Cerita Ramadhan Kanaya

Senin, 19 Agustus 2013



Ayah, bunda dan Kanaya mengucapkan

Taqobalallahu minna wa minkum
“semoga Allah menerima ibadah kami dan ibadah kalian.”

Mohon maaf atas kekhilafan selama ini semoga Allah mempertemukan kita kembali di bulan ramadhan tahun mendatang.




Semoga belum terlalu terlambat ya untuk mengucapkan kata maaf di blog Kanaya ini. Selama bulan Ramadhan, bunda memang sengaja mengurangi akses internet karena banyak pertimbangan dan ternyata berlanjut dengan kesibukan setelah bulan Ramadhan. Jadi baru sempat lagi nulis di blog, padahal sudah kangen berat ingin menulis berbagai aktivitas Kanaya yang ternyata di bulan ini sudah menginjak usia 34 bulan.

Alhamdulillah.... tahun ini adalah Ramadhan ketiga untuk Kanaya, kalau tahun tahun sebelumnya dia belum terlalu mengerti, tapi untuk tahun ini sudah mulai banyak memahami makna ramadhan meskipun dengan ciri khas anak-anak yang polos. Seperti saat Kanaya makan siang dan dengan bangganya bilang, aku dong lagi puasa...... atau Kanaya yang heboh memanggil bundanya untuk segera berbuka puasa karena melihat adzan magrib berkumandang di televisi padahal yang dilihat itu cuma iklan.

Kanaya juga sering protes karena jatah bermain bersamanya sering diabaikan ayah dan bunda yang sibuk mengejar target Ramadhan. Kalau bunda tilawah dia segera mengambil Al Quran yang bunda pegang dan bilang sambil cemberut, …..kok bunda baca quran mulu sih, ayo dong main sama aku,..... tapi lain waktu saat bundanya tidak melakukan aktivitas apa-apa dan hanya menemaninya bermain, mulut mungilnya kembali berceloteh... lho, bunda kok enggak baca quran??..... *sabaaar



Selama bulan ramadhan Kanaya tidak pernah terbangun untuk ikut sahur, padahal biasanya kalau bundanya bangun dia ikutan bangun. Sebaliknya dia selalu heboh saat buka puasa tiba, layaknya orang yang berpuasa seharian. Gelas Naya mana nih, piring Naya mana nih, waaah udah adzan, ayo kita buka sama – sama....

Kanaya juga sudah mulai dikenalkan dengan sholat Tarawih meskipun dilakukan di rumah dan selalu muncul lagi pertanyaan ….. kok sholat mulu sih, kok sholatnya banyak nda?, biasanya Kanaya semangat diawal sholat, tapi baru rokaat kedua sudah membuka mukena dan kabur bersama mainannya.

Ramadhan kali ini, bunda ajak Kanaya ke acara santunan anak yatim dan dhuafa bersama komunitas TDA ( Tangan Di Atas) Bekasi. Bunda sengaja ajak Kanaya supaya dia mengenal dunia yang berbeda dari yang selama ini dilihatnya, disana bunda ceritakan ada anak-anak yang tidak memiliki ayah dan bunda tapi mereka tetap semangat dan banyak pula yang berprestasi. Satu persatu dari mereka menunjukkan kemampuannya dalam menghafal Al quran dan menjawab pertanyaan dengan baik. Senang rasanya melihat wajah bahagia mereka menerima banyak hadiah. Seperti biasa Kanaya perlu adaptasi lumayan lama di tempat baru, jadi selama acara dia memilih minta digendong ayahnya. 



Dari beberapa pengalaman Kanaya selama Ramadhan yang paling berkesan buat bunda (dan semoga berkesan juga buat Kanaya) adalah saat itikaf dua hari di mesjid Al Azhar Kalimalang. Awalnya agak ragu mengajak dia menginap di mesjid karena Kanaya sering bosan dan ujung-ujungnya rewel. Tapi ayah dan bunda ingin sekali mengenalkan kehidupan mesjid sejak kecil pada Kanaya supaya dia lebih mengenal Islam lebih jauh.

Saat hari pertama kami datang ke mesjid, Kanaya terlihat senang karena mesjidnya memang bersih dan asri. Dia menjelajahi semua tempat, dari mulai mencoba semua tangga sampai bermain di taman mesjid. Setelah berbuka puasa, Kanaya mulai menunjukkan rasa bosan dan mengajak pulang. Bunda mengajak dia sholat magrib berjamaah dan mengenalkannya pada beberapa anak. Alhamdulillah setelah itu justru dia terlihat betah bermain dengan teman-teman barunya. Sewaktu bunda tawarkan pulang dia menggeleng. Alhamdulillah jadi juga kami itikaf malam itu. Kanaya tertidur lebih awal dan bunda jadi lebih leluasa melakukan aktivitas.
 


Hari kedua bunda tawarkan lagi pada Kanaya apa masih mau menginap di mesjid? Dia menjawab mau dengan semangat dan kali ini membawa beberapa mainan, boneka dan alat mewarnai. Bunda juga lebih khusyu ibadahnya karena Kanaya cepat akrab dengan beberapa teman yang lain jadi tidak selalu harus ada di samping bunda.

Satu hal yang paling repot saat itikaf adalah Kanaya belum terbiasa menggunakan toilet umum. Meskipun tempatnya lumayan bersih dia tetap merasa tidak nyaman ada di toilet bersama orang lain. Ini kan kamar mandi bekas pup orang lain ya nda? Itu pertanyaannya saat pertama kali ingin pipis. Saat masuk ke toilet pun dia minta digendong, sambil melihat terus ke lantai. *tepokjidat




Meskipun hanya dua hari dan dilakukan di akhir Ramadhan, tapi ternyata pengalaman Itikaf ini membuat kesan tersendiri buat Kanaya. Sampai sekarang dia sering bertanya kapan lagi nda kita nginep di mesjid aku senang deh nginep di mesjid......

Ramadhan memang selalu meninggalkan kesan yang indah buat siapapun, rasanya berat harus berpisah dengan bulan mulia ini. Semoga pengalaman Kanaya selama Ramadhan ini membawa pengaruh positif untuk kehidupannya nanti. 



 

25 comments

Agustus 19, 2013

wah seru ya ramadhannya.aplge i'tikaf ngajak naya hehe...
mhn mf lahir batin ya mbk :D

ade
Agustus 20, 2013

minal aidzin wal faidzin yach Rin.... To : Kanaya " Luar biasa " 10 jempol deh ....

Agustus 20, 2013

Mohon maaf lahir bathin ya,mbak..Kayaknya seru deh kalo saya i'tikaf ditemenin naya :)

Agustus 20, 2013

Mohon maaf lahir batin juga ya bunda dan Kanaya...

Seru ya memang Ramadhan bersama anak.. Dzaky ya sama hebohnya kalo ikutan buka puasa. Gelas dan piringnya ga boleh ketinggalan. Kalo pas taraweh, hufh jangan ditanya, semangat banget tapi sampai sana jangan ditanya.. lariiiii... :sabaarrr

Agustus 20, 2013

Minal aidzin mbak, maaf kalau ada salah kata yang menyinggung hati.
Kanaya hebaat ^^. Amiin. InsyaAllah bisa jadi pengaruh positif buat kehidupan Kanaya ya mbak.

Agustus 20, 2013

Woaaah, kalian keluarga hebat mbak :)

*maaf lahir batin juga ya mbak :)

Agustus 20, 2013

mohon maaf lahir dan batin mbak rina dan keluarga dari emak kinan dan keluarga..kiss buat naya...:)
wah hari ini ulbul yah naya..happy ulbul yah naya..semoga semakin sehat makin pinter, jadi putri saliha kebanggan ayah dan bunda..*inget tanggalnya karena barengan kinan..:)

Agustus 20, 2013

Heubat banget Kanaya, kecil2 sdh Itikaf di masjid.

Agustus 20, 2013

hihihi sama deh Naya ama Radit..paling heboh kalo udah buka puasa.. ikutan ribet minta makanan ini itu..:D

Agustus 21, 2013

Kanaya hebat euy... udah belajar itikaf di masjid :)

Agustus 21, 2013

Uhuiii. Kanaya sudah semakin besar, dan baik hati. Suka membantu budanya ya hiehiheeie.

Agustus 22, 2013

@Hanna HM Zwansama sama ya Hanna...

Agustus 22, 2013

@adebanyak amat jempolnyaaaa

Agustus 22, 2013

@Putri Baiti Hamzahsama sama ya mohon maaf juga.... iya jadi tambah semangat Itikafnya

Agustus 22, 2013

@Bunda Dzakynamapun bocah yaaak.... masih dimaklumi asal jangan ortunya aja yg begitu hehehehe

Agustus 22, 2013

@UuLaamiin ya Allah, itu harapan aku dan suami Ul...

Agustus 22, 2013

@Kikywaaah belum ada apa apanya... masih proses belajar... mohon maaf lahir bathin juga

Agustus 22, 2013

@mama kinaniya pas banget ya tanggalannya sama.... mohon maaf juga ya mama Kinan selama interaksi banyak kekhilafan

Agustus 22, 2013

@fitri anitaklo ditinggal di rumah ga ada yg jagain mbak.... hehehe

Agustus 22, 2013

@Desihebohnya ngelebihin orang yg puasa beneran yaak...

Agustus 22, 2013

@Santi Dewilagi dikenalin sama mesjid niy mbak..

Agustus 22, 2013

@Asep Haryonoalhamdulillah om...

Agustus 22, 2013

Kanaya lucu ya...
Bawel, letak lucunya anak kecil emang di situ...pasti ngangenin ditinggal bentar saja :)

Saya juga punya ponakan kecil kalau kita mau sholat dibilang jangan lama-lama sambil baca tulisan yaa, dia gak ngerti kalau yg kita baca alqur'an :)

Salam dari Bali...

Agustus 23, 2013

@Pendar Bintangmakasih yaa..... salam kembali :))

Agustus 26, 2013

baju lebarannya Kanaya baguuussss deh...

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.