Yuuk kita bermain....

Rabu, 27 Maret 2013


Mainan buat anak-anak adalah benda wajib yang harus dimiliki. Selain untuk biar anteng mengasah kreativitasnya, ternyata mainan bisa merangsang perkembangan otak. Waktu Kanaya masih baby sih bunda cari mainan yang lembut buat Kanaya, mulai dari buku bantal sampai boneka, atau teether buat digigit gigit.

Setelah usia satu tahun, bunda mulai membelikan berbagai macam mainan yang lebih variatif. Yang paling penting mainan tersebut benar-benar bermanfaat untuk perkembangan otaknya, dan pas untuk anak seusianya. Nah untuk pas dengan usia Kanaya, bunda sering merasakan dilema. Pernah bunda beli Puzzle yang agak rumit dan ternyata untuk anak usia 3 tahun ke atas. Akhirnya itu puzzle di simpan nunggu dia 3 tahun, etapi ketawan deh sama Kanaya dan langsung dimainin, eh kok dia bisa nyusunnya. Ya sutralah enggak jadi disimpan, karena Kanaya terlanjur suka.




Anak seusia Kanaya memang memiliki ingatan yang kuat dan sering membuat bunda terkaget kaget. Bunda belikan dia puzzle menyusun angka dari 1 sampai 16. Saat dia asyik dengan mainan barunya, bunda tidak terlalu memperhatikan, lalu bengong saat dia dengan cepat bisa menyusun puzzle tersebut tanpa kesalahan. Apa iya Kanaya sudah hafal angka secepat ini. Penasaran, bunda suruh Kanaya mengulang lagi. Owalaaa....... ternyata dia memang tidak tahu urutan angka yang benar, tapi dia menghafalkan letak angka-angka tersebut. 


Saat ini bunda lagi jatuh cinta sama mainan-mainan kayu edukatif, karena banyak yang bermanfaat melatih kemampuan motorik , melatih konsentrasi, dan mengenalkan konsep sebab akibat. Sepertinya Kanaya juga sangat antusias setiap bunda belikan mainan kayu ini. Waktu pertama kali beli sih tidak terlalu memperhatikan material catnya yang ternyata berbahaya buat anak-anak. Sekarang lebih selektif hanya memilih mainan kayu yang non toxic.

Waktu berkunjung ke bookfair beberapa waktu yang lalu, bunda sempat kalap lihat mainan kayu berhamparan. Etapi sayang harganya lumayan mihil dibandingkan dengan beli di OLS langganan bunda. Jadi beli sedikit aja yang tidak bunda temukan di OLS.*emakirit

Gara-gara mainan kayu ini juga Kanaya jadi cepat menghafal warna dan beberapa bentuk geometri, karena memang dirancang untuk mengenalkan bentuk dan warna. Saat ini Kanaya sudah mahir dengan menara kuncinya, meronce, sangkar geometri, wire game dan beberapa puzzle dengan tingkat kesulitan sederhana.

Senang deh kalau lihat Kanaya antusias dengan permainan – permainan kayu ini. Ada beberapa yang memang agak sulit dan Kanaya sering menjerit histeris kalau tidak bisa menyelesaikan. Nah disitulah letak belajar kesabarannya, sekaligus kesabaran emaknya juga menghadapi kekesalan Kanaya. Tapi kalau dia sukses menyelesaikan permainan dengan baik, biasanya dia berkespresi dengan tepuk tangan kegirangan. Langsung deh bilang... foto dong bundaaaaa..... *narsis turunan sapa iniiiih....


Memang sih ya kalau dikumpulin dan dihitung-hitung mainan kayu ini terhitung lumayan buat kantong bunda, tapiiii enggak ada mahal kan ya buat investasi kecerdasan anak, betul kan ya...yaa...yaaa..... *nodong duit ke ayah.

Hayuuk Kanaya kita mainan lagi.......


Ayah yang jadi komentatornya , ..*kok jadi mirip komentator bola yah.... xixixixixi.
 

39 comments

Kanaya juga suka main puzzle ya, aku belum membelikan Alvin puzzle baru bun adanya puzzle lama punya pascal yang bentuknya jelimiet hehehe. Karena serng dilihat dan dimainkan lama-lama juga bisa

Maret 27, 2013

uwaaaaaaaaaaaa....senangnya lihat naya main puzzle :D
jadi inget sama muridku, si joshua (1,9) di playgroup.anaknya hiperaktif,g bisa diem,yaudah saya kasih puzzle kayu angka1-20...diem,dan tersusun rapi hehehe.....amazing bgt ya mbk anak2 itu,doain saya biar cpt dpt momongan biar g cm belajari anak orang aja tp anak sendiri hehehe

big hug bt naya cantik ya mbk..mwah tlepoks :D

Maret 27, 2013

anak-anakku jg suka main puzzle :-)

Maret 27, 2013

Kanaya pinter ya...

Pernah tuh beliin buat Dzaky permainan kayu itu. Dalam sekejab itu balok balok udah berceceran kemana2.. hahaha

Maret 27, 2013

duh sayank saya belum punya anak, istri juga belum punya.gimana kalo mainnya di hati bunda aja.he

Maret 27, 2013

iya ya Bun, mainan kek gini mihiiiil, pdhl sih memang bermanfaat bgt

Maret 27, 2013

Ulala udah pinter meronce. Boleh dong tanteu tykeu dibantu.」 meronce manik2nya ;)

Maret 27, 2013

Ikutan nodong ke ayah juga ahh..

Kanaya sini tak temenin main yuk !

Maret 27, 2013

Dapat masukan dari Bunda Kanaya nih mainan yg cocok buat si kecil.
Kalau mihil beratu musti nabung dari sekarang mumpung si kecil baru 2 bulan ehehe.

Kanaya Cerdas banget ya Bun...

Maret 28, 2013

mauuu main sama kanaya juga donk :*

Maret 28, 2013

@Lidya - Mama Cal-Vinyg lama juga gpp mbak Lid, yg penting masih berfungsi....

Maret 28, 2013

@Hanna HM Zwanetapi bener Han, Kanaya klo lagi ga bisa diem dikasih puzzle langsung anteng kok...

Maret 28, 2013

@Leyla Hana Menulisiya mbak puzzle itu mainan anak2 tapi juga disukai org dewasa....

Maret 28, 2013

@Bunda Dzakyklo Kanaya seminggu 2 minggu masih awet tapi belakangan in malah dibuat main masak masakan hehehe

Maret 28, 2013

@Situs Top Infohallah.. maen mah di lapangan om... heheh didoakan segera punya istri dan anak yaaa

Maret 28, 2013

@Orin yg banyak manfaatnya mihil2 yak...*curhatan khas emak2

Maret 28, 2013

@ndutykehayuuuk tante aku bantuin, aku dah mahir kok meroncenya...

Maret 28, 2013

@Nchie Haniemari kita todong bersama sama...lho...

Maret 28, 2013

@Putri Baiti Hamzahayo sini kakaaak....

Maret 28, 2013

wah kanaya pinter, millie msh blm bs maen puzzle, yg ada kmren d aduk2 sm air *tepok jidad*

Maret 28, 2013

Narsis turunan sapa lagi coba..? Ahahaha....
Kanaya pinter deh.. Bisa mem-fgure out mainannya sendiri...

Ayo Nay, minta beliin mainan yg bnyk... Ntar ajak2 vania yah mainnya... Hihihi...

Maret 28, 2013

Kanaya.... Mainan kayunya Vania dah nggak ada yg utuh lagi... Hihihi...

Maret 28, 2013

@Yeyehahahah... klo Kanaya bisa buat maen masak2an juga lhoo...

Maret 28, 2013

@Lyliana Thiawah iya nih Kanaya harus banyak belajar dari kk Vania ... insya Allah nanti kita bisa main sama2 yaaa

Maret 28, 2013

@Vania nanti Kanaya pinjemin deh... hehehe

Maret 29, 2013

emang mainan kayu itu harganya lumayan nguras isi dompet tapi apa seh yang gak untuk anak? :)
Kanaya pinter ueyy...main bareng Samara yuk...:)

Maret 29, 2013

Setuju Bunda demi anak pintar gak apa-apalah ngeluarin uang lebih dikit daripada uangnya keluar buat beli tas atau sepatu bundanya kan? hehehehe...*itu saya sih* :D

Maret 31, 2013

yup mainan yg bermanfaat selalu mahal ya. Tp lagi2 demi anak :D

April 01, 2013

Imut ya :)

follbacknya di tunnggu ya bun

F.67

April 01, 2013

@keluarga Qudsykapan ya kita ketemuan lagi ....

April 01, 2013

@AstyNNShehehe iya bener, sekarang sepatu sama tas nomer buncit yaak

April 01, 2013

@myra anastasiabetul bun apapun demi anak cerdas

April 01, 2013

@Royan Sablengalhamdulillah...

April 05, 2013

Mbak..bisikin OLs langganan tempat beli mainan kayu murah gitu dong mbak. Hehehhe.. ^^
makasiih

April 10, 2013

hehehehe.. kalo berhasil langsung minta foto yaaa
bagus deh, agar prestasinya masuk dokumentasi ya kanaya...

April 10, 2013

Dija jarang main mainan kayak gitu...
soalnya Dija suka ngilanin mainan
hehehheheee

April 11, 2013

@U'uLsini sini tak bisikin mba Uul..... *psssttthjkuhggtryhffg

April 11, 2013

@Elsahehehe iya Kanaya sekarang Kanaya lebih narsis dari emaknya....

April 11, 2013

@D I J Abagian ngilangin mainan mah itu kanaya banget Dija... tooosss

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.