Jadi orang tua yang baik, bisa enggak ya....

Jumat, 23 September 2011

Sejak jadi orang tua, terasa banget perlu tambahan ilmu mendidik anak. Secara lingkungan sosial sekarang sudah semakin mengerikan. Sejak Kanaya masih di kandungan bunda sudah mengumpulkan berbagai buku psikologi anak, karena sadar jadi orang tua yang baik itu ga mudah ketambahan lagi ga ada sekolah untuk orang tua. Jadi kalo orang tuanya enggak pinter, gimana nanti anaknya bisa berkualitas.... * serius mode on *

Nah, dalam rangka meng up grade kualitas ortu, ahad kemaren ayah dan bunda Kanaya ikut seminar Parenting Education di Islamic Center Bekasi. Temanya Menanamkan Pendidikan Karakter Model Rasulullah agar anak cerdas mulia. Tadinya mau berangkat berdua aja, tapi setelah dipikir pikir keknya Mbah (ibuku) yang sehari-hari membantu mengasuh Kanaya harus ikutan juga. Jangan sampai ayah dan bunda udah kompak dalam pengasuhan anak tetapi mbahnya masih belum klop. Selama ini karena beda generasi sama mbahnya suka beda pendapat dalam mendidik Kanaya. Ayah bunda pengennya Kanaya disiplin, tapi mbah pengennya nurutin kemauan Kanaya karena saking sayangnya. Kalo ngajak seminar parenting gini kan, mbahnya tidak merasa digurui, justru malah semakin punya banyak ilmu untuk mengungkapkan kasih sayang ke cucu.

Berangkat pagi-pagi setelah Kanaya sarapan, sampai di tempat ternyata peserta sudah banyak. Baruuu aja acara dimulai, eeh Kanaya udah rewel minta bobo. Dikasih botol asip nolak, diayun ayun juga enggak mau, akhirnya bunda ngumpet menghadap tembok dipojokkan dan buka warung hehehe.  Ayah sebagai breastfeeding father siap siaga jadi bemper menutupi tubuh bunda, untungnya pakai jilbab agak lebar jadi lebih leluasa menyusui. Ruangan seminar sih cukup nyaman, sayangnya tidak diberikan ruang khusus untuk menyusui padahal banyak juga ibu-ibu yang membawa anak balita. Alhamdulillah tidak lama, karena ngantuk berat, Kanaya tertidur, jadi bunda bisa lebih khusyu dengerin materi dari pembicara.


Bapak Suhadi Fadjaray sang pembicara ini adalah seorang trainer dari kota Surabaya. Gaya bicaranya menarik, lugas, to the point dan ekspresif. Setiap cerita pasti diikuti oleh gerak tubuh atau mimik wajah. Jadi suasana tidak terasa kaku, sesekali cerita lucunya membuat peserta terpingkal-pingkal.


Di awal materi , Pak Suhadi menekankan bahwa anak kita terlahir dalam keadaan fitrah, kondisi sosial budaya dan proses pembelajaran yang akan menentukan tingkat kecepatan perkembangan kecerdasan mereka. Sereeeem banget kalo anak yang seperti kertas putih ini sedikit demi sedikit terkoyak karena salah dalam pola asuh. Nanti amanah ini akan dipertanggungjawabkan kelak di hadapan Allah. Ihiks... ihiks.... bisa gak ya diriku ini jadi orang tua yang baik buat Kanaya...


Di tengah - tengah materi, tiba-tiba Kanaya bangun dan langsung jumpalitan seperti biasa. Suaranya melengking mengalahkan suara pembicara. Untungnya disediakan meja dan kursi kecil untuk anak-anak, jadi untuk beberapa saat Kanaya bermain disitu. Tapiiiii, ya gak bisa lama karena Kanaya bosan. Daripada teriak-teriak mengganggu peserta yang lain akhirnya ayah mengalah ajak Kanaya main di luar ruangan. 



Sementara itu bunda dan mbah serius dengerin pak Suhadi menerangkan tentang bagaimana memotivasi anak. Yup... terkadang orang tua sering banget men judge kalo anak salah, yang ada di mata orangtua anak itu selalu salah. Nah ini namanya metode pak polisi yang selalu melihat kesalahan orang, bener juga ya..... apa pernah kalo ada pengemudi yang taat aturan dikasih pujian? Uppss... maap pak polisi bukan bermaksud menyudutkan... contoh doang pak... jangan ditilang ya pak.... hehehe

Jadi inget, bunda paling sering denger kalo tetangga marah sama anaknya pasti yang keluar kata-kata.... gobl*k banget sih kamu...... heh anak nakal... jangan main di jalan dasar bandel..... dan label-label yang lain. Jadi yang ada di rumah bawaannya horror melulu, kebelakang diomelin bapaknya, ke depan di damprat ibunya. Duuuhh, malang bener. Jangankan dapet motivasi, yang ada malahan down, dan biasanya ini akan berdampak jterus sampai dia besar nanti. Makin gemeteran denger ulasan pak Suhadi ini, semoga Kanaya selalu nyaman berada di tengah keluarganya.

Pembentukan karakter anak juga bisa melalui cerita atau dongeng, karena biasanya dengan mendengarkan kisah akan memberi kesan mendalam, mudah diingat dan mudah ditiru. Apalagi yang dikisahkan tentang kehidupan Rasulullah, insya Allah anak akan mendapat sosok teladan yang baik. Jangan sampai anak diceritakan dongeng kancil yang penipu, pembohong dan licik. Secara tidak sadar, orangtua sedang menanamkan nilai-nilai yang tidak baik pada anaknya. Begitu kata pak Suhadi...
Huuffss... enggak terasa hari sudah semakin siang. Acara ditutup dengan menampilkan cuplikan acara kick andy tentang anak jalanan. Sedih banget waktu liat ada seorang pengamen cilik yang menyanyikan lagu ciptaaannya sendiri tentang ibunya yang sudah tiada, di liriknya bercerita bahwa ia sangat merindukan sosok ibu yang menyayanginya. Sukses deh bikin peserta yang sebagian besar ibu-ibu menangis. Bunda juga sesenggukan di kursi paling belakang... hiks...hiks...

Pak Suhadi pintar banget mengaduk-aduk perasaan pesertanya. Dari di awal acara kita dibuat tertawa sampai terpingkal pingkal, di tengah acara dibikin mikir semikir mikirnya (halah... bahasa apa sih ini) sampai di akhir acara bikin para ibu termehek mehek. Apalagi pas sessi doa …. duuuuh ga sanggup nahan air mata, ngebayangin amanah yang tidak boleh disia siakan. Semoga, ayah, bunda, mbah, diberi kemampuan oleh Allah untuk bisa berhasil menjadikan Kanaya pribadi yang berkarakter seperti akhlaknya Rasulullah . Aamin ya Allah aamin.






30 comments

September 22, 2011

wahh seminarnya bagus nech bun...pengen ikutan dech kalo di jakarta ada acara kayak gini...pengen ngajak suami biar tau cara mendidik anak yg benar...btw bayarnya brp bun?

September 22, 2011

Kunjungan balik Bun. Salam kenal juga buat kanaya dari Dafi. makasih udah berkunjung. :)

Oh iya, bagus juga Bun seminarnya. Jadi pengen ikutan seminar parenting kayak gitu, belum pernah soalnya :D

September 22, 2011

mba nia : seorang 50 ribu mba... tapi berhub aku datang suami istri dapet diskon 20 rebu... mayaaan... klo ga salah hari ahadnya di gedung rabbani ada acara serupa...

mba dea : makasih dah berkunjung.... yuuk ikutan keknya sering ada kok acara ginian...

September 22, 2011

Wah, acaranya pasti serunya dan pasti manfaatnya ya mbak.... Insya Allah kita kalo marah ke anak ya nggak sampe kelewatan lah ya, gak sampe keluar kata-kata berlabel buruk lah... kasian banget anaknya....

September 22, 2011

iyah mba enno mudah2an kita terhindar dari melabel anak dengan kata2 negatif yaks...

September 22, 2011

sama banget tuh mbak! dulu waktu ikut seminar parenting, si mahes juga langsung bobok gitu! alhamdulillah dia mau minum ASIP jadinya tinggal "digeletakin" trus dipok-pok deh pantatnya :D

label nakal, cengeng, dkk sangat saya hindari, karena khawatir para label itu akan melekat di alam bawah sadar si anak trus malah terbawa sampai dewasa

September 23, 2011

betul bunda mahes, suka miris lihatnya anak 3 tahun dimaki-maki ibunya seperti memaki orang dewasa.... semoga kita terhindar dari ortu yang seperti itu ya..

September 23, 2011

Seminarnya bagus ya Bun... Pengen ikut jg nih klo ada yg deket2 seputaran Jakarta..

Pelabelan itu emang hrs dihindari bgt ya Bun... makasih sharingnya Bun.. Salam utk Kanaya ya ^_^

September 23, 2011

semoga lain kali seminarnya juga buat para bapak2 ya,..agar ortu bisa saling mendidik dengan kompak, ga cuma ibu aja :)

September 23, 2011

mba tia : iya mba bagus banget... keknya di jakarta malah banyak koq seminar seperti ini...

mba ketti : ini seminarnya buat ortu kok mba, ayah bunda atau nenek boleh ikut

September 23, 2011

thanks for sharing bunda kanaya..wah mantap nieh ajak UTi-nya juga...patut dicontoh buat saya juga kalo ada gituan ajak mbah Uti-nya biar satu kata yah. Selama ini sama juga kalo saya dapat artikel bagus saya share sama uti-nya kinan,soal apapun jadi dia ngerti pola yang ingin kita terapkan..alhamdulilah welcome banget Ibukku,biar klop dan kompak gitu...sama ibukku juga yang seharian sama kinan kalo aku kerja...dia nggak rela diasuh orang lain secara masih cucu pertama juga..:)
senangnya ya dibekasi banyak seminar..

September 23, 2011

Huaaa.. kl seminar disini ga mungkin tuh mba hrgnya segitu.. :(
Mana jarang bgt ada acara kek gitu..

September 23, 2011

acaranya bentrok nih bun, kalo gak aku ikutan juga bisa ketemuan kita ya. aku diundang penyelenggaranya Ambu Fetry

September 23, 2011

Siip Bun, emang jadi orangtua bijak harus banyak2 belajar ya ;)

September 26, 2011

mama kinan : iya bener mbak... ortu juga ternyata harus smart yaah... supaya kompak polah asuhnya

mba inda : oooh seminar di batam mahal ya mbak...

mba lidya : wah klo ga bentrok kita bisa kopdar yaks... belum rezeki ketemu...

ummi yunda : bener ummi... soale jadi ortu ga ada sekolahannya... ehheehe

September 26, 2011

Halo mbak,..kotak komentarku pake DISQUS.
langkah2nya dapat dipelajari di alamat web yg no 2
sebelumnya sign in dulu di alamat web no.1.

1.www.disqus.com
2.http://www.blogmagis.com/trik-memasang-sistem-komentar-disqus-pada-blogspot/
insya allah mudah koq..oia, minta bantuan suami kalo bingung mbak karena aku juga gitu meski sama2 ga mudenk hehehe
selamat mencoba ya mbak..:)

September 26, 2011

Wah, subhanalloh...Bunda ini emang ibu yang baik. Sudah prepare jadi ibu yang baik sejak Kanaya dalam kandungan. Udah itu kompak banget lagi sama ayahnya...thumbs up deh! salam sayang buat Kanaya yang tambah imut ya Mba....

September 26, 2011

artikel yang sangat menarik :) terimakasih sudah berbagi..semoga senantiasa terjaga oleh Allah SWT dalam menjalankan amanah sebagai orangtua yang menjadi panutan kebaikan bagi sang anak tercinta..salam

September 27, 2011

mba ketti husnia : makasih sharingnya yaa...

ummi hanuun : wah, ini masih terseok seok jadi ortu yg bener mi... ^___*

hariyanto : makasih sudah berkunjung ya

September 27, 2011

begitulah mbak,..kasusku juga sama, hilang semua komentar yg lama..taprnya sebenarnya bisa diselamatkan. ada caranya. mankanya harus diback up templatenya hehheh
di website yg ke2, sdh diberitau caranya..tapi aku juga ga perhatiin..
aku juga amatiran mbak hehehe..aku ikhlasin semua komentar ilang :)

September 27, 2011

nah itulah saya belom bisa ikhlas mbak klo komentar harus ilang.... hehehehe.... tapi tetep ok kok mbak... padahal saya kepengenbanget lhoo kek gitu

September 28, 2011

terima kasih sudah sharing, infonya bagus sekali bun ... smga kita bisa menjadi org tua yang menyenangkan buat anak2 kita amiiin.

September 28, 2011

saya rasa ilmu parenting udah harus diterapkan meskipun belum menikah ya bund :D

September 28, 2011

mba isma : aamiin.. maksih dah kesini yaa...

nurlaila zahra : iyah bener ga harus ke anak kok, bisa ke murid, ke keponakan, pokoke ilmunya pentingbanget

September 28, 2011

Insya Allah, kita bisa menjadi ortu yang baik, bijak dan teladan bagi anak2 kita ya bun. Gak mudah sih...:-)

Oktober 03, 2011

iya bener bundit... ga mudah tapi insya Allah bisa.... amiiin

Oktober 04, 2011

iya, bener Mbak....
jadi orang tua tuh ternyata gak semudah yang aku bayangkan sebelumnya. karena jadi orang tua gak ada rumusnya untuk tau ini benar apa salah.

tapi kita tetap harus berusaha sebaik baiknya yaa
ayoooo semangat!!!!

Oktober 04, 2011

Dija mampir Tantee

Oktober 05, 2011

mba elsa : bener banget mbak... makanya kita harus banyak nimba ilmu

baby dija : makasih dah mampir ya sayaangg..

Desember 02, 2011

pengen ikutan juga dhe kalo ada di jakarta...^^

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.