Kenapa harus dengan kekerasan?

Selasa, 01 November 2011


Belakangan ini, saya sudah tidak lagi mendengar cacian dan makian dari tetangga sebelah. Biasanya kata-kata keras, pukulan, tangisan mewarnai hari-hari di rumah itu. Yup, ternyata anak lelaki kelas 2 SD itu memilih tinggal bersama saudaranya di Surabaya untuk bersekolah disana. Satu sisi saya senang sudah tidak lagi mendengar cacian kasar atau pukulan yang membuat miris hati, tapi sisi lain saya kasihan bocah itu harus memilih tinggal bersama orang lain padahal orang tuanya masih ada dan seharusnya mampu mendidiknya dengan baik. “Aku mau sekolah disini saja, kalo dirumah dipukuli bapak terus “ begitu alasannya.

Duh, paling swedddiccch, kalo harus mendengar kekerasan yang terjadi pada anak, baik kekerasan fisik maupun secara lisan. Apalagi kalo di tivi ada berita, anak diperkosa, anak pukuli sampai babak belur uggghh, ga kepengen melanjutkan nonton, air mata pasti netes-netes karena ga tahan. Seperti apa ya mentalnya di masa depan? Apa pelaku kekerasan tidak berfikir dia masih punya masa depan yang harus diselamatkan? Kenapa juga sih harus dengan kekerasan? Apa dengan kelembutan susah banget yah? Pertanyaan-pertanyaan itu sering berputar di kepala saya.

Saya bukan orang yang ahli banget mendidik anak, lha jadi orang tua aja baru setahun. Tapi saya cuma tahu, anak adalah mahluk mungil yang sangat butuh perlindungan orang dewasa dan orangtuanya akan dimintai pertanggungjawaban terhadapa amanah Allah ini. Memang sih, kadang orang tua diuji kesabarannya menghadapi tingkah laku anaknya. Tapi pliiisssss..... tidak harus dengan kekerasan kan?

Doakan dirikuw ya, supaya diberi kemampuan oleh Allah untuk mendidik Kanaya dengan penuh kelembutan, seperti yang dilakukan Rasulullah pada anak-anak.




Jika anak dibesarkan dengan celaan,
ia belajar memaki.
 Jika anak dibesarkan dengan permusuhan,
ia belajar berkelahi.
 Jika anak dibesarkan dengan ketakutan,
ia belajar gelisah.
 Jika anak dibesarkan dengan rasa iba,
ia belajar menyesali diri.
 Jika anak dibesarkan dengan olok-olok,
ia belajar rendah diri.
 Jika anak dibesarkan dengan
dipermalukan, ia belajar merasa bersalah.
 Jika anak dibesarkan dengan dorongan,
ia belajar percaya diri.
 Jika anak dibesarkan dengan toleransi,
ia belajar menahan diri.
 Jika anak dibesarkan dengan pujian,
ia belajar menghargai.
 Jika anak dibesarkan dengan penerimaan,
ia belajar mengasihi.
 Jika anak dibesarkan dengan dukungan,
ia belajar menyenangi.
 Jika anak dibesarkan dengan pengakuan,
ia belajar mengenali tujuan.
 Jika anak dibesarkan dengan rasa
berbagi, ia belajar kedermawanan.
 Jika anak dibesarkan dengan kejujuran
dan keterbukaan, ia belajar kebenaran dan keadilan.
 Jika anak dibesarkan dengan rasa aman,
ia belajar menaruh kepercayaan.
 Jika anak dibesarkan dengan persahabatan,
ia belajar menemukan kasih dalam kehidupan.
 Jika anak dibesarkan dengan ketentraman,
ia belajar damai dengan pikiran. 

-Dorothy Law Nolte-

gambar diambil dari sini


21 comments

Oktober 31, 2011

menjadi orang tua adalah proses belajar yang tiada henti bun... selalu ada hal yang baru yang kita temui

Oktober 31, 2011

tulisan ini dipajang disekolahan pascal juga loh bun, sebagai pengingat kita sebagai orang tua ya

Oktober 31, 2011

aku ngebayangin orangtua yg menyiksa anak itu ibarat orang yang dikuasai iblis emosi... dia udah gelap mata... hati nurani entah ada dimana...

semoga qta selalu dijauhkan dari hal2 demikian... amin...

Oktober 31, 2011

tulisan ini di cetak di belakng buku penghubung sekolah Ara, bun.. heheehhe

saya terus belajar menjadi orangtua setiap hari bun, kadang dari anak saya dapat pelajaran.

bun kalo masih balita sih masih enak mendidiknya karena belum kena pengaruh dari luar, tapi kalo udah sebesar Ara, haduuuhh.. susah bun,

tapi saya tetap semangat, semarah marahnya saya, saya enggak pernah mukul, atau bicara kotor atau menyumpah, saya cuman bicara agak keras, biasanya Ara langsung tau saya lagi marah

mudah mudahan kita orangtua yang selalu bisa mencintai dan mendidik anak anak kita sehinga akhlaknya baik

Oktober 31, 2011

kadang ada beberapa hal yg ga bisa dimengerti orang lain diluar ybs.. tapi tetep aja kalo bisa, diselesaikan dg damai sentosa..

November 01, 2011

sALING mendo'akan ya semoga kita bisa menjadi orangtua terbaik untuk ananda ;)

Ihhhh itu diatas gambarnya serem banget ;(

November 01, 2011

ummi nabil : iya bener mi.... selaluuuu ada saja hal baru

mba lidya : iya mba tulisan ini emang top banget

mba tia : aamiin

mba meilya : iyah semoga terhindar dari berbuat kasar ya

mama hilsya : hidup perdamaian !!!

ummi YUnda : saya liat gambar itu malah pengen nangis mi

November 01, 2011

waduh kasian masih banyak berarti ya yang mendidik anak nya dengan kekerasan. kasian kalau udah gede pasti bakalan terganggu juga emosi nya tar. tapi mudah mudahan si anak gak balas dendam gitu.

yang kata mutiara dari Dorothy Law Nolte itu emang paling pas

salam :)

November 01, 2011

parahh yakk anak sendiri kok dipukulin
hmmpppfffhhh #narik napas panjang

November 01, 2011

Mungkin orang tua seperti itu belum di edukasi,secara pendidikan moral karena anak yang di kekang atau di pukuli akan menjadi anak yang pendendam di kemudia hari ketika dewasa

November 02, 2011

amiiin... semoga kita semua bisa jadi ortu yg baik buat anak-anak kita, walaupun tak sempurna at least working on the best we can do

November 02, 2011

maminx : iyah bener... perlu ada edukasi buat para ortu yaa...

mba aditya : parah banget mbak, saya dulu ngederin hampir tiap hari

andy : iyah bisa ngaruh sampai dewasa ya

vita : aamiin... met OL lagi ya jengg

November 02, 2011

Duuuuh....jadi pgn ngejitak tetangganya mba Rina itu *ups...esmosi*, kesian anaknya ya mba, semoga kita bs menjadi orang tua yg sholeh dan sholehah dalam mendidik generasi penerus itu. Aamiin...

November 02, 2011

iya bunda setuju.. kalau bisa minimkan kekerasan kpn anak. stop violent children,,,

November 02, 2011

iya kasihan ya Mbak...
anak anak kan harusnya seneng seneng terus, bukannya disiksa gitu
kalo kecilnya disiksa, biasanya akan trauma dan suatu saat ketika dewasa efeknya bisa bermacam macam...

November 03, 2011

Amin....sama2 saling mendo'akan ya Mba...semoga Allah menuntun langkah kita dalam mendidik anak untuk senantiasa lembut....amin ya Allah...

November 03, 2011

mba orin : hihi... esmosi bener emang dengernya

dilla : setoedjoe dilla

elsa : sekarang juga udah keliatan efeknya kok,

ummi hanuun : aamiin...

November 03, 2011

Aduh mengerikan ya..depan rumah mama begitu..
Maaf ya padahal ibunya berkerudung dan bercadar,tapi kalo marahin anak kenceng banget,teriak2 apalgi kalo nyuruh shalat ato ngaji,dipukulin ampe anak2nya nangis dan jerit2..Malu sendiri Bunda dengernya..

semoga Kita termasuk orang tua yang selalu memberikan kelembutan dan kehangatan buat anak2 kita ya Bun..
Amin..

November 07, 2011

ya allah semoga diberi petunjuk untuk ibu itu...saya mbak terus terang kalo misalnya agak kenceng dikit dalam mendisplinkan atau toilet training ma kinan..merasa bersalah banget..pasti saya minta maaf ma kinan dan janji nggak ngulangin,malamnya selalu saat tidur saya ciumi kadang saya sampai nangis...
semoga kita selalu diberikan petunjuk untuk selalu bersikap dengan lembut dan penuh kasih sayang...*amien insyallah

November 10, 2011

masyaalloh, sadis amat sih mukulin anak kecil? apa yg ada di pikirannya ya?

November 11, 2011

mba nchie : iya yah kekerasan pada anak ada banyak di sekitar kita..

mama kinan : iya mam bener, aku juga kalo nyuapin Nay sambil maksa udahannya saya peluk saya ciumin minta maaf

mba tyke : itulah mbak... mungkin perlu di edukasi ttg anak

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.