Aktivitas Kanaya di Dalam Rumah

Selasa, 29 Maret 2016



Sudah lama bunda tidak menulis tentang perkembangan Kanaya di blog ini. Bundanya punya kesibukan baru mengurus adik bayi yang baru lahir jadi jarang online. Padahal banyak sekali yang ingin bunda tuliskan mengenai aktivitasnya di dalam rumah.

Saat ini Kanaya sedang semangat membaca buku, meskipun sebenarnya sudah bisa membaca sejak usia 4 tahun tapi di usia 5 tahun ini baru terlihat semangatnya. Khusus untuk membaca ini bunda dan ayah tidak pernah mengajarkan secara langsung. Dia bisa membaca karena banyak bertanya tentang huruf yang disatukan misalnya, huruf c dengan a jika digabung bunyinya seperti apa, atau penasaran dengan kalimat-kalimat di buku jadi tertarik untuk belajar membaca.  Mulai tertarik juga dengan berhitung tapi masih belum mau diajarkan cara berhitung yang praktis, dia malah bisa berhitung karena nonton upin dan ipin.

Kanaya juga sedang senang menulis, meskipun kadang huruf yang ditulis banyak yang terbalik dan tidak menggunakan spasi tapi lumayan masih bisa terbacaa. Sejak bisa menulis ini dia jadi senang menulis surat untuk ayah dan bunda. Kalimat-kalimat sederhana dia tulis di kertas dan dimasukkan ke dalam amplop. Saat kami pulang kerja dia langsung memberikan suratnya.

Untuk kesenangannya menulis ini, ayah dan bunda juga tidak pernah mengajarkan secara khusus. Jika dia kesulitan merangkai huruf baru bertanya. Beberapa waktu yang lalu dia menulis cerita pendek di beberapa kertas kemudian minta kertasnya di satukan seperti buku. Mudah-mudahan suatu saat nanti Kanaya bisa menulis dan diterbitkan dalam bentuk buku ya nak.

Hanya saja kalau ada kesalahan dalam menulis dia tidak mau dikoreksi, kalau bunda bilang tulisannya kurang tepat nak, jawabannya selalu, yaaah namanya juga anak-anak bun. :)

Kanaya juga senang menggambar apa saja sesuai dengan imajinasinya, dan selalu anti mainstream untuk memilih warnanya. Warna pohon tidak selalu harus coklat atau warna genteng rumah maunya warna warni. Belakangan ini sedang semangat membuat berbagai macam kreasi dari barang bekas seperti kertas kado, botol minuman, kardus bekas dll. Kertas kado bekas hadiah untuk adiknya dia sulap menjadi tas-tas cantik. Kereeen deh

Okelah nak, sebebasnya Kanaya saja menuangkan ide, ayah dan bunda hanya mengarahkan  dan menyediakan medianya saja. Meskipun rumah tidak pernah rapih karena buku berserakan dimana-mana, kertas gambar dan pensil warna juga bertebaran tapi  yang penting Kanaya bisa berkreatifitas. 

Ini dia beberapa hasil karyanya yang sempat didokumentasikan

membuat tas dari kertas kado bekas

mataharinya warna kemerahan soale udah sore

sketsa ayah, bunda dan kanaya

kanaya and friends

tulisan kanaya sayang ayah yang membuat ayahnya berbunga bunga

baiklah nak, bunda harus banyak istirahat dan minum obat

dari atas ke bawah : mbah, ayah, bunda, Kanaya, Kaysan


 


20 comments

Maret 29, 2016

namanya juga anak2 bun..hiyyyaaa pinter yaaa jawabnya hehehe

Maret 31, 2016

udah lama ga maen kesini..dan belakangan baru tau juga Kanaya baru punya ade...hihihi

selamat ya mbaa... pasti Kanaya seneng banget ada adenya di rumah ;)

April 07, 2016

Dek kanaya aktif ya mbak... moga tambah pinter

manisnya salihat bunda :) lucuuuu sekali gambar2nya....

April 10, 2016

@HM Zwanitu jawaban yang selalu membuat emaknya kejengkang hihihi

April 10, 2016

@Desiiya saking senangnya udah ga mau lagi main di luar

April 10, 2016

@Yoekaaiya kalau di dalam rumah bebas banget dia

April 10, 2016

@ndutyke whileinsydney iya tante, sekarang aku betah di rumah ngegambar apaan ajah

April 11, 2016

Sekarang Kanaya bisa gambar adenya ya

April 12, 2016

@Lidyaiya adeknya jadi sumber inspirasi hihihi

Mei 25, 2016

Kanaya bagus euyy gambarnya

Mei 26, 2016

Aktivitas dek kanaya menyenangkan ya :D

Mei 28, 2016

@fitri anitaalhamdulillah makasih tantee

Mei 28, 2016

@Widya Hermaiya, ini aktivitas favoritnya

Mei 30, 2016

senangya yg punya anak msh balita yaa

Juni 16, 2016

Moga nanti besar jadi anak yang nurut orang tua dan solehah ^^

Juli 02, 2016

Cantiknya dek Kanaya ^^

Juli 05, 2016

@Bos Agusalhamdulillah, senaaaaang

Juli 05, 2016

@Elkilani Kurniaaamiin.... makasih doanya yaa

Juli 05, 2016

@Hariatialhamdulillah... makasih tanteee

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.