20 Bulan

Rabu, 20 Juni 2012


Alhamdulillah Kanaya udah 20 bulan. Perasaan kek baru kemarin belajar ngebedong Kanaya eeeh sekarang udah bisa lari-larian. Nikmat yang mana lagi yang mau di dustakan... kebangetan kalau sampai ayah dan bunda tidak mau bersyukur.



Di 20 bulan ini bunda ingin menuliskan beberapa hal yang dilakukan Kanaya, terutama perkembangan bicaranya yang suka bikin ayah dan bunda terkekeh kekeh

* * * * *

Seperti anak-anak lain seusianya, Kanaya senaaaang sekali bertanya.... apa ini... apa itu..... atau napa cih nda.... napa cih ayah... Suatu saat bunda dan Kanaya membonceng ayah naik motor. Di tengah perjalanan ayah nyaris menabrak motor yang lain, dan bunda yang melihat kejadian itu reflek berteriak kecil. Kanaya yang sedang terkantuk kantuk langsung melotot dan memandang wajah bunda.... napa cih unda?...

atau suatu saat bunda pernah menangis saat menyusui Kanaya ( adegan terlarang jangan ditiru ^__*) karena pertahanan sudah jebol. Kanaya yang asyik menyusu langsung melepas nenennya dan bertanya serius... unda napa cih??... Doooohhh..... makin meleleh deh bundanya....

* * * * *

Suatu saat ayahnya ke Palembang menjenguk nenek Kanaya. Lalu tantenya bertanya

Tante : ayah kemana Nay...
Naya : ke umah nenek
Tante : ooh... naik apa
Naya : naik cawat (naik pesawat)
Tante ; kok naya ga ikut
Naya : dak di ajak (wajah lesu)

Malamnya ayahnya telpon dari Palembang dan kata-kata yang keluar dari mulutnya adalah.... ayaaaah pulaaaaang... colaaat... di esjid... (ayah pulang... sholat di mesjid).. xixixixi... di Palembang juga banyak mesjid kali nak...



* * * * *


Kanaya lagi asyik mainan. Ada panci, ada baskom, talenan, ulekan dll, semuanya hasil menjarah di dapur bunda.
Ayah : eeh ibu Kanaya lagi masak ya
Naya : iya (sambil sibuk pura-pura goreng)
Ayah : masak apa sih bu
Naya : macak aci oleng (masak nasi goreng)

setelah itu hasil masakan di tuang di piring dan disuapin ke boneka miki, sambil nasehatin. diem diem ya miki, mamam dulu ya....... Setelah makan beres dia berteriak histeris

Naya : ya ampuuuunnnn (kedua tangan memegang pipi)
ayah : kenapa nak
Naya : si miki pup (langsung plorotin celana miki dan dicebokin)

wakakakaka

* * * * *

Suatu saat Kanaya asyik bongkar-bongkar CD dan menemukan CD pernikahan ayah dan bundanya. Dia memperhatikan cover CD yg ada foto ayah dan bunda di pelaminan. Lalu menunjuk foto bunda dan bilang... unda cantik yaa....
Horeee.... bunda langsung joget joget india kegirangan dibilang cantik... terima kasih ya nak, anak kecil memang tidak pernah bisa berbohong..... *yang eneg mau muntah ke belakang dulu ya..... xixixixixi

* * * * *

Kalau di rumah, Kanaya selalu ingin ayah dan bundanya ada di sampingnya menemani bermain. Kalau ayahnya atau bunda menghilang dari pandangan biasanya dia mencari cari ke semua ruangan di rumah. Seperti suatu saat, ayahnya ada di kamar belakang, dia langsung heboh sendiri......
aayyyaahhh..... ayah mana (ayah dimana).... ayah ngapaiin siih....

atau kalau bundanya beberes di kamar tidur, dia juga panggil panggil bunda,
undaaa.... unda mana siihh..... agi ngapain siih...

biasanya bundanya yang kadar keisengannya sudah tingkat tinggi malah ngerjain Kanaya ngumpet di balik pintu. Nanti kalau Kanaya udah mau nangis baru deh keluar dari persembunyian. Melihat bundanya sudah ada dia berteriak lagi... naaah itu dia....aya cari cariin.... cinii unda... sama aya aja undaaa..... duduk cini unda.....

* * * * *

Setiap pagi setelah mandi, ayah biasanya mengajak Kanaya ke luar rumah atau berjalan jalan naik motor dan kadang-kadang bermain di halaman mesjid dekat rumah yang luas dan ramai dengan anak-anak yang sekolahnya memang dekat mesjid. Kalau ayahnya tidak mengajak keluar rumah, Kanaya yang akan menagih.... ayoo ayahhhh alan alan naik otor.... liat esjid (ayo ayah jalan-jalan naik motor lihat mesjid). Pernah suatu hari ayah lagi ga enak badan dan menolak ajakan Kanaya, eh dianya langsung atraksi, akrobat guling gulingan di lantai. Protes berat atas penolakan ayahnya.

Nanti sampai rumah dia akan bercerita pada bundanya apa yang sudah dilakukan saat berjalan jalan bersama ayahnya. Tadi aya ke esjid ama cekolahan, ada kaka banyaaaaak …. trus aya salim , trus main pelocotan, main ayun ayunan (tadi Naya ke mesjid sama sekolahan ada kakak banyak, trus Naya salim, trus main perosotan, main ayunan )...Saat bunda konfirmasi ke ayahnya ternyata ceritanya benar, nah saat dia cerita salim itu ternyata dia bersalaman dengan bu guru yang mengajar di sekolah itu karena kanaya nyelonong masuk ke dalam kelas. 

 

* * * * *

Setiap selesai adzan, mesjid dekat rumah biasanya selalu mengumandangkan sholawat melalui speaker mesjid. Dan Kanaya selalu heboh mencari sumber suara itu.

Tuh nda... colawat tuuh.... awoh uma coli ala muhammad (allahummasholi ala muhammad)... tuh... tuh.. tangannya menunjuk nunjuk dengan wajah kebingungan, dia berlalri ke teras dan takjub suara sholawat itu semakin jelas, lalu masuk ke rumah lagi bilang ke bunda ….. tuuh nda ada colawat tuh nda..... terus aja mondar mandir ke teras dan dalam rumah sampai sholawatnya selesai.

* * * * *

Alhamdulillah...alhamdulillah...alhamdulillah..... sudah 20 bulan dan masih ada bulan-bulan yang lain yang menjadi PR buat ayah dan bunda mendidik Kanaya menjadi anak solehah, cerdas dan bermanfaat buat umat.. semoga Allah selalu memberi kemampuan untuk ayah dan bunda.Aammiin






37 comments

Juni 20, 2012

hahahahhaa... dari Palembang culuh pulang cuma diculuh coyat di esjid.. wkwkwk :D Nayyy... lucu banget ciii kamyuu, ante sebagai kembaran Nay jadi bangga :D
sun pipinya Nayy..emuuaaaaaahh :*

huaaa.. jadi pengen punya anakk.. *wooi.. nikah dulu Nay*... xixiixi

Juni 20, 2012

Alhamdulillah yaaa.
Makin cantik makin pinter....
Makin tebel aja bedaknya ya?
Qiqiqi.....
#dilemparsponsbedak

Juni 20, 2012

kanaya makin pinter ngomongnya ya bun...semoga sehat selalu ya kanaya....

Juni 20, 2012

@Si Belohuusshh... cari bapaknya dulu....

Juni 20, 2012

@ndutykeaku bedakan cendili tanteee....

Juni 20, 2012

@Mami Zidaneaamiin... makasih ya mam...

ya ampuuuunnn... si miki, hehehe....
Kanaya semakin pintar ya, Mbak. Semoga semakin cerdas dan shalihah.

Juni 20, 2012

Usia 20 bulan itu udah lancar ya, Mbak ngomongnya, meski masih sedikit cadel di beberapa huruf..

Semoga dedek saya nanti juga pinter kayak Kakak Kanaya.. :D

Juni 20, 2012

waaa pinternya kanaya ngingetin ayahnya oyat di ejid
hihihiii

Juni 20, 2012

wah lucu-lucunya tuch ...

gak terasa sudah mau 2 tahun ya Kanaya

happy ulbul ya Kanaya, smga sehat sllu, tambah pinter,
tante Tika mau dong incip nasi gorengnya :)

Juni 21, 2012

@Akhmad Muhaimin Azzetaamiin... makasih ya pak

Juni 21, 2012

@isnuansayah lumayan mbak... alhamdulillah udah bawel banget meski ada yg cadel

Juni 21, 2012

@aditya wulandariiya klo denger adzan nyuruh ayahnya sholat di mesjid

Juni 21, 2012

@Mbak Iishehehe... gitu deh mbak, bikin ngikik....kikikikik...

Juni 21, 2012

@Lidya - Mama Cal-Viniya mbak, perasaan baru ngerasain mules kemaren sore...hehehe

Juni 21, 2012

@keluargayusufjogjasilahkan tante... sepiring 50 rebu yaak...

Juni 21, 2012

Wah saya suka sekali sm anak kecil, liat postingan ini jadi pengen cepet nikah dan punya anak, hehe

event ngeblog: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

Juni 22, 2012

Lucunyaaaa. Umurnya gak jauh beda ya sama anak keduaku, Faiz 17 bulan. Hihihi. Ayo Kanaya, kapan2 kita main bareng yuuuk :)

Anonim
Juni 22, 2012

@dimas geelwaaah kayanya harus dipertemukan sama si belo di atas

Juni 22, 2012

kangen kanaya..

seru ya rumahnya jadi rame karena celoteh anak-anak.

foto kanaya yang pertama kenapa gitu bun gambarnya??

foto terakhir teteup bundanya numpang narsis, hehehe

Juni 23, 2012

Amankan semua lipstikmu bun. Sebelum patah jadi 2 atau menghiasi dinding kamar :D

Juni 23, 2012

Kanayaaaa....
selamat ulang bulan yaaa.....
ngebayangin Kanaya lg cerewet2nya dgn cadelnya itu
jadi semakin pengen punya anak cewek....hiks

Juni 24, 2012

Whoaaa...Kanaya ternyata udah gede yaaaa...

Dan Bunda inih rajin dan detail banget nulisin perkembangannya Kanaya deeeeh...tapi emang harus gitu Bun, kalo gak ditulis, kita suka gampang lupa yaaah...

Aku juga berusaha gitu lho Bun...
Dan ketika dibaca baca lagih, jadi suka senyum senyum sendiri...

Ntar kalo Kanaya udah gede dan baca ini, pasti seneng banget deh :)

Juni 24, 2012

Kanaya,
meskipun gak diajak Ayah naik pesawat
tunggu aja sebentar lagi, pas Kanaya yang bisa ajak Ayah Bunda naik pesawat yaa
hehehe


aaamiiiiiiiiiinnn...

Juni 24, 2012

Adik Kanaya suka sholat di masjid juga ya????

Juni 25, 2012

@dimas geelwaah harus dipasangkan sama si belo di atas niy... hihihihi

Juni 25, 2012

@bluecuriosawaaah kanaya punya teman baru nih... si faiz... salamkenal yaa

Juni 25, 2012

@Ummi Nabilkangen juga iih sama nabil.. sibuk punya dedek baru yaa.... foto yg pertama emang sengaja dibikin begitu mi... klo narsis sih emaknya kudu ikutan heheheheh

Juni 25, 2012

@ndutykehyyaaaa hahahahaha....

Juni 25, 2012

@Diandrainsya Allah pada saatnya nanti akan kesampaian mbak.... aku turut doakan....

Juni 25, 2012

@Bibi Titi Telitisebenernya ga rajin2 amat mbak. ini juga pontang panting atur waktunya.... berharap suau saat bisa jadi kenangan buat kanaya

Juni 25, 2012

@Elsaaamiin..... makasih yaa doanya...

Juni 25, 2012

@Baby Dijaiyah suka banget ... tapi bukan sholat... lari2an aja sampai capeekk..

Juni 26, 2012

Pasti ayahnya Kanaya nda bisa pergi berlama-lama, selalu kangen dengan celoteh Kanaya yang menggemaskan.

Salam gemes untuk Kanaya, Bunda.

Bagus donk bunda kalau kanaya senang sekali bertanya

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.