Good Habits

Rabu, 13 Maret 2013


Menanamkan kebiasaan yang baik sejak kecil itu memang bukan perkara mudah ya sodara-sodara. Kadang ada penolakan dan jadi ujian kesabaran buat ayah dan bunda dalam mendidik Kanaya. Anak bisa jadi menolak apa yang diperintahkan orang tua tapi dia akan meniru semua perbuatan yang dilakukan orang tuanya. Atas prinsip inilah ayah dan bunda berusaha selalu memberikan contoh yang baik supaya melekat terus dalam ingatan Kanaya.


Contoh yang paling umum dilakukan oleh keluarga muslim adalah kegiatan sholat berjamaah. Di rumah, ayah dan bunda selalu berusaha menyegerakan sholat saat adzan berkumandang. Terutama sholat Magrib dan Isya. Awalnya Kanaya menolak saat diajak sholat bersama sama. Dia lebih memilih naik tempat tidur dan loncat loncatan di atasnya yang cencu saja bikin konsentrasi ayah bunda sering buyar karena ngeri dia jatuh. Tapi lama-lama karena lihat ayah dan bunda sering sholat berjamaah, dia jadi tertarik ikutan. Posisi favorit Kanaya adalah di samping ayahnya, tidak mau di samping bunda. Saat membaca Al Fatihah, suaranya lebih keras dari ayah, lalu setelah itu langsung baca surat al ikhlas , dan akhirnya ayah jadi ngikut juga baca surat al Ikhlas. *Ini sebenernya yang jadi imam siapa siiiiiiy.... 

abaikan penampakan kamar yang berantakan yaa.....

Kanaya tidak selalu dalam posisi sempurna saat sholat. Namapun bocah 28 bulan yaaak masih banyak bosannya daripada konsennya, kadang tengak tengok, panggil panggil bunda, ketawa sendirian. Kalau bosan, dia jalan-jalan dulu keliling kamar, pernah juga dia malah nyanyi dengan volume maksimal, dan melipat mukena saat baru selesai rokaat pertama setelah itu dipakai lagi saat ayahnya salam. Sambil memakai lagi mukenanya dia bilang.. eh iyaa lupa belom doa..... hihihii

Ayah dan bunda selalu menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses pengenalan sholat ini. Kalau suatu saat Kanaya menolak, ayah dan bunda tidak memaksa, tapi ternyata Kanaya justru yang sering mengingatkan kalau ayah dan bunda tetap asyik ngobrol saat adzan selesai berkumandang. Hayoooo kita sholat beljamaah yuukk.... langsung gelar sajadah dan ayah bunda jadi kepengen malu diingatkan anaknya.

Kebiasaan lain yang sedang bunda ajarkan adalah sikat gigi sebelum tidur. Awalnya memang susah sekali membiasakan Kanaya sikat gigi, tapi bunda sering mengajak Kanaya kalau bunda sikat gigi. Dia hanya memperhatikan saja dari luar kamar mandi yang sengaja tidak bunda tutup supaya dia melihat.


sudah mulai rajin sikat giginya....


pamer gigi apa jemur gigi neng......


Setelah puas bermain dan sudah masuk jam tidur, bunda menjanjikan Kanaya main kuda-kudaan di kasur tapi harus pipis, cuci kaki dan sikat gigi dulu. Seringnya sih menurut meskipun kadang beberapa kali menolak juga. Setelah terbiasa, sekarang justru Kanaya yang mengingatkan kalau bunda ngantuk berat dan langsung merem tanpa sikat gigi. Lho kok belom sikat gigi nda, lupa ya.... dan bunda pun terhuyung huyung ke kamar mandi karena diomelin anaknya.....

Ternyata yaa, menikmati proses belajarnya anak balita itu sangat menyenangkan sekali. Mudah-mudahan seterusnya ayah dan bunda bisa konsisten mengajarkan kebiasaan baik untuk Kanaya....

Semakin cerdas yaaa anakku....

mejeng lagi aaah....

 


32 comments

Maret 13, 2013

Emang kalo ngajarin anak kecil shalat paling sreg sih memberikan contoh ke anaknya. Biasanya anak pernuh rasa keingintauan dan tertarik dengan apa yang kita lakuin.
Aku juga maunya begitu sih...

Maret 13, 2013

hihihi emang seru yak ngajarin anak2 kebiasaan yang bagus. Contohnya sikat gigi, ya mau ga mau emak sama bapaknya juga jadi rajin sikat gigi sebelum tidur, demi sang anak meniru dan jadi kebiasaan..:D

Maret 13, 2013

dooh..pinternya anak mimiiiiii. gemezzzzzzz deh

Maret 13, 2013

Uwaaaaaa naya mkn hri mkn hebat yaaaa...... ;)
Smg kbiasan ini mlekat smpi kpnpun......big hug bt naya ya mbk ;)

anak-anak itu butuh contoh ya bun, bukan hanya perintah. btw kamarnya rapih gitu kok :)

Maret 14, 2013

Orangtua adalah guru terbaik untuk anak. Sepakat banget deh dg kata2 itu :)

Emang sdh seharusnya kebiasaan baik itu dimulai dari kecil. Semoga Kanaya makin pintar yaa :)

Maret 14, 2013

kanaya lucu mukenanya warna pink..

Maret 14, 2013

pinter men mbak yu....

Mampir dong di Blog Jelek saya ya

kakak kanaya pintar ya..
salam kenal kakak..

Maret 15, 2013

seru ya tempat makannya...
ga cuma kenyang perut, tapi pengetahuan juga ya mbak..

Maret 15, 2013

@Indah Kurniawatyiya bener mba Indah... ga perlu banyak bicara kasih contoh, anak dah ngikutin

Maret 15, 2013

@Desiiya ya des, klo ga kita yg dicontoh sapa lagi yang mau ditiru sama anak....

Maret 15, 2013

@mimi RaDiAlaamiin... doain terus ya mi biar konsisten

Maret 15, 2013

@Hanna HM Zwanbig hug juga ah buat tante Hanna yg cantik

Maret 15, 2013

@Lidya - Mama Cal-Vinhahaha... ada sapu ikutan kepoto tu mbak

Maret 15, 2013

@keluarga Qudsybetul bunda.... sebagai guru juga sebagai teladan buat anak anaknya

Maret 15, 2013

@kaniamukenanya girly banget yaa

Maret 15, 2013

@kaniamukenanya girly banget yaa

Maret 15, 2013

@mas ihsaninsya allah nti mampir yaa

Maret 15, 2013

@Kynandia Iffi Nuraninditasalam kenal kembali

Maret 15, 2013

@Nophiyg mana ya mb

Maret 15, 2013

giginya bagus...rajin sikat gigi ya Nay..

Maret 17, 2013

anak2 sy aja baru tertib sholat setelah mereka masuk SD. Sebelumnya petakilan. Hehe.

Sy selalu seneng liat giginya Kanaya, rapi2 bgt :)

Kanaya Pinter....

Love u....

Maret 18, 2013

@hilsyaiya mbak, tapi kayanya sudah mulai muncul karies.. ihiks.

Maret 18, 2013

@keke naimaiya bun, mantengin terus blognya mau belajar dari bunda nih...

Maret 18, 2013

@Dewi Ayu Saraswati Ishaqmakasih mbak dewi...

Maret 20, 2013

pinternya kanaya sikat gigi sendiri.
kalo aku sampai sekarang masih maksa maksa Dija sikat gigi loh Mbak...
kadang dija dengan senang hati, kadang susahnya minta ampuuunnnn....

gigi depannya bolong sedikit tuh
sedih hiks

Maret 20, 2013

baguus mukenanya pINK!!!!

Maret 21, 2013

@Elsasamaan mbak udah disiplin sikat gigi tetp aja gigi depannya sudah menunjukkan tanda2 gerigis

Maret 21, 2013

@D I J Apengen warna putih soale cepet kotor dija....

aduh pinter nih... udah membiasakaan diri gosok gigi pada waktunya dan juga shalat smaa ayahnya.. :)

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.