Pengalaman Pertama ke Dokter Gigi

Kamis, 02 Januari 2014



Suatu hari, bunda dibuat terkejut dengan keluhan Kanaya yang memegangi pipinya, ….gigi aku sakit nih nda... Waduh, sekecil Kanaya sudah mengeluh sakit gigi? Sewaktu bunda periksa giginya, masya Allah ternyata ada giginya yang bolong. Selama ini bunda hanya memperhatikan dua gigi depannya yang keropos, tapi gigi gerahamnya luput dari perhatian.

Padahal Kanaya termasuk rajin sikat gigi sebelum tidur dan saat mandi. Kemungkinan besar giginya rusak karena dia sering mengemut saat makan dan minum susu sebelum tidur tanpa minum air putih. Kanaya juga beberapa kali makan permen dan coklat meskipun bunda sudah cegah dengan berbagai cara.

Sedih rasanya melihat Kanaya mengeluh sakit gigi. Segera bunda mengunjungi  mbah dukun google mencari dokter gigi anak yang praktek di hari sabtu supaya bunda tidak perlu cuti. Awalnya agak bingung dengan banyaknya spesialis dokter gigi. Bunda teringat dengan mba Thia blogger yang juga dokter gigi, untuk menanyakan tentang dokter gigi anak. Ternyata namanya pedodonti, yaitu dokter gigi specialis anak.

Akhirnya bunda daftar via telpon ke RSIA di Bekasi. Alhamdulillah dapat nomor 4 jadi Kanaya tidak terlalu lama menunggu. Urusan daftar sudah selesai, sekarang yang harus dipikirkan adalah bagaimana caranya supaya Kanaya tidak menolak diajak ke dokter gigi. Selama ini kalau dibawa masuk ke ruangan dokter, baru sampai pintunya saja dia sudah menangis. Apalagi ini dokter gigi dengan peralatan yang agak menyeramkan.

Bunda menghypno Kanaya sebelum tidur dan disaat dia sedang terlihat senang. Permainan di rumah pun diarahkan bermain dokter-dokteran. Bunda jadi dokter dan Kanaya jadi pasien sambil terus memberikan kata-kata positif tentang dokter gigi. Bunda juga selalu menceritakan tentang suasana di dalam ruangan dokter melalui buku Halo Balita Aku Berani ke Dokter. Di buku itu diceritakan tentang seorang anak yang sakit gigi dan tidak takut saat harus diperiksa giginya.

credit
Saat hari sabtu tiba, justru bunda yang gugup, karena khawatir Kanaya menangis saat berada di dalam ruangan dokter atau menolak membuka mulutnya saat diperiksa. Tapi Kanaya malahan terlihat riang karena memang dia selalu senang diajak bepergian. Sejak bangun tidur dia sudah menagih, “ ayo nda kita ke dokter gigi... “

Sampai di Rumah Sakit, bu Dokter belum datang. Untungnya bunda membawakan Kanaya banyak buku, termasuk buku Halo Balita Aku Berani ke Dokter Gigi. Jadi, sambil menunggu bunda terus saja menghypno Kanaya dan membacakannya buku cerita supaya dia tidak bosan.






Ternyata pasien nomor 2 dan 3 belum datang, jadi Kanaya dipanggil setelah pasien nomor 1 selesai. Kanaya masuk ruangan dokter dengan menenteng buku Halo Balita, mungkin buku itu menjadi sumber keberanian Kanaya menemui dokter, hehehehe.... Saat kami masuk, bu dokter masih sibuk mencatat dan Kanaya dipersilahkan duduk di kursi periksa. Bunda tawarkan apakah Kanaya mau duduk sendiri atau dipangku bunda? Dia memilih dipangku bunda. Sambil menunggu bu dokter, ayah menyarankan kami berfoto dulu supaya emaknya kami tidak tegang. Tetep yaaa narsis dimanapun berada. Xixixi..



Alhamdulillah, diluar dugaan Kanaya tidak menangis dan saat bu dokter memintanya membuka mulut dia mau menurut. Tentu saja bundanya ikut cerewet menyemangati dan memberinya pujian. Lucunya saat diminta berkumur dari gelas seperti wadah air mineral, dia menelan airnya karena mengira air minuman.

Gigi Kanaya langsung ditambal saat itu juga, dan tidak memerlukan waktu yang lama. Sekitar 10 menit kami sudah bisa meninggalkan ruangan. Sebelum keluar, Kanaya sempat membuka dulu buku Halo Balitanya dan menunjukkan gambar dokter gigi di buku yang ternyata mirip dengan bu Dokter sungguhan. Bu dokter yang ramah sampai tertawa saat Kanaya menunjukkan gambar tersebut. 





Sewaktu sudah di luar ruangan, Kanaya berhenti dulu untuk bilang, bunda aku hebat deh berani ke dokter gigi.... Iya nak, Ayah dan bunda bangga sama Kanaya. Maafkan bunda ya tadi sempat meragukan keberanianmu. Hadiahnya seperti yang ayah dan bunda janjikan kita langsung menuju playground untuk bermain sepuasnya....

Meskipun pengalaman pertama ke dokter gigi ini Kanaya sudah berani, mudah-mudahan kami tidak lagi berkunjung ke sana yaaa...

Emaknya masih gemeteran....

 


58 comments

Januari 02, 2014

Wah Kanaya hebattt :)

Pasti balik lg mba, kan klo perawatan gigi pasti ke dokter gigi hihihi.. smoga klo balik lg, bunda nya ga gemeteran yah :D

Januari 02, 2014

waktu pertama kali Pascal ke dokter gigi juga konsultasi dulu sama bunda vania :)
Hebat ya Kanaya sudah berani ke dokter gigi kaya saliha ya

Januari 02, 2014

wah kanaya hebat lho, berani ke dokter gigi. Aa Fauzan malah cs dokter gigi, karena sering bolak balik konsultasi krn giginya kurang bagus, banyak bolongnya.

Januari 02, 2014

aaah Kanaya hebaat...aku perlu buku2 kayak gitu juga deh biar menghypno Radit juga, supaya ga takut ke dokter...;))

Januari 02, 2014

wih,, kanaya hebat ya,,, berani ke dokter gigi..
semoga giginya g rusak lg...:D
btw, salam kenal nich mbak....^_^V

Januari 02, 2014

Naya hebatttttt.....sepupuku kalah.pdhl dah sd kls 4..cbuf gigi aj yg ngnter sm yg pgangin 2 orang hehe..yg ngnter 1 mobil hehe

Januari 02, 2014

Kanaya keren ah.. foto terakhir betul2 menunjukkan kalo emaknya yang ngeri.. :D
nanti makanannya langsung ditelan ya Naya, biar ga giginya sehat terus.. :)

Anonim
Januari 02, 2014

Luar Biasa

Januari 02, 2014

errrr.... typonya kebangeten deh saya, maksudnya biar giginya Kanaya sehat terus.. :)

Januari 02, 2014

Kanaya? Ke dokter gigi? Wiiiih. Untung hebat ya, berani. :D
Jangan sering2 berkunjung ke dokter gigi, ya nak. Berkunjunglah hanya untuk pemeriksaan rutin saja....

Januari 03, 2014

Wah Kanaya Hebaaattt yaaa... Sama banget sih Dzaky juga masih mimik susu kalo mau bobo pake dot lagi dan ga oake mimik air putih. Mudah2an giginya sehat terus. Kasihan kalo anak2 sakit gigi. Aku aja yg udah gede ga tahan bgt kalo sakit gigi. hihihi

Januari 03, 2014

Saliha eh.. Kanaya hebat...berani ke dokter gigi. Nama bu dokternya dokter Amanda bukan? hehehe..
Berkat halo balita yg versi ke dokter gigi ini juga membuat Samara mau minum obat.
Dulu kalo disuruh minum obat demam paling susah alhamdulilah skrg jd mau dan minta sendiri.

Januari 03, 2014

Kanaya heubat, kk Fai ajah masi takut ke dr gigi...

Januari 03, 2014

@Yeyeiya kata doketr 3 bulan balik lagi untuk kontrol... hwwaaaa....

Januari 03, 2014

@Lidya - Mama Cal-Vinuntung yaaak temenan sama bunda Vania yang baik hati.......

Januari 03, 2014

@deyiya Teh, kita aja nyut nyut an klo sakit gigi apalagi bocah yaa... semoga Aa juga cepet sembuh ya sakit giginya

Januari 03, 2014

@Desiayoo mama radit beli juga bukunya...*promosi

Januari 03, 2014

@rhey bondaamiin... salam kenal kembali... makasih dah berkunjung

Januari 03, 2014

@Hanawkwkwkwk..... yg nganterin satu mobil yaak, untuk ga satu RT ngikut semua....

Januari 03, 2014

@Riski Fitriasariiya yaaak foto nya ga bisa bohong emaknya emang yg ngeriiii

Januari 03, 2014

@Anonimalhamdulillah...

Januari 03, 2014

@retma-haripahargioiya buu.... mudah2an next kesana kontrol aja.....

Januari 03, 2014

@Bunda Dzakyiya padahal kanaya juga rajin sikat giginya, ini memang PR banget buat aku niy ngelepas botol susu dari kanaya

Januari 03, 2014

@keluarga Qudsyiya dia juga bilang, bunda nama dokternya dokter amanda bukan?.....

Januari 03, 2014

@fitri anitaalhamdulillah niy bun.....

Januari 03, 2014

@Riski Fitriasarigpp kok its ok.... :))

Januari 03, 2014

Kakak Kanaya umur berapa ya Mbak? Itu masih gigi susu kan ya? Oooo, jadi kalau gigi susu bolong pun perlu ditambal ya?

Januari 04, 2014

ngeri saya kl bicara tentang dokter gigi, karena dua geraman atas saya sekarang udah jadi korban dokter gigi,... hehehe..

Kunjungan perdana..

Januari 04, 2014

Wah kanaya hebat,aku jg deg degan mb waktu antar umar cbt gigi...😃

Januari 05, 2014

aku lagi sakit gigi nih Rin.. ngilu
dan takut buat ke dentist..
soale..
di sini biayanya muahaaal banget, ihiiks... :(

Januari 06, 2014

@hilsyasamaan mba, aku juga lagi meringis ringis ini tapi maleees banget ke dentist, di sini juga mihil kok. *salonpas mana salonpas

Januari 06, 2014

@puteriamirillisasiiik ada temennya , sama deg deg an nya...#lhoo

Januari 06, 2014

@Hari FDayiya kalau sudah sangat mengganggu memang sebaiknya dicabut ya, makasih kunjungannya

Januari 06, 2014

@isnuansaumur 3 tahun tante... iya ditambal karena dia ngeluh sakit terus mba

Januari 06, 2014

Kanaya hebat yaaa.... Pinter ga nangis di dokter...

Januari 06, 2014

jangankan anak balita, orang dewasa aja mendengar kata suntik juga takut

Januari 10, 2014

http://goo.gl/H1lHiG

Januari 10, 2014

kayaknya dr gigi anaknya sama nih sama drg anak yang biasa nanganin gigi anak2 saya :)

Januari 13, 2014

Saya aja paling males ke dokter gigi... kalah saya sama anak kecil, h-hii...

Januari 16, 2014

Kanaya memang hebat nih.. berani ke dokter gigi sekarang ini .. :)

Januari 17, 2014

Berarti si anak tidak malu
tak seperti aku
ke dokter gigi slalu malu
karena susunan gigiku

April 22, 2014

Maaf bun, blh minta rekomendasinya, nama dokter dan RSIAnya? Terima kasih :)

November 05, 2015

Aksi tindakan yang terkecil sekalipun jauh lebih baik daripada hanya sekedar keinginan yang terbesar.
obat tradisional penyakit kista payudara
obat penyakit lemah jantung
ramuan herbal penyakit hepatitis anak

November 09, 2015

fb.me/4xbEJHYiHKerugian terbesar bukanlah saat mengalami kebangkrutan, melainkan saat Kita gagal belajar dari kebangkrutan tsb.
cara membakar lemak dalam tubuh
obat infeksi jantung
cara mengobati hepatitis anak

Impian tidak akan menggerakan seseorang utk maju, alasan kuat dibalik impian itulah yg menggerakannya.
obat ambeien saat hamil
obat sakit gigi
obat gatal alergi pada kulit

Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi acapkali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.
obat herbal ayan untuk anak dan dewasa
obat infeksi saluran kemih untuk anak
obat bisul untuk anak

Januari 18, 2016

Thank you for presenting something that is best, and this gives an idea for all of us a lesson that we always learn from someone even if that person is not known to us, and success always for you who have inspired us all!

obat kanker kelenjar getah bening stadium 4
obat herbal ginjal bocor

obat khusu ibu hamil
obat kanker usus
obat paru paru
obat herbal bronkitis
obat susah buang air kecil
toko ace maxs di indonesia
obat radang usus besar

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.