Mendongeng yuuuk.....

Kamis, 27 Oktober 2011

Semasa lajang, saya termasuk yang tidak suka dengan anak kecil. Di mata saya, anak kecil itu cuma bisa nangis dan ngompol. Berhubung, adik-adik saya cuma berjarak 2 tahun saja usianya, maka saya juga tidak pernah merasakan punya “├Ądik kecil” karena kami nyaris tumbuh bersamaan. Tetapi ketika berjilbab dan bergabung dalam komunitas orang-orang yang ingin memperbaiki diri, pandangan saya tentang anak kecil berubah drastis, tiba-tiba saya jadi pecinta anak-anak dan sangat tertarik dengan dunianya. Ditambah lagi Rasulullah, panutan saya, ternyata juga pecinta anak-anak kecil.

Ketika menikah, saya berharap Allah segera memberi saya keturunan, tapi ternyata Allah mengabulkannya setelah 4 tahun pernikahan. Dan sejak saat itu hari-hari saya selalu dipenuhi dengan segala hal tentang dunia anak. Ternyata tidak mudah ya, mendidik anak sendiri. Saya sempat khawatir bisa atau tidak ya saya mendidiknya dengan baik. Meskipun saya terbiasa dengan anak-anak karena pernah mengajar di TPA, tetapi tetap saja banyak lika liku yang harus dilalui.

Kanaya, putri kecil saya, sudah setahun sekarang. Aktif luar biasa dan selalu ingin tahu apa saja di sekelilingnya. Kadang kalau saya sudah kewalahan menuruti kemauannya memanjat rak buku, naik-naik ke meja dan merangkak keluar rumah, saya alihkan perhatiannya pada buku-buku dengan gambar penuh warna supaya dia tertarik. Sejak masih berumur 2 bulan Kanaya memang saya biasakan berinteraksi dengan buku, dan sekarang dia terlihat begitu mencintai buku-bukunya.

Setiap hari sepulang kerja, meskipun lelah, saya selalu berusaha meluangkan waktu untuk menceritakan isi beberapa buku pada Kanaya. Saya mendongeng disertai mimik wajah dan gerak tubuh. Misalnya saya sedang bercerita tentang kuda, maka saya melakukan gerakan seolah-olah saya sedang menaiki kuda, atau saya menggerakan tangan seperti mengepakkan sayap, ketika bercerita tentang burung. Bahkan kadang saya sampai merangkak menirukan gaya kucing berjalan. Hehehehe....... Sungguh, lepas segala penat ketika menyaksikan Kanaya tertawa terpingkal-pingkal atau menunjukkan mimik takjub ketika saya bercerita tentang sesuatu yang mengundang antusiasnya.


Yup... kegiatan baru saya sebagai orang tua adalah mendongeng. Sekarang saya tidak saja menceritakan isi buku tetapi saya juga harus mengarang cerita sendiri untuk memerankan tokoh pada empat boneka tangan milik Kanaya. Kadang saya harus bersembunyi di balik tembok sementara boneka-boneka tersebut berdialog. Saya sangat menikmati kegiatan ini dan sepertinya Kanaya juga mulai suka. Setiap saya pulang kerja, dan baru saja membuka pintu, Kanaya langsung menyodorkan buku untuk minta diceritakan atau menyodorkan boneka-boneka tangannya..

Suatu hari, ada teman Kanaya yang usianya sudah 3 tahun main ke rumah, Tiba-tiba Kanaya mengambil buku dan seperti bercerita kepada temannya tentang isi buku, persis seperti yang saya lakukan padanya. Semua mimik dan gerak saya ditirunya. Meskipun dengan suara yang kurang jelas, tapi saya faham dia sedang menirukan kegiatan mendongeng itu kepada temannya. Saya tidak dapat menahan diri untuk tertawa. Yaaah, ternyata memang anak adalah peniru yang hebat.

Mendidik anak, bukan perkara yang mudah, tetapi ternyata juga tidak terlalu sulit. Asalkan kita bisa sabar mengajarkan kebaikan dan memberi contoh yang baik, maka biasanya anak akan mudah menerima ajaran kita. Mendongeng adalah salah satunya. Melalui kegiatan mendongeng ini, dapat merangsang perkembangan bahasa anak, mengasah kreativitas, dan sebagai media menanamkan moral. Tentu kita ingin anak-anak kita tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, karena itu,.... yuuuuk mulai mendongeng.

Tulisan ini diikut sertakan dalam give away nya Rumah Mauna dengan tema Anakku Sayang


Fathan, jagoan ciliknya bunda Mauna

21 comments

Oktober 26, 2011

Mendidik anak memang harus ada ilmunya ya Bun...

Semoga sucses ya...

Yunda Hamasah
Oktober 26, 2011

Kanaya suka dengerin cerita Bunda ya? Wach itu karena Bunda Kanaya pintar mendongeng ya... Apalagi pilihan ceritanya bangus2 kan? Iya dech nanti Bunda pulang langsung minta lagi ya, lagi dan lagi ;)

Sucses kontesnya...

Oktober 26, 2011

wedew,..bunda kanaya mulai sibuk mendongeng nih...:)
sukses buat kontesnya ya!

Oktober 26, 2011

bener banget mbak..anak adalah peniru yang hebat..:) makanya kita harus memberikan contoh yang baik kalo tak mereka akan mencontoh kita dengah kebiasaan jelek kita..
hmm senangnya naya yah bunda-nya pandai bercerita..menstimulus juga untuk anak cepet berbicara karena berusaha menirukan suara..seperti kinan dulu..kinan maniak dibacakan buku sebelum tidur..."bacain, bacain..terus gitu padahal ayah dan mamanya dah ngantuk banget...malah pernah kejadian insden kejatuhan buku karena bacainnya ayahnya sambil tiduran..untung bukunya tipis...:)
semoga menang kontesnya mbak :)

Oktober 26, 2011

terima kasih atas partisipasi sahabat. anda telah tercatat sebagai peserta giveaway pertama rumahmauna “anakku sayang".

Kanaya pasti nanti juga pintar mendongeng seperti bundanya.

Oktober 26, 2011

dengan dongeng anak2 bisa lebih aktif daya imajinasinya ya bunda :)

lucu banget kanaya,

salam kenal

Oktober 26, 2011

Kanaya kelihatan excited bgt ya Bun sama bukunya..lucu bgt :)
Iya mendongeng memang bagus, buat anak maupun ortu jg :)
Aku jg Bun, anak2 belum mau tidur kl aku belum bacakan dongeng..dan dongengnya anak2 nentuin judul sndr hehehe..
sun sayang ya buat Kanaya dari Mba Nisha & Kaira

Oktober 26, 2011

Oiya Bun, kelupaan, ijin nge link blog nya ya Bun :) makasi

Oktober 26, 2011

aku jg suka mendongeng Bun... tapi kadang2 aku yg ketiduran ditengah2 mendongeng... vania bangunin, "bunda... bundaaa... jgn bobo dulu..." hihihi... :-P

Oktober 26, 2011

Dulu aku juga ga suka yang namanya anak kecil Bun..Berisik rasanya..
Tapi semenjak punya anak berbalik arah 180 derajat,jadi penyayang anak..hhe

Mau donk di dongengin..

Oktober 26, 2011

wah asyik nih pembelajaran lewat dongeng biasanya lbh cepet masuk mbak. aku tinggal di cipinang mbak, tapi sekolahnya mertua di pondok hijau permai

Oktober 26, 2011

Allhamdulillah bisa kebuka juga blognya bun :)
semoga sukses dengan kontesnya ya

Oktober 28, 2011

mama ani : iya bener, belajar dan terus belajar jadi ortu yang baik.. makasih ya

ummi yunda : iya ummi... harus banyak stock cerita nih

mba ketty : iyah ada kesibukan baru

mama kinan : hahaha untung ga benjol ya kejatuhan buku

ummi mauna : aamiin... ^_____*

umahnya fityanakifah : salam kenal juga ya

riliarully : peluk-peluk mba nisha dan khaira

mba tia : hihih... klo Kanaya suka ngomel2 kalo bundanya kelamaan ceritanya mbak..

mba nchie : yuuuk ke rumah aku dongengin .... hehehe

mba pu : cipinang ga jauh lah dari bekasi...
apalagi klo liatnya dari peta hehehe...

mba lidya : alhamdulillah ... koneksi internetnya lambreta ya mba...

Oktober 28, 2011

sukses bun kontesnya.. rajin niy ikut giveaway :)

Oktober 30, 2011

ho'oh bener bgt mbak. melalui buku kita bisa mengajarkan banyak hal kpd anak-anak. apalagi skrg udah banyak buku anak Islami yg secara khusus (well at least begitulah aku menangkapnya) bertujuan untuk membantu ortu dalam mengenalkan kebiasaan2 baik kepada anak.

misal: kebiasaan mengucap salam, trs ada lagi buku supaya anak gak takut ke dokter, dll.

kalo jaman kita kecil (TK-SD) buku anak2 bernuansa Islam blm ada ya? tapi buku2 karangannya Enid Blyton itu juga lumayan lho. pernah baca gak? yang buku2 kecil, salah satu judulnya: Si Babi Ungu :D

ini screenshot buku2nya: http://bit.ly/uG0O2W

Oktober 30, 2011

dhe pengen banget bisa ngedongeng mbak.. tapi setelah beberapa kali mencoba, kok hasil dongengan dhe jeleeekk yaa.. hahahaha..

Oktober 31, 2011

mba tyka : suka juga aku mba sama buku2nya Enyd Blyton tapi udah pada lupa judulnya... masih ada gak ya sekarang tu buku2....

dhe : ayooo coba lagi... kamu pasti bisa dhe... ada dedek kecil yg perlu didongengin tuu

November 02, 2011

waaah, senengnya di dongengin
pasti akan keinget terus sampai dewasa

November 02, 2011

Haduh Kanaya pinter, mau konsentrasi dengerin bundanya berdongeng yah...aku yakin itu karena sudah sanget sering dibiasakan oleh bundanya...
Hanuun juga suka dibacakan, tapi cuma sebentar bun, udah itu yang ada mau bolak balik halaman buku sendiri...
Setuju, mendidik anak memang butuh kesabaran ekstra ya Bun...

November 03, 2011

iyah klo dulu masih konsentrasi mi, tapi sekarang sudah mulai agak susah sebentar aja dia dah mau diceritain buku lain

November 03, 2011

mba elsa : aamiin... mudah2an keinget terus

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.