Ayo mewarnai

Senin, 27 Mei 2013





Yeay..... catat mencatat lagi perkembangan Kanaya 31 bulan....

Setelah bunda tanya sana sini, ternyata memang benar ya seusia Kanaya ini lagi senang senangnya mencoret-coret. Tembok di rumah juga jadi sasaran coretannya, padahal ayah sudah sediakan whiteboard sebagai media buat Kanaya bereksplorasi, tapi dia lebih suka menulis di samping whiteboard alias tembok. Kalau sudah berhasil membuat banyak coretan biasanya dengan bangga dia akan memanggil bunda untuk memamerkan hasil karyanya. Bunda, Naya pinter dong bisa coret coret tembok...... * sabaaaar... namapun kepengen anaknya cerdas yaa....

Selain memberikan banyak kertas kosong untuk mengalihkan hasrat Kanaya corat coret tembok, bunda juga membelikan dia washable coloring book. Lumayan hemat, karena setelah puas mewarnai sampai penuh, buku bisa dicuci,  dan setelah itu dipakai kembali. Untuk menambah semangatnya, bunda ajak dia mencuci buku yang sudah penuh dengan warna-warni itu. Kanaya yang mengguyur dengan air, dan bunda yang pegang bukunya. Biasanya dia tertawa terpingkal pingkal saat warna-warna dibukunya luruh terkena air.

Alhamdulillah Kanaya jadi lebih bersemangat belajar mewarnai dan hobinya corat coret tembok agak berkurang. Hasil mewarnainya memang belum sempurna, dan bunda tidak mau terlalu ketat membuat aturan tidak boleh keluar garis. Dia bebas menentukan warna apa yang dia mau dan mewarnai sesuka hati. Sambil mewarnai biasanya bunda  ajarkan menghafal warna. Alhamdulillah sekarang sudah hafal hampir semua warna.





Ini dia hasil karya Kanaya mewarnai, masih belelpotan sama sini tapi bunda bangga deh, karena hasilnya jauh lebih baik dari sebelumnya
 



di bawah ini ada artikel yang bagus tentang manfaat mewarnai yang bunda ambil dari http://mommygadget.com , semoga bermanfaat yaaa.....


MANFAAT MEWARNAI BAGI SI KECIL

Aktivitas mewarnai sudah menjadi bagian dari kehidupan si kecil, bukan hanya sebagai kegiatan untuk mengisi waktu kosong anak, tapi juga sebagai aktualisasi diri anak dalam bidang seni. Lihat saja, berapa banyak lomba mewarnai yang diadakan oleh berbagai institusi dan sekolah-sekolah. Berbagai kriteria pun ditentukan untuk menentukan pemenang. Lepas dari itu semua, Apa sih sebenarnya manfaat kegiatan mewarnai bagi si kecil? Yuk kita telaah lebih jauh.


Mewarnai Merupakan Media Berekspresi
Seperti halnya orang dewasa, aktifitas mewarnai terutama mewarnai bidang kosong merupakan cara bagi si kecil untuk mengungkapkan perasaaan dirinya. Melalui gambar yang dibuatnya dapat terlihat apa yang sedang dirasakannya apakah itu perasaan gembira atau malah perasaan sedih.
Sebagai contoh, bila si kecil menggambar bentuk-bentuk suram seperti tengkorak dan sebagainya, hal tersebut dapat dijadikan pertanda bahwa si kecil sedang ada masalah dan butuh bantuan anda. Sebaliknya gambar-gambar ceria seperti matahari, dan sebagainya menandakan si Kecil sedang bahagia dan merasa senang. Sangat penting bagi si Kecil jika Anda sebagai orang tua memberinya kesempatan untuk mengekspresikan perasaan mereka melalui karya seni.

Membantu Mengenal Perbedaan Warna
Membiasakan si kecil untuk melakukan aktifitas mewarnai baik dengan krayon, pensil warna maupun spidol warna sejak dini dapat membantu mereka mengenal warna, sehingga mereka dapat membedakan antara warna yang satu dengan warna lainnya. Hal ini juga dapat mempermudah mereka dalam mencampur dan memadukan warna. Kemampuan inilah yang akan membantu si kecil dalam berkreasi seiring dengan perkembangan usia mereka.

Warna Merupakan Media Terapi
Warna merupakan sebuah media terapi bagi banyak orang, bahkan warna kerapkali digunakan sebagai bahasa global untuk membaca emosi seseorang. Seorang anak yang mewarnai matahari dengan warna-warna gelap seperti hitam atau abu-abu bisa jadi menandakan kemarahan mereka saat itu.
Selain itu cara si kecil menorehkan warna juga dapat mengekspresikan sifat dasar mereka, sebagai contoh, jika si kecil mewarnai dengan cara menorehkan garis-garis teratur pada gambar menunjukan bahwa si kecil memeiliki kecenderungan gaya hidup teratur.
Lepas dari itu warna sendiri menjadi alat terapi untuk meringankan stres pada si kecil setelah lelah seharian beraktifitas.

Mewarnai Dapat Melatih si kecil Menggenggam pensil
Bagi sebagaian anak, krayon adalah benda pertama yang digenggamnya sebelum mereka menggenggam pensil. Saat mewarnai dengan krayon itulah pertama kali si kecil belajar menggengam dan mengontrol pensil di tangannya. Kemampuan tersebut yang nantinya akan membantunya dalam menulis saat si kecil menempuh pendidikan di sekolah.

Mewarnai Melatih Kemampuan Koordinasi
Kemampuan berkoordinasi merupakan manfaat lain yang bisa diperoleh dari aktifitas mewarnai. Dalam mewarnai diperlukan koordinasi yang bagus antara mata dan tangan, mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon, hingga memilih warna dan menajamkan krayon. Kemampuan dasar berkordinasi inilah yang dapat mengembangkan kemampuan dasar si kecil hingga mereka besar nanti.

Mewarnai Mengembangkan Kemampuan Motorik
Aktifitas mewarnai merupakan aktifitas yang dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak. Kemampuan tersebut sangat penting dalam perkembangan aktifitasnya kelak, seperti dalam mengetik, mengangkat benda dan aktifitas lainnya dimana dibutuhkan kinerja otot lengan dan tangan dalam prosesnya.

Mewarnai Meningkatkan Konsentrasi
Aktifitas mewarnai dapat melatih konsentrasi si kecil untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukannya meskipun banyak aktifitas lain yang terjadi di sekelilingnya. Seorang anak yang sedang menyelesaikan tugas mewarnai akan fokus pada lembar gambar yang sedang diwarnainya, sehingga sekalipun pun di sekelilingnya ribut dengan aktifitas anak-anak lain, ia akan tetap fokus menyelesaikan tugas mewarnainya. Kemampuan berkonsentrasi inilah yang kelak berguna bagi si kecil dalam menyelesaikan soal matematika atau pelajaran lainnya yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Mewarnai Melatih Si Kecil Mengenal Garis Batas Bidang
Mengenal batas bidang gambar merupakan manfaat lain dari aktifitas mewarnai. Di masa awal si kecil memulai aktifitas mewarnai, mereka tidak akan peduli dengan garis batas gambar di hadapannya, hal tersebut wajar-wajar saja, biarkan si kecil merasa nyaman dan exited terlebih dahulu dengan aktifitas mewarnainya. Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia si kecil, mereka akan mulai menghargai dan memperhatikan garis-garis batas tersebut, dan berusaha untuk mewarnai gambar di hadapannya tanpa keluar garis. Membiasakan anak belajar mewarnai sejak kecil akan melatihnya lebih peka terhadap batasan garis sejak dini. Kemampuan inilah yang menjadi bekal mereka saat mereka mulai belajar menulis di buku tulis bergaris.

Mewarnai Melatih Si Kecil Membuat Target
Proses mewarnai membutuhkan satu target yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar yang tersedia. Dengan melakukan aktifitas mewarnai sejak dini si kecil akan belajar untuk meyelesaikan tugas yang dihadapinya. Di sinilah akan terpupuk rasa tanggung jawab si kecil dengan pekerjaan yang diterimanya sekaligus memupuk kepercayaan diri si kecil bahwa ia dapat menyelesaikan tugas yang sedang diembannya. Sikap ini akan membantunya menyelesaikan tugas-tugasnya kelak, dan juga melatihnya untuk tidak mudah menyerah dengan tantangan yang akan dihadapinya.
Mengingat banyaknya manfaat aktivitas mewarnai bagi si kecil, tak ada salahnya jika para orangtua mulai membiasakan anak-anaknya mewarnai gambar sejak dini, mulailah dengan gambar-gambar yang tidak terlalu detail agar si kecil lebih mudah mengaplikasikan warna yang ingin ditorehnya. Jangan terlalu banyak memberi aturan, baik dalam pemilihan warna maupun memberi batasan garis, biarlah ia bereksplorasi dengan warna-warna dan gambar di hadapannya.

Sumber : http://mommygadget.com/2009/07/07/manfaat-mewarnai-bagi-si-kecil/comment-page-1#comment-8213



29 comments

Mei 27, 2013

wwaah..banyak juga ya manfaat mewarnai..
radit kalo untuk mewarnai blom bisa banget..jadi musti di motivasi dan dirayu2 dulu baru mau..

tapi Alhamdulillah radit udah kenal semua warna, cuma ya itu kalo belajar mewarnai bloman tertarik...:D

wah gambarnya kakak kanaya bagus..

Aiih, Kanaya sudah rapi gitu mewarnainya. Semoga makin sering latihan makin rapi lagi ya...

Mei 27, 2013

mbk,itu beneran kan naya sendiri yg colouring???beugh,rapi bangetttt..kalah anak2 PG ku.....ada bakat seni nih si naya mbk,sip2 ium mwah tlepoks bt nayaaa :D

Mei 27, 2013

EEhhh Hebat banget Kanaya mewarnainya.. Udah bagus kok untuk ukuran anak seusia Kanaya..

Kalo Dzaky kok ga minat banget ya ama menggambar mewarnai, padahal udah aku beliin dari spidol, crayon, pensil warna, aqua doodle, buku gambar. Semua ga ada yg mempan.. Paling mentok coretin tangan dan kakinya, bentar doang, habis itu udah.. Hufh

Mei 27, 2013

Wah Kanaya udah Ok tuh mewarnai nya, Millie masih acak2an banget..

Mei 27, 2013

walopun masih keluar garis tapi keliatannya hasil mewarnainya sudah mengikuti bentuk. Good job, Kanaya. Berlatih terus, ya :)

Mei 28, 2013

@Desisamaan juga siy sama Kanaya, malah sering bosannya, tapi biasanya aku yang mulai mewarnai nanti dia pasti tertarik mengikuti....

Mei 28, 2013

@Kynandia Iffi Nuraninditamakasiiih , masih belajar nih dan acak acakan juga...

Mei 28, 2013

@Niken Kusumowardhaniiya makasih ya bude, semoga kanaya semangat terus mewarnainya.....

Mei 28, 2013

@Hanna HM Zwaniya miss itu dia yang mewarnai sendiri , awalnya aku kasih instruksi aja lama - lama dia bisa sendiri. Aku juga kaget kok baru sebentar diajari ternyata udah langsung bisa, tapi yaaaa itulah bocah masih tergantung sama moodnya.... trus itu spidol mewarnainya lumayan bagus, jadi saat disentuhkan ke buku kainnya warnanya langsung melebar, jadi kelihatan lebih rapi, klo pakai pensil warna biasa dia belum terlalu mahir....

Mei 28, 2013

@Bunda Dzakyhahahaha.... sama bangeeet itu mah sama Kanaya, dia juga mood mood an, klo lagi males spidolnya malah buat main masak masakan...

Mei 28, 2013

@Yeyeini juga masih semrawut dan suka suka dia hehehe

Mei 28, 2013

@keke naimaiya bun, namanya bocah ga bisa dipaksa yak, kalo lagi mau hayuuk klo lagi keluar malesnya spidolnya cuma dilempar lempar aja...

Bundaaaaa...
mampir sini bisa dapet ilmuuuu...
makasih udah di sharing yaaaaah...

Dan itu Kanaya segitu mah nge warna nya rapi bangeeeet...Fathir mah masih berantakan belepotan sana sini...hihihi...

Mei 28, 2013

wah mewarnainya udah rapi tuh..
Samara dulu jg begitu waktu seumuran Naya, tembok selalu jd sasarannya ;)

Mei 28, 2013

Kanaya Pintar...Rapih mewarnainya ...

Mei 28, 2013

@Bibi Titi Telitialhamdulillah klo bermanfaat teh... ini juga masih aak acakan sebenernya, tapi karena spidolnya agak bagus jadi terbantu juga... hehehe

Mei 28, 2013

@Keluarga Qudsyiya rata2 anak segitu lagi seneng coret coret tembok ya yan.... siap2 beli cat dah...

Mei 28, 2013

@fitri anitaaamiin... masih belajar niy tanteee...

Mei 28, 2013

Sepertinya, semua merasakan tembok yang di coret2 ya .. hehe.

Hasil mewarnai Kanaya udah rapi lho ..

Mei 28, 2013

pinter deh kanaya....ga usa khawatir soal tembok (padahal diri sendiri juga ngomel anak coret2 lantai), kalo kata nyokapku milih mana rumah bersih ato anak pinter *pilihan yg susah*

Mei 29, 2013

@Bunny Cathahahaha.. pengennya siy tembok bersih tapi anak pintar ya mbak.....

Mei 29, 2013

@deyiya ya teh, tembok yg punya anak balita harus ada coretannya...

Ade Pipit
Mei 30, 2013

he...rumah tanpa coretan indah anak berasa ngga punya anak.... jangankan anak balita , andien yg dah kelas 4 SD aj masih suka coret2,d tembok, d lemari sekarang nambah d sprei # tepok jidat.com# btw beli washable coloring book d mana ?

Mei 31, 2013

@Ade Pipitaku bbm ya pit...

Mei 31, 2013

Mbak, itu beli washable coloring booknya dimana? udah sama spidolnya kah?
Kanaya udah canggih itu mewarnainya.. rapii. telaten banget y dy ngewarninnya ^^.
*btw dejavu deh.. kayaknya aku pernah komen di posting ini. koq gak ada ya -___-"

Juni 01, 2013

haha.. jd inget hasil mewarnai kemaren..
kapan2 diposting aah...

Anonim
Juni 03, 2013

Hi Dear, are you genuinely visiting this site daily,
if so then you will absolutely take nice knowledge.

My webpage; book of ra online spielen ohne anmeldung kostenlos

Poskan Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.