Liburan ke Ambarawa

Senin, 28 Oktober 2013


Postingan kali ini bunda akan bercerita pengalaman Kanaya berlibur ke Ambarawa dan Wonogiri pada tanggal 11 sampai 16 Oktober lalu. Ceritanya khusus tentang Kanaya karena postingan lengkapnya tentang liburan kemarin itu akan di posting di blog bunda.

Ini adalah untuk ketiga kalinya Kanaya bepergian dengan jarak yang jauh, sebelumnya Kanaya sudah dua kali ke rumah nenek dari Ayah di Palembang. Nah kali ini ada kesempatan untuk bisa mengunjungi kampung halaman dari keluarga bunda dan menjadi pengalaman pertama pula buat Kanaya pergi jauh hampir 12 jam menggunakan bis.

3 jam sebelum berangkat berlibur, tiba-tiba tubuh Kanaya panas sampai 38,2 padahal sebelumnya dia kelihatan ceria seperti biasanya. Ayah, bunda dan mbah jadi panik dan ragu ragu untuk berangkat. Tapi akhirnya diambil keputusan kami tetap pergi setelah sebelumnya Kanaya minum paracetamol untuk menurunkan suhu tubuhnya.

Alhamdulillah saat di dalam bis panasnya turun dan Kanaya kembali aktif. Pfuuhh.... legaaaa rasanya. Sepanjang jalan Kanaya terlihat senang, bahkan berkali kali minta pindah tempat duduk, kadang ingin bersama mbah, kadang ingin bersama ayah dan bunda. Dia bernyanyi dan banyak bertanya tentang hal-hal baru yang ditemui di perjalanan.


pertama kali naik bis dengan jarak yang jauh...senaaaang.

boneka kesayangan tidak ketinggalan

menunggu bis datang

Sampai Ambarawa jam 4 pagi, suasana masih gelap dan dingin, kami menuju rumah sepupu bunda. Kanaya langsung terbangun dan seperti biasa butuh adaptasi lumayan lama di tempat baru. Dia mau turun dari pangkuan bunda saat di luar rumah sudah terlihat terang dan melihat ada TK di sebelah rumah sepupu. Langsung saja dia ambil sandal dan lari menuju ayunan di halaman sekolah.

Setelah istirahat selama 1 hari di Ambarawa kami menuju Wonogiri ke rumah saudara-saudara almarhum Kakek Kanaya. Perjalanan hampir 4 jam dan Kanaya terlihat senang melihat-lihat hutan jati, waduk gajah mungkur dan jalanan yang naik turun di daerah pegunungan. Jalanannya kaya perosotan, katanya.

Sampai tujuan, Kanaya tertidur pulas dan bunda kaget saat meraba keningnya ternyata suhu tubuhnya panas sekali, hampir 39 dercel. Tambah panik lagi saat menyadari paracetamol ketinggalan di Ambarawa. Syukurnya, ada apotik di dekat rumah saudara dan tersedia juga paracetamol disana. Kanaya agak rewel dan muntah-muntah, mungkin dia terlalu lelah dengan perjalanan yang panjang. Kami agak lama beristirahat di sana, sampai Kanaya benar-benar pulih.

Memang kami tidak merencanakan untuk menginap karena masih banyak tempat yang harus dikunjungi. Setelah beberapa jam akhirnya Kanaya kembali suhu tubuhnya turun dan dia kembali ceria apalagi Mbahnya ada yang memelihara sapi. Suatu hal yang menakjubkan bagi Kanaya melihat ada sapi di dalam kandang. Padahal biasanya dia paling takut lihat sapi qurban.




Siangnya kami kembali ke Ambarawa setelah mampir sebentar ke waduk Gajah Mungkur yang puanas dan gersang. Ya, musim kemarau seperti saat ini membuat Wonogiri terlihat tambah panas, syukurnya masih banyak angin bertiup hingga kami tidak terlalu kegerahan.

Keesokan harinya, kami mengunjungi beberapa rumah saudara-saudara bunda. Kanaya terlihat bosan karena tidak ada teman bermain dan merengek mengajak ke play ground di Mall. Ambarawa memang tidak ada mall besar seperti di Bekasi, tapi atas petunjuk saudara bunda, ada salah satu tempat yang ada play groundnya. Yaaa meskipun tidak besar, tapi lumayanlah membuat Kanaya puas bermain. 


dimanapun tempatnya, ayunan, perosotan jadi incaran...

Di Ambarawa kami juga berkesempatan mengunjungi daerah wisata kampung rawa dengan pemandangan yang indah. Teuteup yaaak... yang diincar Kanaya adalah ayunan, mandi bola dll. Dia tidak sabar saat kami ajak foto-foto dulu, makanya foto-foto Kanaya di depan gunung terlihat cemberut semua. Aku ga mau foto, pokoknya mau main ayunan......

Selasa pagi, kami bersama sama melaksanakan sholat Idul Adha di mesjid. Biasanya di Bekasi Kanaya susah di bangunkan, tapi kali ini dia bersemangat untuk ikut sholat bersama. Dan setelah sholat Id minta diajak melihat sapi dan kambing disembelih. Senangnya bisa Idul Adha di Ambarawa, suasana yang sangat berbeda yang tidak ditemui di Bekasi.

naik delman menikmati pemandangan alam Ambarawa

bersama ayah..
Perjalanan yang lumayan panjang dan menjadi pengalaman yang menyenangkan buat Kanaya bisa mengunjungi saudara-saudara di Ambarawa dan Wonogiri meskipun ada kejadian yang membuat ayah dan bunda sempat sedih karena suhu tubuh Kanaya yang tiba-tiba panas. Alhamdulillah Allah memudahkan dan melancarkan liburan kami

Insya Allah kalau ada rezeki, kita ke sana lagi ya nak......


 





17 comments

Oktober 28, 2013

nay, tanyain bundamu dong: beli jilbabnya yg item dimana sih? hihihi. tanteu pengen beli juga yg model begitu.

Oktober 28, 2013

anak-anak memang pada umumnya takut melihat sapi buat qurban, namun kalo sapi di kadang..mereka senang melihat, luarbiasa Kanaya dalam usia yang sangat mudah,,sudah diajak keliling menikmati indonesia....salam :-)

Oktober 29, 2013

hebat nih Kanaya liburan naik bis ya asyik pasti. Alvin belum penrah nih bun naik bis jarak jauh

Oktober 29, 2013

pintarnya Kanaya tidak rewel ya, seger lihat sawah ya kanaya :p

Oktober 30, 2013

kapan-kapan mo nyoba ajak Arfan naik bus ke yogya ah..hehe.

Kanaya pintar, ndak rewel ya ^^

Oktober 30, 2013

@ndutykekata bunda aku belinya di pasar itu jilbab murce tapi bahannya kurang nyaman euy....

Oktober 30, 2013

@BlogS Of Hariyantoiya dia penasaran banget sama sapi, tapi klo dideketin takut

Oktober 30, 2013

@Lidya - Mama Cal-Viniya mbak Lid tadinya juga khawatir rewel eh ga taunya malah seneng bocahnya

Oktober 30, 2013

@Nophiiya tante seneng di ambarawa buanyak sawah

Oktober 30, 2013

@E. Noviaayoo diajak juga pasti seneng deh si ganteng ini

Oktober 30, 2013

Wih... aku mah takut liat sapi disembelih... kasian soalnya, lucu >,<
Sayang ya sakit... amiin cepat ke sana lagi ya Nay~

November 03, 2013

perjalanannya panjang tp nyenegin apalagi ke tempat yg sejuk :)

November 04, 2013

@Untje van Wiebsklo makan dagingnya doyan ya un... hehehe

November 04, 2013

@keke naimaiya bunda, bikin ketagihan..

November 25, 2013

aku paling suka foto di sawah mbak...
segeeeeerrrrrrrrr......

kanayaaaaa...suatu saat aku pingin bertemu denganmuuuuuuu!!!!

November 26, 2013

@Elsaiyah itu foto di sawah paling banyak soale rada norak lihat pemandangan se keren ini

Januari 14, 2014

Gimana seru gak liburan ke ambarawa nya?

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.