Senangnya berkuda

Senin, 03 Juni 2013


Ilmu mendidik anak bisa orang tua dapatkan dari mana saja. Salah satu yang bisa menjadi rujukan adalah Hadist atau kisah-kisah Rasulullah dan para sahabat dalam mendidik anak. Seperti yang sering kita baca di siroh nabawiyah, anak-anak di zaman Rasulullah adalah anak-anak yang tangguh dan berkarakter kuat. Maka tidak heran kalau kemudian muncul generasi Islam yang berkualitas.

Salah satu yang menjadi inspirasi ayah dan bunda dalam mendidik Kanaya adalah hadist “ Ajarkanlah anak-anakmu memanah, berenang dan menunggang kuda” (HR. Ahmad) . Memang sih ada yang bilang hadist ini tidak lagi relevan dengan keadaan sekarang, tapi kalau menurut bunda, tetap saja banyak manfaatnya. Terutama untuk membiasakan anak-anak berolahraga sehingga mempunyai fisik yang kuat.

Etapi buat yang pikirannya horor.. ih ngapain tuh ya, memanah, berenang dan berkuda? emang mau perang..... hehehehe

Yaaa, whetever lah yaa, setiap orangtua punya cara masing-masing untuk mendidik anaknya. Khusus untuk Kanaya yang masih dalam proses belajar dalam mengasah keberaniannya, bunda memang sengaja mengenalkan berbagai kegiatan supaya Kanaya jadi lebih berani.

Alhamdulillah kalau berenang Kanaya sudah mulai suka setelah sebelumnya ketakutan kalau lihat air yang banyak. Awal dibawa berenang Kanaya menangis eeh setelah beberapa kali malah ketagihan dan tidak mau pulang.

Beberapa pekan yang lalu, bunda mencari salon muslimah di sekitar Bekasi dan akhirnya terdampar di Mutiara Gading. Betapa jauhnyoooo nyalon dari bulak kapal ke Mutiara gading. Eh ternyata yaa baru tau, di komplek itu ramai sekali dengan orang berjualan dan ada berbagai permainan untuk anak-anak. Dari mulai odong-odong, kereta, delman dan yang bikin bunda tertarik adalah sewa kuda untuk ditunggangi anak-anak.

Saat bunda tawari untuk naik kuda, Kanaya menggeleng. Dia ketakutan sekali sampai memeluk ayahnya erat-erat. Gemeeesss rasanya lihat anak-anak kecil yang berani naik kuda, sementara Kanaya tidak mau lepas dari gendongan dan malah memilih naik odong-odong. *tepok jidat.  Ayah bilang , sabaaaar kita kesini lagi pekan depan.

Saat kesana lagi, Kanaya masih tidak mau naik kuda, bunda rayu-rayu motivasi terus supaya Kanaya berani. Akhirnya dia mau tapi syaratnya si Ayah ikut naik juga. Untungnya, meskipun sebenarnya sewa kuda ini untuk anak-anak, orangtua diperbolehkan ikut naik. Alhamdulillah lumayanlah ada peningkatan sedikit Kanaya mulai berani.

Berhubung Bunda masih penasaran kepengen Kanaya berani menunggang kuda sendirian tanpa ayah, jadi pekan berikutnya kami ke mutiara Gading lagi. Kali ini takjuuub pengen koprol 20 kali, tanpa ayah dan bunda tawari, Kanaya malah meminta naik kuda dan tanpa ditemani ayah. Bahkan dia tidak sabar saat kami harus memutar motor terlebih dulu. Cepetan bunda, aku mau naik kuda




Yeaaaaayy...... mungkin buat orang tua lain ini biasa, tapi buat bunda yang selalu berusaha memotivasi Kanaya untuk mengalahkan rasa takutnya, hal ini menjadi pencapaian yang luar biasa. Rasanya terharu banget lihat Kanaya dengan pedenya memegang tali kendali kuda dan tanpa menoleh ke ayah bunda langsung menjauh dari pandangan. Mau buat pengakuan, waktu seusia Kanaya bunda juga takut naik kuda, malahan baru mulai berani saat usia SD... xixixixi


Bunda meminta si abang yang mendampingi untuk menyuruh kudanya berjalan saja, supaya Kanaya tidak terlalu kaget, insya Allah kalau kesana lagi si kuda boleh berlari pelan supaya Kanaya benar-benar merasakan sensasi berkuda. Uhuy....

Berenang udah, berkuda udah, tinggal memanah ya Nay.... :)))))


                                                          

                                                            Video Berkuda Kanaya       


38 comments

Juni 03, 2013

wah kanaya pinter deh...
azkiya dan umar belum mau tuh mbak naik kuda :)

Juni 03, 2013

Kanaya hebat, terlebih lagu bundanya. Jadi inget waktu kedua anakku naik kuda pertama kali, mereka juga nampak takut awalnya, lama-lama mereka maku, dan senang sekali melihatnya. So, proud of you, Bun... yang selalu konsen untuk pertumbuhan Kanaya

Juni 03, 2013

jd inget film Mulan yang berani berkuda..
Nay hebad euy...berani sendiri ;)

Juni 03, 2013

Naya udah pinter memanah kok. At least memanah hati tanteu tykeuw... hahaha.... #tanteuJayus

Juni 03, 2013

Dzaky belum pernah naik kudaaaa... Pernahnya naik delman istimewa ku duduk di muka...*loh kok malah nyanyi ^^

Juni 03, 2013

iiihhhh kanaya yang masih kecil aja udah pernah Naik kuda. tante Liza yang udah gede belum pernah sekalipun Naik kudaa

wah kalah sama kanaya, pascal sama alin aja belum pernah naik kuda di gading bun :) ramai gak bun disana suamiku suka gak mau diajak kesana

Juni 03, 2013

Kanaya hebat, euy. Keliatan berani :)

Juni 03, 2013

uwaaaaaaaaa senengnya....berasa gagah sekali nay xixixixi
tante zwan tunggu belajar memanahnya ya nay syangggg :D

Juni 03, 2013

kanayaa.. ajak2 tante dongss.. pengen ikutan berkuda juga :)

Juni 04, 2013

memanah gmn coba belajarnya maaaak?

mgkn maksudnya bela diri ngkali mak Kanaya..
Vania jg mau dimasukin bela diri sm bunda nih tahun depan Nay.. katanya disuruh silat.. skrg bunda lg menghasut Vania supaya mau..

huehuheuhe

Juni 04, 2013

Go..go.. Kanaya :) hebat ya... sudah berani naik kuda :)

Juni 04, 2013

waah hebat udah berani naik kuda.
seruu bener itu ada kuda2nya segala. Aku kira kuda2an.. eh kuda beneran yaa...
Kanaya jagoaaan :D

cieeeee....naik kudaaa,,asik dong

Juni 04, 2013

@puteriamirillisini juga berproses dulu mbak , di motivasi terus akhirnya berani juga hehehe....

Juni 04, 2013

@Mira Sahidnah itu dia mbk Mir, yang paling seneng itu liat ekspresinya takut2 gimanaaa gitu tapi pas udah jalan dia senang2 aja... nanti klo sampe rumah ceritain pengalamnnya itu dengan semangat

Juni 04, 2013

@keluarga Qudsyeh iya si Mulan itu pinter banget ya berkudanya... nanti aku ajak Kanaya nonton film itu ah,

Juni 04, 2013

@ndutykewkwkwkw.... korban OVJ niy keknya si tanteu.....

Juni 04, 2013

@Bunda Dzakynaik delman juga dia suka banget tu Tyk....

Juni 04, 2013

@Lizaklo udah gede naik kuda sih udah gak lucu lagi keknya hehehehe...pisss yooow

Juni 04, 2013

@Lidya - Mama Cal-Vinrame banget mba pernah kesana minggu sore, sampai ga kebagian kuda berebutan.... paling enak klo sabtu atau minggu pagi masih fresh kudanya.....

Juni 04, 2013

@keke naimaiya awalnya takut2 juga siy bun...

Juni 04, 2013

@Hanna HM Zwanwkwkwk.. mo manah apaan ya miss....

Juni 04, 2013

@Vanisa Desfrianihayuuk tante bonceng di belakang Naya... xixixixi

Juni 04, 2013

@Vania Ananditahahaha... iya yak... ga ada kursus memanah yaaak....

Juni 04, 2013

@Santi Dewialhamdulillah..... udah mulai berani skrg

Juni 04, 2013

@UuLalhamdulillah..... seneng bundanya liat Kanaya lebih berani....

Juni 04, 2013

@distributor obat herbalyoooa...asik banget

mba rinaa..memanah mo saingan sama robinhood ya...wkwkwk...
waah ga takut lagi sama kuda euy, hebat nay!
aku belum pernah bawa anak2 naik kuda...jd pengen juga nyobain, anak2 berani apa takut ya naik kuda hehe

Juni 05, 2013

Whoaaa...
pinter sekali Kanayaaaa...
berani naik kuda sendiri?

dulu Kayla pertama kali naik kuda harus ditemenin mama nya tuh...
jadi aku ikutan naik di belakangnya gitu...hihihi...
Fathir malahan belum pernah naik kuda lho...

etapi kalo naik onta pernah waktu dikebon binatang dulu...
dan ditemenin mama nya juga...hihihi...

memotivasi rasa takut dan akhirnya berani naik kuda, sungguh ini pencapian yang luar biasa, alhamdulillaah banget begitu ya, Mbak :)

Juni 05, 2013

@deva (sabri familie)wkwkwkw.... minta ajarin om Robin hood aja deh kali yak memanahnya

Juni 05, 2013

@Bibi Titi Telitiwaaah good idea Teh Erry... besok2 ajak kanaya naik onta, mudah2an berani juga dia....

Juni 05, 2013

@Akhmad Muhaimin Azzetiya pak harus sabar bundanya memotivasi terus supaya lebih berani....

Juni 20, 2013

Dija takuuuuut sama Kuda
hiks

Juni 21, 2013

@D I J Aayo Dija, cobain..... menyenangkan deh....

Wah kanaya anak pemberani ya,anak sekelcil itu berani naik kuda

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.