sembuh dari bingung puting

Jumat, 29 April 2011

Awal mula sempat agak ragu memutuskan menggunakan dot sebagai media pemberian asip untuk kanaya, Dari berbagai referensi, penggunaan dot bisa menyebabkan bingung putting dan banyak kekurangan yang lain. Tapi pertimbangannya saat itu hanya tidak ingin merepotkan ibuku saat membantu mengasuh kanaya. Pasti sangat menyulitkan memberi asip menggunakan sendok, belum lagi banyak asip yang akan terbuang karena tercecer. Selain itu kanaya juga baru bisa tidur kalo sambil menyusu, nah jadi kurasa botol yang paling tepat, meskipun agak khawatir sama bingung putingnya itu. Awal mula kutinggal kerja, alhamdulillah tidak ada yg perlu dikhawatirkan, sepulang kerja kanaya tetap menyusu dari gentongnya dan siangnya saat aku kerja dia bisa menyusus dari botol dengan asi yang aku perah di kantor.

Beberapa minggu semua lancar-lancar saja, hingga suatu hari kanaya menjerit-jerit saat ingin kususui, dia menolak payudara yang aku sodorkan bahkan mendorongnya dengan tangannya sambil menangis. Tadinya aku tetap memaksa supaya dia mau menyusu langsung, tapi ternyata dia tetap menangis sambil menjerit-jerit. Akhirnya ibuku memberi botol dan kanaya langsung tenang. Duuuuh.... sedihnya, dia lebih memilih botol dari pada bundanya. Akhirnya kekhawatiranku tentang bingung putting terbukti juga. Kalau sabtu ahad aku ada di rumah, pelan-pelan kubiasakan untuk menyusu langsung dari PD ku dan sedikit-sedikit dia mau meskipun pada waktu tertentu tetap minta botol. Tetapi ketika hari senin aku mulai bekerja lagi, mbahnya yang kewalahan karena kanaya tidak mau minum botol. Waduuuh nak..... Hal ini berlangsung selama hampir 2 bulanan, dan aku merasa down, merasa bersalah, dan sering sedih menyaksikan dia kebingungan antara puting dot dan puting ibunya.


Setiap malam sebelum tidur aku selalu membisikkan di telinganya kalimat-kalimat positif, seperti kanaya yang pintar, besok kalo bunda kerja kanaya minum susu dari botol yah, tapi kalo bunda sudah pulang kanaya harus mau minum susu dari bunda.. Dia hanya menatapku dengan tatapan mata polosnya sambil mengenyot dotnya dengan nikmat. HU...hu..hu... kanayaku sayang. Tapi ibuku bilang aku harus bersabar, suatu saat dia pasti akan bisa menyesuaikan diri dan tidak bingung putting lagi.

Alhamdulillah.. ternyata kata-kata ibuku terbukti , sudah hampir seminggu ini kanaya menangis kalo aku datang sore hari karena minta digendong, biasanya aku pangku dan sambil becanda-becanda. Nah, saat dipangku ini dia meraba-raba dadaku dan mulutnya disodorkan ke arah payudara. Hup... buka warung deh bundanya, dan jleb... dia menyusu dengan nikmat. Wuiih, tak terkatakan rasanya, senang banget akhirnya kanaya tidak bingung puting separah sebelumnya. Pada waktu- waktu tertentu saat aku ada ,dia masih sering juga meminta botol tapi lebih sering menyusu dariku langsung. Jadi sekarang kalo pulang kerja tanpa menoleh kesana kemari lagi aku langsung menyambar handuk dan mandi, setelah itu dengan tubuh yang segar bisa segera bermesraan dengan kanaya. Dan tidak ada acara lagi menangis bersama karena masalah bingung putting, moment menyusui pun menjadi lebih eeennndaaaang.......Ternyata semakin hari kamu semakin pintar nak....

28/04/2011

4 comments

November 08, 2011

mbak,,, slm kenal yah.. ini yang aku alami saat ini mbak.... sumpah mbak aq bnr2 sedih...
ankku jg dah gak mau mimik mbak.. dia lbh milih dot. dan skrg yg aku takutkan, aq bnr2 cm bs ngasi asi k dia hanya 4 bln sja.. sdh bgt mbak.. dan hari ini aq brusaha cri tau bgmn crnya, pake dot sendok dah aq coba,, dia gak mau.... asip ku dah hampir abis,, dan krn dia g mau mimik,, asikupun hmpir kering,, skrg bnr2 g bs dpompaa.. pleasss mbak bantu aq...

November 11, 2011

sabar ya mbak... insya Allah masa2 ini akan segera lewat, ajak komunikasi terus dedenya setiap hari dan jangan bosan berlatih terus supaya dia mengenali mana outing mana dot... semangat yaaa

Agustus 19, 2014

kanaya sembuh dari bingung puting pas usia berapa? ank saya kasusnya persis seperti kanaya.. skrg usia 3,5m dan sudah 2 minggu ini lbih pilih minum dot. hanya mau puting asli waktu terbangun dari tidur atau pas ngantuk aja

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.