komentar dari bunda Samara tentang Toilet Training Kanaya. Baru deh keingetan selama ini memang belum pernah cerita khusus tentang perkembangan toilet training Kanaya. Padahal sejak usia 25 bulan Kanaya sudah lepas dari diaper dan clodi meskipun di siang hari saja.  Makasih ya mak udah diingetin... *kecup mba Yani dan Samara juga.



Menjelang 24 bulannya Kanaya, bunda punya target-target untuk Kanaya meskipun enggak terlalu bernafsu banget target itu harus tercapai. Selain ingin menyapih Kanaya, bunda juga mengharapkan Kanaya lulus toilet training.

Jujur aja, bunda sebenarnya agak pesimis Kanaya bisa lulus toilet training dengan cepat karena dari baby terbiasa memakai diaper dan clodi. Selain itu bunda juga masih belum pede melepas diaper karena ngeri saat pips di lantai, Kanaya terpeleset, juga pertimbangan lainnya khawatir banyak najis berceceran yang luput dibersihkan. Yaah, namapun ibu-ibu adaaa aja yang bikin khawatir padahal mah khawatirnya memang dibikin sendiri dan belum tentu kejadian juga. :)

Tapiiiiii.... karena semangat irit biaya diaper dan pengen cuti nyuci clodi mengajarkan kemandirian pada Kanaya, akhirnya dimulai juga Toilet Training untuk Kanaya. Mulail deh lepas clodinya di siang hari dan hampir setiap hari saat akan tidur bunda bisikan , Kanaya kan udah gede, kalau pipis dan pup di kamar mandi yaa... 

 

Langsung sukseskah?... ya enggak dong, butuh waktu beberapa minggu dan ekstra perjuangan supaya Kanaya mau bilang saat pipis dan pup. Untuk mensiasatinya bunda sering-sering bawa dia ke toilet dan menawarkan … Kanaya mau pipis?.. yuuuk ke kamar mandi..... Sampai akhirnya bunda takjub waktu suatu hari Kanaya bilang, bunda mau pipis niiih dan dia lari ke arah toilet, tadinya dikira cuma modus aja biar bisa main air. Eh ga taunya pipis beneran. Enggak lupa kasih pujian kalau Kanaya berhasil pipis di toilet, dan bunda berusaha bersabar untuk tidak marah saat Kanaya akhirnya kebobolan juga pipis di celana. Pernah juga bilang pengen pipis baru sampai depan toilet belum sampai masuk ke dalam eeh udah ngucuuuurrr......:)

Bunda sempat juga cari-cari Training Pant di OLS, tapi yang kualitasnya bagus harganya ternyata lumayan mihil dan akhirnya malah menang lelang training pant di salah satu OLS dengan harga yang murce. *emak pengiritan sejati. Etapi pass barang udah sampai rumah ternyata kekecilan. Ya udin lah diputuskan enggak usah pakai training pant aja.


Dan ternyata tanpa training pant pun Kanaya bisa mengontrol HIVnya (Hasrat Ingin Vivis). Hanya sekitar sebulan setelah proses toilet trainingnya, Kanaya bisa benar-benar lepas dari clodi di siang hari. *Dadah dadah sama clodi. Berbarengan dengan berhasilnya lepas clodi, Kanaya juga juga sudah mau pup di toilet tapi sampai sekarang maunya masih berdiri di pinggir wc (bunda pakai wc jongkok) sambil pegangan di bak mandi dan nyidukin airnya. *judulnya sambil main air. Yaaa, meskipun begitu tetap bersyukur, dia enggak lagi pup di celana.

Nah, untuk urusan bobo di malam hari, sepertinya Kanaya masih berproses untuk tidak ngompol. Meskipun sebelum tidur selalu diusahakan pipis dulu tapi tetap saja kadang dia bangun malam hari minta pipis tapi kadang kalau terlalu nyenyak dia tidak bisa mengontrol. Biasanya Kanaya panik sendiri kalau tersadar dia mengompol. Bundaaaaa bocor nih bocooorr... hehe.

Untuk bepergian jauh, bunda yang masih enggak pede kalau Kanaya tidak pakai diaper. Emak kurang konsisten nih. Justru Kanaya yang sering protes, iih bunda emang Kanaya anak kecil masih pakai pampers... hihihi, emang masih kecil kali Nay....

Yaaa... kalau dibilang lulus toilet training memang belum sempurna sih, karena dia masih berproses mengontrol pipisnya di malam hari. Tapi bunda senang di usianya yang ke 25 bulan Kanaya sudah bisa bilang kalau ingin pipis dan pup. Alhamdulillah ternyata prosesnya tidak sesulit yang dibayangkan. Makin cinta deeh sama kamyuuu Nay...... muuuacccchh..







28 comments

Februari 14, 2013

makin cinta juga deh sama Nay ... :)

Februari 14, 2013

Alhamdulillah akhirnya naya dah belajr toilet training,smg makin kesini makin sukses dan pipis sendiri ke kamar mandi tanpa bilang ke bunda...q di PG jg ngajarin toilet training mbk,alhamdulillah sukses slm 3 bulan,,kesekolah g pake pempers dan anak sdh bisa bilang "miss hana i want to pie" trs lgsg buka celananya sendiri masuk kmr mandi sendiri "tetep ngintip dari jauh gurunya hehe",cebok sendiri,pake tisu sendiri,pake clnana sendiri..dapet star deh hehehe

Februari 14, 2013

Wah, Kanaya pinteeeer! :D

Salam kenal ya mbak :)

Februari 14, 2013

seneng banget ya.. kalo anak2 berhasil step by step :)

ah, lucu deh pokoknya
tambah pinter ya Nay

Februari 14, 2013

bunda kanaya... duh baca postingannya jadi inget sama TTnya Nabil.

TT jadi episode yang cukup berkesan ternyata buat saya. dan memag emaknya harus konsisten dan teguh pendirian dalam hal ini. kalo ngga ya.. prosesnya bakal lama lagi.

seneng ya kalo anak udah bisa pipis dan pup sendiri. jadi ngga cuci ompolan dan pup nya lagi , clodi nya juga bisa turun buat adek *emak2
pengiritan juga

toss ah buat kanaya dari Nabil

Februari 14, 2013

KAnaya, dah makin pinter ya....dah bs bilang kalau mau pipis dan pup..heubat deh..

Februari 14, 2013

lama-lama juga lulus ya Nay toilet trainingnya. Allhamdulillah Alvin sidah lulus bun jadi irit diaper :)

Februari 15, 2013

Kanaya pinter euy...udah hampir lulus TT.
Kalo Samara siang udah free diaper tp malam belum *emakmalas* :(

Aku sudah mengajarkan Samara TT sejak usianya belum genap 2 tahun tapi sepertinya harus bersabar dan legowo menghadapi ini. Minggu lalu sempet cuap2 di twitter mengenai TT, eh Della dan Nike juga senasib dg saya kalo anaknya (Nadya dan Tania) lulus TT di usia 3 tahun.

Emang sih tiap anak gak bisa disamain coz everybody is unique :) Meski perlakuan sama tapiii hasil yg dicapai tetap berbeda.
Dan beruntung lah buibu yang mempunyai anak lulus TT dg cepat :)

Maaf Bun...komentarnya panjang :)

Februari 15, 2013

selain menyapih, noilet training ini juga butuh kesabaran yaa, mba. jadi inget dulu pas melatih anak2 hehe..
btw, kanaya foto di mana itu. iiih ga takut liat ke bawah itu?? :))

Februari 15, 2013

(Hasrat Ingin Vivis). ???
Saya sontak ngakak membaca istilah ini
Bunda Kanaya ini ada-ada saja ..

Sukses untuk trainingnya Kanaya ...
Good Girl

Salam saya

Februari 15, 2013

Duh...Nay lucu bgt sih pake topi dan berpose unyu2 begituh hohoho

Februari 15, 2013

@deymakasih ibuuu....

Februari 15, 2013

@Hanna HM Zwan iya niy mbak, target selanjutnya bisa lepas celana sendiri dan ga perlu bantuan bunda kalau mau pipis....

Februari 15, 2013

@KIkysalam kenal juga yaaa...

Februari 15, 2013

@hilsyaiya niy mbak aku menikmati banget prosesnya Nay, meski kudu punya kesabaran ekstra...

Februari 15, 2013

@Ummi Nabil tosss juga buat Nabil yang pinter.... emang ya lepas dari clodi atau diaper itu membahagiakan

Februari 15, 2013

@fitri2boys2aamiin... makasih tanteee..

Februari 15, 2013

@Lidya - Mama Cal-Vinwah iya ya alvin udah duluan lulus yaa...

Februari 15, 2013

@Dwiyani (Bunda Samara)bener bun, ujian buat bundanya menghadapi anak yang sedang proses menuju mandiri, yang penting doa jangan putus semoga Allah mudahkan selalu... btw komen panjang2 ga masalah tu buat aku... makasih yaaa.. :)

Februari 15, 2013

@nh18hahaha... makasih kunjungannya pak....

Februari 15, 2013

@Orinitu dia yg gaya sendiri dan minta poto mbak Orin....

Februari 15, 2013

@Risablogediaitu foto di gedung teratas Pasaraya Blok M waktu ada acara Pinisi...

Februari 16, 2013

Ada segala to yang namanya training pantes tuh @.@
Selamat ya Nayyy hebat dah bisa pipis ke toilet sendiri ^^

Februari 18, 2013

hebaaatt Kanaya mulai berhasil toilet trainingnya :)

Februari 18, 2013

@Untje van Wiebsnah ilmu nih Un buat nanti klo dah ada baby.....

Februari 18, 2013

@keke naimaalhamdulillah, belum 100% sih bun tapi emaknya udah girang banget... hehe

Februari 19, 2013

Nay semakin pintar... Tar lama2 makin sempurna kok proses TT nya... Semangaaat

Februari 21, 2013

@Anggie...mamAtharmakasih mama athar

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.