Lebaran di Ragunan

Rabu, 05 September 2012


Sebenarnya sudah lamaaaa sekali ayah dan bunda ingin mengajak Kanaya ke kebun binatang Ragunan. Tapi selalu waktunya kurang tepat, ada aja yang bikin rencana gagal. Nah, lebaran kali ini kami tidak mudik ke Semarang atau Palembang jadi benar-benar full di rumah saja. Silaturahim ke beberapa kerabat juga tidak banyak karena sebagian besar mudik ke kampung halaman. Jadi ide ke Ragunan bersama Kanaya muncul kembali.

Semangat kami untuk mengunjungi Ragunan sempat surut saat lihat berita di TV pengunjung Ragunan tembus di angka 30.000 orang. Waduh …..udah kebayang deh ramainya. Bunda jadi males dan nyaris menggagalkan rencana. Khawatir Kanaya malah ga nyaman dengan keramaian seperti itu, karena sebelumnya kalau di ajak ke tempat yang ramai Kanaya kurang menikmati suasana dan lebih sering rewelnya. Tapi si ayah dan mbahnya Kanaya meyakinkan bunda kalau ini kesempatan mumpung ayah belum kembali kerja. 




Akhirnya bunda mengalah, dipikir pikir iya juga sih ya, supaya Kanaya terbiasa dengan keramaian, lagipula ada si ayah yg jadi korban tukang gendong hehe. Disepakati kami berangkat dari Bekasi pagi-pagi sekali, sebelum ayam jantan berkokok jam 7 pagi dari rumah. Naik bis jurusan Lebak bulus Bekasi. Ayah, bunda, Kanaya, mbah dan sepupunya Kanaya si Naufal sudah siap tempur dengan berbagai macam perbekalan.

Alhamdulillah jalanan lancar jaya, enggak macet sedikitpun. Kanaya yang baru pertama kali naik bis juga terlihat senang, sebentar duduk, terus minta berdiri, melongo melihat asongan yang wara wiri dan takjub ada pengamen di dalam bis sampai pengamennya ke GR an dilihatin Kanaya terus. Selesai mengamen dia menghampiri Kanaya dan towel towel pipinya, Kanaya langsung nyungsep ke pelukan bundanya. Kesempatan deh bunda request lagu balonku, tik tik bunyi hujan, aku sayang ibu dll, dan berhasil bikin Kanaya senyum senyum lagi.

Sampai Ragunan dikira kami yang paling pagi, dan jadi pembuka gembok pagar ragunan eh ternyata sudah ramai juga. Ramai lancar lah enggak terlalu ramai banget. Kanaya masih bisa jalan-jalan sendiri sambil becanda dengan Naufal. Ayah dan bunda juga masih bisa narsis2an foto berdua. Baru masuk Ragunan Kanaya sudah merengek minta naik odong-odong yang ternyata ada juga di ragunan. Duh nak, jauh-jauh ke Ragunan masa mau naik odong-odong juga, dibujuk-bujuk akhirnya Kanaya mau diajak naik delman. Nah kalau delman kan bunda bisa ikutan naik juga.





Selesai naik delman, kami menuju kandang Gajah yang ternyata ada di beberapa tempat menurut jenisnya. Tapi kok ya ekspresi Kanaya datar ajah ya, padahal kalau lihat gajah di CD Barney dia heboh menirukan belalai gajah sambil teriak teriak........ elepen..... elepen.... Apa karena saking takjubnya ya ada binatang segede ini. Setelah puas di tempat Gajah, kami menuju kandang jerapah yang letaknya masih tetanggaan. Ekspresi Kanaya melongo tapi cuma sebentar abis itu cuek lagi. Nah dia justru puas tertawa tawa sambil berlari-lari saat dibelikan mainan balon dari sabun. Naufal yag meniup, kanaya yang mengejar ngejar balon sabunnya. Ya sutralah... kami istirahat di dekat kandang jerapah sambil ngemil.

Selesai kami beranjak dari tempat Jerapah, Ragunan sudah mulai ramai dari sebelumnya. Berjalan juga tersendat - sendat karena mobil dan orang kumpul jadi satu. Sambil bergerak terus kami melewati beberapa arena binatang. Kanaya sudah tidak mau berjalan, ayah dan bunda bergantian menggendong, etapi banyakan ayah ding yang menggendong. Perjalanan terhenti saat melewati permainan anak-anak. Teuteup ya, meskipun judulnya kebun binantang, tempat permainan seperti ini selalu jadi idola bagi anak-anak. Kanaya dan Naufal kompak minta naik kereta, boom boom car dan kincir angin. Yo wes, diikuti saja, dari pada bikin atraksi guling-guling malah jadi tontonan orang. Namapun juga nyenengin anak yaaaaa......





Setelah istirahat sebentar, hari makin siang, dan pengunjung semakin buanyaakk. Semakin banyak pula pengumuman anak hilang, terpisah dari rombongan, dan kehebohan lain. Untungnya ga ada pengumuman macan lepas dari kandangnya. Setelah istirahat, makan-makan perbekalan dari rumah, kami lanjutkan lagi perjalanan. Eh ternyata tempat istirahat kita dekat dengan area primata. . Masuknya harus dengan membeli tiket lagi dan semua tas isi makanan dan minuman harus dititipkan dengan penjagaan yang ketat. Petugasnya galak-galak euy, dan yang bikin bunda nyengir kuda, petugas tiketnya melayani pengunjung yang banyak itu sambil ngemil , santaiiii banget... ngunyah makanan dengan gaya semau gue.......bodo amat dah antrian panjang. Bunda baru tau kalau sekarang primata dijadikan satu area seperti ini.Perasaan dulu enggak begini, iiish jaman kapan itu yak... duluuu banget waktu bunda masih kecil. Jadi ketawan deh sudah berapa tahun yah enggak ke sini.

Setelah berdesak desakan nitip tas, akhirnya bisa juga masuk area primata. Sampai saking gugupnya kerudung Kanaya ketinggalan di tas. Yang penting kamera, hp dan dompet tidak tertinggal. Bunda kirain nih karena masuk ke dalam harus bayar tiket lagi, terbayang di dalam ada pertunjukan apaaa gituh. Minimal sirkus lah, hehehe...... ternyata salah sodara sodara. Di dalam itu tidak ada sirkus atau topeng monyet, yaaa hanya para primata dengan kandangnya yang luas dan di setting seperti di hutan. Kami naik tangga yang tinggiiii banget menuju tempat Gorilla. Alhamdulillah Gorillanya menampakan diri beberapa kali. Berbagai macam jenis kera juga ada disana. Dari yang kera pendiam, sampai kera pecicilan ada juga. 








Setelah berputar putar di area primata, Kanaya kelelahan dan terlelap di gendongan ayahnya. Akhirnya kami memutuskan pulang. Enggak sanggup lagi ke tempat binatang yang lainnya karena pengunjung semakin banyak, jalan saja harus antri panjang dan berdesak desakan. Kami bergegas menuju pintu keluar dan sempat melihat pintu masuk dimana terlihat pengunjung semakin banyak seperti gelombang air. Rupanya semakin siang semakin ramai. Alhamdulillah setelah menunggu beberapa saat kami naik taxi yang membawa sampai Bekasi. Alhamdulillah lagi, jalan keluar dari ragunan lancar tapi sebaliknya macet total di arah menuju ragunan. Pfyyuuhh... untuuuung dateng pagi-pagi jadi masih sempat merasakan jalanan yang lancar jaya.



Senang banget akhirnya kesampaian juga ngajak Kanaya ke Ragunan, next time pengen ke sana lagi mengunjungi binatang-binatang lain yang belum sempat di jenguk.... insya Allah.




 




36 comments

September 05, 2012

Nay suka yg mana mba? kera pendiam apa yg pecicilan? qiqiqiqi

September 05, 2012

Liburan kemarin kita sempat cancel rencana ke Kebun Binatang karena udah kesiangan, ide mulai perjalanan pagi2 pisan itu emang betul deh ya, biar bisa leluasa dikit.

Meski Adik Nay cuek, tapi pasti mengingat-ingat juga binatang yang ada disana kan, dik, hehe... Mana foto2 pas naik odong2 dan permainan lainnya sama kakak Naufalnya Mba? hehehe

Duh, nyenyak banget bobo digendong ayah ya Nay

September 05, 2012

lihat ditv ragunannya penuh ya bun waktu lebaran

September 05, 2012

tempat wisata memang selalu ramai kalau pas liburan ya .. yang penting sih Kanaya menikmati jalan2nya ..

September 06, 2012

Foto yg terakhir, aku suka banget. Naufal yg motret?

September 06, 2012

Aaah liat blog Desi sama Mbak Rina ke Ragunan, jadi pengen ke Ragunan lagi.

September 06, 2012

Weeehhh kesempatan ya mumpung ada Ayah :)

September 06, 2012

@Orinsuka sama bundanya... eeeaaaaa....

September 06, 2012

@Mrs. Basukifotonya kurang kumplit karena bingung edit saking banyaknya, mau pasang video ternyata besar banget kapasitasnya... heheh... wah aturan kita bisa janjian di ragunan ya mba ai....

September 06, 2012

@Lidya - Mama Cal-Vinbukan penuh lagi mbak... lubeeeeerr

September 06, 2012

@deyiya kalau mau sepi sih saat jam kerja, hari senin siang misalnya.. tapi bisanya pas libur jee

September 06, 2012

@ndutykeyang motret mbahnya, pakai kamera hp,..... aku juga suka mba, cuma sayang yg sadar kamera emak bapaknya doang hehehe

September 06, 2012

@Indah Kurniawatyhayuuk atuh mbak ke ragunan lagi biar athia naik gajah....

September 06, 2012

@Yunda Hamasahmumpuuuung... emang artis doang yg aji mumpung hehehe...

September 06, 2012

Asyik banget.....


Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

September 06, 2012

wah, ko ga mampir ke rumah nabil.

pasti seru ya jalan2 ke bonbin ragunan. coz beneran jalan2 dan cape banget. ga kebayang tuh ramenya pengunnjung kalo lagi libur lebaran.

naik gajah keliling ga bun???

dulu waktu saya dan keluarga ke ragunan belum kesampean naik gajah karena sedang tidak beroperasi dan Ummi lagi hamil besar juga.
ntar bingung gajahnya :P

September 06, 2012

Lebaran hari kedua kemarin kami ( saya , Sabila dan beberapa tetangga ) juga ke KB Ragunan, Bunda. Pengunjugnnya ramai sekali sehingga nda sempat liat penghuni KB Ragunannya, keburu puyeng liat pengunjung bejubel seperti itu. Rencana ingin naik gajah juga batal karena antrian sangat panjang.

September 07, 2012

memang seru bawa anak ke kebun binatang, skalian belajar mengenal hewan

September 07, 2012

hidup ragunan ! hiihi udah bagusan ya sekarang ragunan. meskipun tetep aja, masih kurang bersih ya...:D

September 07, 2012

serunya main ke ragunan ya nay....apalagi Ada ayah ya..:)

September 08, 2012

whuaaaa...
Kanaya pasti kesenengan yah :)

Kalo aku sih biasanya setahun sekali ke kebon binatang di Bandung mba...murah meriah soalnya...hihihi...
Tapi kalo lebaran mah mending ngga deh, rame nya bikin stres...hihihi...

September 08, 2012

Waduh, jadi ngiri, deh. Di kota tempat saya tinggal sama sekali gak ada kebun binatang. Bonbin terdekat harus nempuh jarak sekitar 2-3 jam di jalan.

Beruntungnya Kanaya bisa belajar mengenal hewan-hewan secara langsung sejak dini :)

September 09, 2012

Salam kenal, Bu...

Seru ya jalan jalannya...:)

September 10, 2012

@Indra Kusumaalhamdulillah....

September 10, 2012

@Ummi Nabilmungkin karena masih pagi, gajahnya belom pada bangun semua... tadinya emang niat mau naik, tapi udah mabok duluan liat orang segitu banyaknya

September 10, 2012

@Abi Sabilawaduuuh... kita ga ketemu ya bi...

September 10, 2012

@raudahiya bener, edukasi murah meriah

September 10, 2012

@Desiapalagi orang segambreng yaak... tambah kotor deh

September 10, 2012

@mami zidaneiya mami zidane... aciiik syekalii

September 10, 2012

@Bibi Titi Telitisaya aja udah mau pingsan mbak liat orang segitu banyaknya....

September 10, 2012

@Diar Adhihafsarisaya juga kalau macet sampai 2 jam ... tapi hayuuk deh semangat ajah lihat bonbin

September 10, 2012

@Dwiyani (Bunda Samara)salam kenal kembali.. makasih udah mampir...

September 11, 2012

Ampe rumah Kanaya masih ingat gak binatang yang diliatnya mbak? Ide bagus juga tuh ke bonbin pagi-pagi banget, soalnya kami juga pergi, tapi sayang udah kesorean T_T

September 19, 2012

senangnya naya jalan jalan ke ragunana :)
bisa lihat visual binatan aslinya yah..:)

September 24, 2012

@Mayyamasih keingetan mba may... sering sebutin binatangnya satu persatu

September 24, 2012

@kinaniya selama ini cuma lihat di buku dan di tipi doang

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.