25 bulan

Selasa, 20 November 2012


 Alhamdulillah 2 tahun lebih sebulan usia Kanaya. Meskipun berat badan belum naik signifikan dan proses weaning with lovenya masih belum sukses, bunda tetap bersyukur Allah memberi kesehatan buat Kanaya. Kesehatan Kanaya itu luar biasa artinya buat bunda, semua ibu pasti akan sangat sedih kalau anakknya tergolek lemas karena sakit. Alhamdulillah Kanaya jarang sakit, kalau malamnya panas tinggi bunda kasih paracetamol, dan paginya sudah ceria lagi. Minum madu dan sari kurma juga sudah mulai gampang, malah kadang-kadang minta tambah.


Nah cerita tentang toilet trainingnya Kanaya juga alhamdulillah ternyata bikin hati bunda berbunga-bunga. Awalnya bunda agak pesimis dengan toilet training Kanaya , secara dari bayi hingga 2 tahun selalu pakai diaper dan clodi, bunda pikir pasti akan sulit sekali melepas kebiasaan ini. Ehhh.... ternyata cuma butuh waktu 2 hari Kanaya belajar mengendalikan HIV nya (HIV=hasrat ingin Vivis). 

Bunda mau pipis, niiih... langsung narik tangan bunda, dan setelah bunda buka celananya di toilet langsunglah dia pipis. Ohhh bahagianya...... tapi untuk tidur malam hari bunda masih belum pede, jadi kadang masih bunda kasih diaper. Meskipun seringnya Kanaya menolak . Pernah bunda pakaikan saat dia sudah tertidur ternyata paginya diapernya kering tidak ada pipis. Besoknya bunda lepas diapernya ehhh ternyata ngompol sampai 3 kali, hehehehe... jadi untuk amannya bunda masih pakaiakan diaper saat tidur malam sambil dikasih pengertian. Meskipun belum maksimal tapi bunda sudah senang di siang hari Kanaya sudah bebas clodi.

Kanaya 2 tahun ini juga sudah mengenal protes dan melampiaskan kekesalannya. Bunda sampai kewalahan kalau Kanaya tantrum, sedih sekali melihat Kanaya mengamuk sampai suaranya serak. Meskipun menurut artikel yang bunda baca, sikap ini termasuk normal untuk anak 1 s/d 5 tahun. Tapi bunda khawatir akan menjadi kebiasaan.

Pernah suatu malam, dia ingin main air setelah selesai cuci kaki dan tangan menjelang tidur. Awalnya bunda membiarkannya, tapi setelah beberapa lama dia tetap tidak mau beranjak dari toilet, bunda paksa angkat tubuhnya ke kamar. Di kamar inilah dia menangis sambil berteriak teriak karena ingin main air. Bunda sudah tutup pintu kamar dia malah menggedor gedor sambil memukuli bunda. Akhirnya bunda duduk diam sambil memperhatikan Kanaya. Karena melihat bundanya tidak luluh karena tangisan, akhirnya dia mendekati bunda dan memeluk bunda sambil sesenggukan. Duuuh...... meleleh juga akhirnya air mata bunda. Kejadian ini beberapa kali terjadi, dan bunda selalu bersikap sama, berusaha konsisten untuk tidak menuruti semua keinginannya.





Untuk kemampuan berbicaranya alhamdulillah semakin baik. Bunda sudah bisa ngobrol banyak dengan bocah 2 tahun ini. Malah kadang bunda yang kewalahan menjawab pertanyaan-pertanyaannya. Kenapa sih bunda, ada apa bunda, orang tadi kenapa bunda, itu siapa bunda, eh bunda udah mandi belom ? Hmmmm.... untuk pertanyaan terakhir sering ditanyakan padahal Kanaya melihat bunda selesai mandi. Apa iya karena penampilan sudah mandi atau belum mandi sama aja??? kalau bunda jawab, udah nak, bunda udah mandi, dia bergumam ….ooooh.... tapi matanya memperhatikan wajah bunda dengan serius. Issshh ga percaya banget sih kamyyuuuu... ^___*


Kanaya juga sering bikin bunda kaget dengan kata-katanya. Pernah saat sedang bermain tiba-tiba dia nyeletuk, mentari bersinar indaaaaah sekali, waduh dapet kata-kata dari mana ya. Atau bunda sayang enggak sama Naya? Sambil menatap mesra mata bunda. Lain waktu, wajahnya mendekat ke wajah bunda sambil tangannya memegang kepala bunda... sini..sini.... Naya cium... cup cup....cium pipi kiri kanan, bibir dan kening. Mak nyeessss rasanya hati bunda....



Bunda selalu membiasakan Kanaya untuk mengucapkan kata tolong, terima kasih, maaf dan kalimat positif lainnya. Alhamdulillah sekarang sudah mulai terbiasa. Setiap dia ingin bunda membantu mengambilkan sesuatu pasti dia akan bilang... bunda tolong ambilkan buku, bunda tolong pegangin Naya dan mengucapkan terima kasih setiap diberikan sesuatu. Hanya pengucapan maaf yang masih belum lancar, jadi bunda masih harus mengingatkan Kanaya untuk bilang maaf setiap melakukan kesalahan.




Aaaahhhh dunia anak-anak itu memang menakjubkan ya, bunda jadi banyak belajar. Terutama belajar kesabaran, karena biar bagaimanapun perlu kesabaran ekstra untuk menghadapi anak-anak. Semoga Kanaya tumbuh menjadi anak yang cerdas, solihat dan sehat selalu ya nak..... mmmuaacchhh



 

26 comments

November 20, 2012

Nay gaya bener nih pake tasnya

November 20, 2012

Kanaya pinter ya dah bs bahan hasrat ingin pipis......sehat terus ya Kananya, met ulbul ke 25.

November 20, 2012

lucu ekspresinya yg dorong kereta boneka

November 20, 2012

Nai..Nai..yuk yuk kapan kapan janjian di blu mall maen ama radit :D

November 21, 2012

@Lidya - Mama Cal-Vintas emaknya itu mbak... lagi mau kondangan mejeng dulu hehehe

November 21, 2012

@fitri2boys2makasih ya bunda....

November 21, 2012

@raudahekspresi bengong liat temennya...

November 21, 2012

@Desiyuk yuk yuk...... aciiik mainan sama radit yang ganteng

November 21, 2012

Waahh.. Adek Naya udah besar dan pintar. Kak Vales malah suka merusak toilet trainingnya.. Kalau lagi asyik didepan komputer, nggak mau pipis dikamar mandi. Pipis aja deh tuh dekat meja komputer. Waddduuuhhh... Pening mamanya!

November 21, 2012

Wah gaya Adek Naya nih wih menggemaskan. Hiehiehiie Pintar bergaya di depan kamera. Hihihiheieiheiehie

November 21, 2012

Bener banget Rin.. (eciyeeee sok akrab bener eyke manggilnya Rin :p)emang harus konsisten menerapkan disiplin buat anak, walaupun hati teriris-iris, ya kan? :)
Dan emang bener dari anaklah justru kita banyak belajar. Aku bisa lebih sabar kayak gini juga sejak punya anak. Dulu mah, beuh.. sampe mamaku khawatir nggak ada yang mau nikah sama aku gara-gara sifat pemarah dan egoisku, hehe.. *malah curcol

November 21, 2012

Bisa bisa kalo aku ketemu Kanaya ditanya udah mandi apa belum nih...
Soalnya aku udah mandi tetep tampang kek belum mandi, hahaha...
Selamat 25 bulan ya Nay...

November 22, 2012

jadi ibu itu emang luar biasa ya mbak,,,, :-D
melihat perkembangannya setiap hari adalah anugerah terindah dari Allah.. Alhamdulillah...

Kanaya.... Bundanya mandi ayam kali... kurang bersih... suruh mandi lagi ya... hahahaha....

November 22, 2012

wah, anak saya minta adikny cewek kalo lahir tuh mbak? doain yah?

November 23, 2012

Ngomongin tantrum, Kanaya persis banget dg Samara, sering banget gak mau keluar dari kamar mandi maunya main air mulu. Alhasil tantrum nangis ngamuk sampai suaranya serak :(

Selamat Ulbul ya Kanaya...

November 23, 2012

@DewiFatmatoiletnya harus dipindah deket meja komputer kali mbak... hehe

November 23, 2012

@Asep Haryonosapa dulu dong pengarah gayanya....xixixixi

November 23, 2012

@Dellaeh del... aku lebih suka dipanggil nama lagiiih... tuh kan sok ikrib juga.... curcol dditerima, akupun demikian adanya... idem....

November 23, 2012

@Tebak Ini Siapaeh iya ntar klo ketemu una siap2 ditanyain kanaya yaa...

November 23, 2012

@Lyliana Thiaiya tuh klo liat emaknya bawaannya curiga belom mandi....

November 23, 2012

@Ibrahim Sukmansaya doakan semoga terkabul harapannya... aamiin....

November 23, 2012

@keluarga Qudsyapa anak umur segitu lagi masanya seneng tantrum ya mbak.... balik nanya.....

November 23, 2012

HOREEE... HORE..... Kanaya udah lepas diaper!!!
horeeeee... hoooreee.........

aku ngerti banget senengnya Mbak, hehehehhe

November 23, 2012

Aku juga punya kereta dorong pink itu
persis deh, hehehehhehee

November 26, 2012

@Elsaalhamdulillah ya... rasanya legaaaaa... lagian kasian juga klo anak pakai diaper terus

November 26, 2012

@Baby Dijaiih samaan dong... klo rumah kita deketan bisa main bareng yaak

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.