Setahun Kanaya

Jumat, 21 Oktober 2011

Alhamdulillah....

20 Oktober 2011, setahun usia Kanaya Almira Hasna



Tidak ada lilin, kue tart atau kemeriahan pesta ulang tahun anak-anak. Tadi pagi ayah, bunda dan mbah mengemas hari istimewa ini dengan untaian doa dan serangan ciuman yang bertubi-tubi. Meskipun bau asem baru bangun dari tidur, tapi tetap paling menyenangkan ciumin pipi, leher, dada dan sekujur tubuhnya (mumpung masih mau dicium..hehehe). Kanaya cuma senyum-senyum kegelian, dan agak bengong lihat pada kumpul semua di kamar.

Ugggh..... mengingat setahun yang lalu, bunda gelisah karena sudah lewat 5 hari dari perkiraan lahir, tapi Kanaya belum mau keluar juga. Kontraksi jarang, air ketuban udah mulai menipis, dan si dede enggak mau turun ke bawah, yaaaah pasrah lah saat harus di operasi Cesar. Enggak sangka aja harus masuk ruangan yang dinginnya ammmpyuuunnnn. Jam 2 siang masuk ruang operasi dan 20 menit kemudian bunda sudah mendengar tangisan Kanaya. Lahir dengan berat 2,95 dan panjang 47 cm, Kanaya tampak mungil, padahal waktu bunda hamil, genduuut banget. Alhamdulillah, Kanaya sehat dengan tubuh normal itu sudah membuat bunda lega.

Sejak sebelum Kanaya lahir, bunda sudah bertekad akan memberinya ASI sampai 2 tahun, insya Allah. Dan sejak itu hari-hari dilalui dengan perjuangan pemberian ASI. ASI yang belum keluar sampai beberapa hari, PD bengkak, puting kena mastitis, Kanaya yang menyusu sampai berjam-jam. Ahh... indahnya menjadi ibu. Meskipun letih dan sempat terkena baby blues, bunda tetap bersemangat belajar menjadi seorang ibu yang baik buat Kanaya.

Alhamdulillah, karena ASI, daya tahan tubuh Kanaya termasuk kuat. Dia jarang sekali sakit. Kalo pilek, bunda cuma jemur di pagi hari dan di beri uap minyak kayu putih. Alhamdulillah tidak lama biasanya sembuh. Perkembangan gerak motorik Kanaya juga bagus, meskipun untuk saat ini belum bisa berjalan sendiri, tetapi sudah merambat dengan berpegangan pada tembok atau sudah bisa mendorong - dorong sepedanya.


Setiap anak punya perkembangan sendiri-sendiri yaa.... meskipun belum bisa berjalan dan giginya baru dua, tapi Kanaya sudah pintar mengucapkan beberapa kata. Yayah adalah kata-kata yang paling sering diucapkan, sambil menunjuk foto ayahnya. Kalau mbahnya tidak ada pun dia sudah bisa memanggil mbbaaahh.... tapi kalo panggil bundanya masih nana. ^_______* (jangan-jangan itu kependekan dari rina...)

Kanaya juga sudah bisa bilang mimik kalo haus sambil menunjuk doidy cup, cangkir favoritnya. Kalo bunda tanya, bunyi sapi bagaimana? Dia bilang mooooo.... lalu tunjuk gambar bebek sambil bilang bekbekbek, tunjuk cicak sambil bilang cekcekcek dan menggerakkan tangannya seperti orang berenang kalo melihat gambar ikan. Lucunya kalo dia melihat gambar anak kecil atau bayi langsung bilang dedek. Lihat fotonya waktu baru lahir pun dia bilang dedek. Pernah suatu hari di ruang menyusui rumah sakit, ada beberapa anak seusia Kanaya sedang menyusu juga, tiba-tiba dia menunjuk anak-anak tersebut sambil bilang dedek. Ibu-ibu yang ada di ruangan itu kontan tertawa. Duuuh nak.... berasa udah jadi kakak yah.....

Sekarang Kanaya lagi seneng ngomong “apa....” Kalo lagi nenen dan denger suara temannya, nenen langsung dilepas dan matanya ke arah bunda bilang “apa”. Mungkin maksudnya “siapa”. Paling senang juga kalo kulkas terbuka, mengacak-acak isinya dan bertanya satu persatu “apa” . Tapi Kanaya paling kesel kalo dia berceloteh dan kita tidak mengerti apa maksudnya. Pernah suatu hari dia mengoceh panjang lebar seperti menginginkan sesuatu, tetapi mbah tidak faham maksudnya, Kanaya langsung tengkurep, kaki dihentak-hentakkan, wajah ditempelkan di lantai dan menangis. Ammmpyuuunnn, anak bunda udah bisa ngambek. Enggak tauk juga ini bakat cerewetnya turun dari siapa, perasaan ayah dan bundanya sih rada2 pendiam gitu deh (perasaaaan..... ) mungkin nurun dari mbahnya.... lhoh!!!

Ada perubahan pada Kanaya yang bikin bunda sweedddiicchh. Kalo dulu setiap bunda pergi ke kantor cuma dadah-dadah sambil senyum-senyum, sekarang Kanaya pasti akan menangis kalo bunda tinggal pergi. Dari mulai bunda pakai jilbab Kanaya tidak mau lepas dari gendongan. Hiks...hiks.... rutinitas pagi seperti ini yang bikin bunda kepengen banget resign. Apalagi mbahnya yang membantu mengasuh sudah mulai beranjak tua, dan bunda tidak berani menyerahkan Kanaya pada asisten tanpa pengawasan (emak-emak trauma liat anak disiksa).

Suatu saat nanti nak.... bunda akan selalu berada disampingmu, melewati hari bersama, menyaksikan tumbuh kembangmu, dan mendidikmu dengan waktu yang cukup. Suatu hari, insya Allah mimpi bunda akan terwujud... aamiin

Sudah setahun Kanaya bersama kami, iringan doa dari ayah, bunda, mbah, om , tante dan orang -orang yang menyayangimu dengan tulus. Semoga Kanaya semakin solehah, cerdas, pintar, sehat dan kelak banyak memberi manfaat buat orang lain. Semoga ayah dan bunda diberi juga kemampuan untuk mendidik dan menjaga amanah istimewa dari Allah ini. Aamiin.



Hari ini setahun yang lalu....
ada nyawa yang dipertaruhkan
ada tangis yang tak tertahan
ada banyak cinta yang menghambur
untuk seseorang yang begitu dinanti selama 4 tahun perjalanan

Hari ini mengingat satu tahun berlalu
ketika engkau dipelukku untuk yang pertama kali
ketika tangan mungilmu menggenggam jari rapuhku
ketika lantunan tasbih, takbir, tahmid dan tahlil menggema di ruang hati
menyesakkan dada hingga tak mampu kata terucap

Hari ini tahun berlalu dalam rentang sebuah perjalanan
tak pernah henti rasa syukur yang selalu meraja
atas kucuran nikmat yang tak bisa terbendung
untuk sebuah amanah yang tidak sederhana
mampukan kami ya Rabb....
menjaganya, membimbingnya, mendidiknya dengan cahaya dariMU

setahun usiamu cinta, ….
lukiskan jejak berarti dalam setiap langkah kecil kakimu
bunda akan iringi dengan doa yang sungguh
agar setiap nafasmu selalu mengalir makna....

20 oktober 2011

23 comments

Oktober 20, 2011

selamat ya Nak .. ikut meng-aminkan doa orang tuanya aja ...

Oktober 20, 2011

Met Milad kanaya.. Smoga jadi anak sholehah..

Oktober 20, 2011

happy milad day ya vania
semoga jadi anak shalehah
aminnnn *kiss kiss

Oktober 20, 2011

Waahhh...Nah ultah, happy milad ya sayaaaang, semoga sehat selalu, semakin sholehah dan tetap menjadi kebanggaan ayah bunda (dan mbah he he). Peluk cium dari tante Orin ;)

Oktober 20, 2011

met ultah ya Nak... best wishes

Oktober 20, 2011

happy bday lagi ya kanaya,sehat selalu dan menjadi anak yang sholehah ya

Oktober 20, 2011

selamat ya Kanaya, semoga Allah selalu memberimu yg terbaik :)

Oktober 20, 2011

Aiiih selamat ulang tahun, Adek Kanayaaa... :-D

Hadiah doa dan cium itu hadiah yg tak ada duanya deh...

Bun, nggak tega memang Bun ninggalin anak kerja... kalau pake mbak, tapi dalam pengawasan mbahnya gmana? krn spt itu yg kulakukan :-)

Oktober 20, 2011

selamat ulang tahun Kanaya sayaaang...

bundanya gak bikin give away neh?? **lirik mbak RIna ***

Hehehhehe

Semoga sehat selalu ya nak, tambah pinter, tambah baik budi, tambah kepandaian...

amiiiinnn

Oktober 20, 2011

selamat hari lahir ya...
koleksi foto per bulannya komplit ni Ma..hebat ya..jadi ngiri deh :)
semoga selalus sehat dan lekas pintar ngomong ehehe

Oktober 20, 2011

Happy Milad Kanaya...alhamdulillah ya sayang, semoga selalu sehat, solehah dan tambah pinter...amin...kisss dari Hanuun;)

Btw Bun, itu gaya ngambeknya Kanaya sama persis loh sama Hanuun. Lucu ya lihat anak 1th udah bisa ngambeg gitu, hehe

Oktober 21, 2011

Met Hari lahir ya Nak, semoga barokah umurmu dan terkabul semua do'a2mu juga do'a2 Ayah dan Bunda.

Pssttt, itu Mbak mana fotonya? hehe...

Oktober 21, 2011

mba dey : makasih ibu...

mba aditya : hehehe.. wah pasti abis berkunjung ke blognya mba thia yah.... vania kan nama anaknya mba tia hehehehe

mba orin : asssiiikk di peluk cium tante orin... wangi...wangi..wangi..

mba hilsya :... amin...amin... makasih ya

mama pascal : makasih tante dapet kado eh dapet ucapan dua kali ... hehe

nurlaila zahra : main ya ALlah...

mba tia : selama ini aku pun begitu mbak, kanaya dijaga mbah dan ada asisten juga, tapi mulai februari, mbahnya punya cucu baru, jadi kanaya sama siapa.... hihih... curcol deh tuuu..

mba meilya : ayahnya naya udah suruh bikin sih, tapi binung temanya apa dan hadiahnya apa... taku ga bisa manage, soale jarang OL

mba ketty : alhamdulilah aku kumpulin foto tiap bulan mbak..

ummi hanuun : yak hanuun dan kanaya bisa ikutan lomba ngambek tingkat nasional

ummi yunda : foto mbah kelewat.... hehehe

Oktober 21, 2011

kanaya, semoga tambah besar ... tambah pinter... nurut sama ayah-bunda.. dan sehat2 senantiasa ya nak :)

Oktober 21, 2011

happy bday kanaya
smg jadi anak yg cantik hati & fisiknya, jadi anak sholehah,sehat2, pintar, aamiin :)
buat bunda, puisinya bagus banget....

Oktober 24, 2011

mba ndutyke : amiin, makasih tante... ^____*

Oktober 24, 2011

Happy Milad yah dedek kanaya, wah mama kinan telat nieh ngucapinnya..tapi sekarang diingat ingat terus karena tanggalnya itu sama banget ma tanggal kinan 20 cuman beda bulan aja..kalo kinan kemarin 26 bulan dedek kanaya 1 tahun yah..:) selalu sehat dan dalam lindungan allah swt, semakin pinter,aktif lincah dan ceria, jadi kebanggaan ayah dan bunda :) *amien...kiss kiss buat dedek kanaya..:)

Oktober 25, 2011

selamat milad kanaya, maaf ya umi telat ucapinnya semoga kanaya jadi anak sholeha kebanggan bunda dan ayah yaaa....

Oktober 26, 2011

mama kinan : makasih ucapannya ... wah ternyata samaan tanggalnya sama kinan... peluk sayang buat kk kinan dari dd kanaya yaaa....

mba pu : gpp mbak... aamiin untuk doa2nya

November 02, 2011

Selamat Ulang Tahun Adik Kanaya...

November 02, 2011

Happy Birthday Kanaya Cantik...
semoga makin pinter, makin cantik
sehat selalu!!!

amiiiiiiiiin amiiiiiiiiiin

November 03, 2011

dija dan tantenya.... makasih ya ucapannya... aamiin... peluuukkkk

Indah Febrianti
Desember 11, 2012

Selamat ulang tahun ya, dede Kanaya.
Terima kasih juga pada bunda Kanaya, jadi inspirasi buat saya.

Jadi ibu baru memang sulit tapi menyenangkan.
Prosesnya memang banyak 'batu'nya, tapi lihat perkembangan si kecil, 'batu' itu terasa seperti 'butiran pasir'.
Salut karena bisa BF hingga saat ini, saya sendiri kalah dan tidak full BF karena Uelle sempat kuning 2 kali.
Walau kini sungguh sangat senang, karena Uelle lebih memilih ASI daripada formula.

Ah.. semuanya pasti akan jadi perjalanan indah ya, bunda.

Semoga Kanaya semakin diberkati.
Salam dari Tante.

NB : Puisinya indah sekali, saya share di facebook ya, bunda.

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.