Cerita Lebaran Kanaya

Jumat, 23 Agustus 2013


Hari Raya Idul Fitri telah usai, tapi bunda punya banyak cerita tentang Kanaya merayakan Idul Fitri untuk tahun ketiga ini. Semoga catatan bunda ini bisa menjadi kenangan yang indah buat Kanaya kelak....

Menjelang berakhirnya bukan ramadhan Kanaya punya pengalaman seru dengan ikut ayah dan bunda Itikaf di mesjid Al Azhar. Cerita kumplitnya bisa dibaca disini. Ternyata saat malam takbiran dia masih kepengen ke mesjid lagi. Setelah bunda jelaskan bahwa bulan Ramadhan sudah berakhir dan kita harus bersiap menyambut lebaran baru dia mengerti.



Seperti biasa malam takbiran ramai dengan jdar jder bunyi petasan. Tahun sebelumnya saat berlebaran di rumah nenek di kota Palembang, Kanaya sangat ketakutan dengan bunyi petasan sampai harus mengungsi ke rumah uwaknya yang ada di pelosok. Bunda kira tahun ini Kanaya sudah tidak takut lagi, tapi ternyata masih berlari memeluk bunda atau ayah saat mendengar bunyi petasan. Kadang dia melawan rasa takutnya dengan berkata, Naya enggak takut kok sama petasan, tapi saat bunyinya kembali terdengar dia segera lari lagi ke orang terdekatnya. :)))

Paginya, alhamdulillah Kanaya bisa bangun pagi untuk sholat Id, padahal malamnya bunda sempat khawatir tidak bisa sholat Id seperti tahun lalu karena Kanayatidak bisa dibangunkan. Di mesjid dekat rumah, jamaah sudah banyak, jadi bunda dan Kanaya kebagian di shaf belakang. Segala perbekalan di bawa, termasuk makanan kesukaan Kanaya dan buku-buku supaya Kanaya tidak bosan. 
 

Setelah bersalam salaman dengan tetangga dan lingkungan sekitar, kami silaturahim ke rumah saudara-saudara di Pondok Gede dan Ujung Aspal. Meskipun cuma dua tempat tapi capeknyoooo, karena macet dimana mana. Kirain banyak orang mudik jalanan jadi sepi, ternyata tetap macet yaaaa....

Sebelumnya Kanaya sering bertanya lebaran itu apa sih?, setelah bunda jelaskan dia masih belum faham tapi akhirnya mengambil kesimpulan sendiri, setelah melihat apa yang kami lakukan di hari Raya Idul Fitri...... oooh aku tau nda, lebaran itu salam salaman yaaa.... hehehe

Jumat Sabtu Minggu acaranya open house ( saingan sama pak SBY), banyak saudara-sadara yang datang ke rumah untuk silaturahim. Malamnya bunda mencicil setrikaan yang menumpuk sampai berbukit bukit. Akhirnya dikerjain juga itu tumpukan setrikaan setelah beberapa hari cuma dilirik aja. *tukang pijit mana tukang pijit

Hari Senin 12 Agustus sebenarnya bunda sudah harus ngantor, tapi sengaja ambil cuti 3 hari karena sudah ada rencana kami akan menginap di sebuah Villa di puncak bersama teman-teman ayah dan keluarganya. Kanaya masih belum bersemangat saat bunda ceritakan bahwa selama dua hari kami akan menginap di sebuah tempat. Apalagi ternyata perjalanan ke Puncak saat itu memakan waktu sampai 4 jam karena jalur ke atas ditutup untuk memberi jalan keluarga Pak Presiden turun ke bawah. Ihiks... *jadi rakyat kudu banyak sabar yooooo....





Awalnya tidak semangat, tapi ketika sampai di Villa Kanaya sangat senang sekali saat melihat taman hijau yang luas, beraneka ayunan, perosotan dan kolam renang ada di depan matanya. Dia langsung berlari naik ayunan, mencoba perosotan, naik turun tangga, guling-gulingan di mushola yang terbuka
menghadap pegunungan dan menjelajahi semua tempat. Maklum lah yaaa kalo Kanaya agak norak begitu, soale di rumah lahannya sempit, yang ada kejedot melulu hehehe.

Kanaya langsung akrab dengan beberapa anak seusianya. Alhamdulillah di tempat ini dia tidak perlu terlalu lama menyesuaikan diri, jadi bunda bisa nyelonjor langsung beberes kamar. Saking senangnya Kanaya tidak mau tidur siang. Dia malah langsung kepengen berenang bersama teman-teman barunya dan mencari ikan di sungai kecil di samping Villa. Akibatnya setelah magrib langsung sukses tepar di tempat tidur karena kecapean.


Keesokan harinya, kami jalan-jalan ke curug Cilember. Bunda sebagai seorang pecinta curug, sumringah banget diajak ke tempat ini. Sekalian nostalgia zaman kuliah dulu yang pernah saking ga punya duit dan ingin menghindari bayar tiket, di bela belain naik bukit di balik curug bareng teman-teman. Walaaah capeknya seminggu ga ilang ilang. Klo sekarang mah ogah banget dah.... xixixixixi

Perjalanan ke Curug lumayan curam, tapi kondisinya sudah banyak berubah sejak bunda kesana beberapa tahun lalu. Sekarang lebih bersih dan teratur, bikin betah berlama lama disana. Ayah kebagian tugas menggendong Kanaya karena saat dekat dengan curug jalanan sudah mulai licin. Namapun bocah kalo melihat air belum afdol rasanya kalo belum nyemplung. Meskipun hanya sebatas lutut , tapi lumayan membuat Kanaya senang. Dinginnya yaaa bikin kepengen makan bakso kuah anget anget, hehehehe



 



Pulang dari curug kami siap siap kembali ke Bekasi karena kalau tidak secepatnya, jalur ke bawah akan ditutup dan kami bisa menunggu lebih lama lagi. Komentar Kanaya saat diajak pulang, aku ga mau pulang, aku betah disini enak.... Hyaaaaa.... dan butuh waktu lumayan lama untuk merayunya mandi dan naik ke mobil.

Sampai sekarang Kanaya masih sering menagih janji, kapan nda kita ke puncak lagi....eeerrrr insya Allah ya nak, doakan ayah bunda bertambah lagi rezekinya. Semoga kita bisa mengunjungi lagi tempat-tempat lain untuk menambah pengalaman Kanaya.

Lebaran yang sangat berkesan buat Kanaya, teman-teman begitu juga kan?




 

40 comments

Agustus 23, 2013

uwahh senengnya kanaya,jalan2.....kalo nggak pake kerudung kayak anak2 banget hehe..*namnaya jg anak2,gimana sih tante zwan ini hehehe*

Agustus 23, 2013

Bundaaa...
Mohon maap lahir batin yaaaaah..
dan cium sayang juga buat Kanayaaa...

Duh, Kanaya betah yah di Puncak...
pasti disono adem banget yah nak :)

Agustus 23, 2013

Waw asyiknya cerita lebaran Kanaya dan ayah bundanya nih. HIHhihi asyiknya dengan dokumentasi foto yang indah sekali. HIhihihi

Agustus 23, 2013

Huaaa,,, Lebarannya seru ya ada jalan2 ke Curugnya segala... Ini sih namanya beneran Liburan Lebaran ^^

Agustus 23, 2013

ahahaha...pastinya yaa Nay betah dan ga mau pulang :D

Agustus 23, 2013

Baraakallah :-) kanaya sdh tambah besar yaa..seneng bgt crta lebarannya, kecil2 sdh rajin itikaf :-) hebaaat

Agustus 24, 2013

Kanayaaaa dan Bundanya, maap lair batin yaaa...
Kanaya pengen liburan lagi yaaa hihihi...
Curugnya kayak rame banget mbak @.@

Agustus 24, 2013

seru bgt lebarannya Kanaya, ikutan salat ied , silaturahmi dan nginep di Puncak ya.

Agustus 24, 2013

asikkkk, Kanaya jalan-jalan ....

Agustus 25, 2013

Jgnkan Kanaya yg masih anak2, sy aja kl jalan2 ke tempat sejuk kyk gitu suka gak kepengen pulang lagi hihihi

Agustus 26, 2013

wuuuiiih enaknyaaa... bisa jalan jalan pas libur lebaran yaaa....
kaloDija gak diajak jalan kemana mana, soalnya disini macet ... macetnya jakarta pindah kesini

Agustus 26, 2013

asyiknya bisa menikmati alam yaaa...
Kanaya pasti seneng bisa liburan gitu
bener bener quality time

Agustus 27, 2013

@Elsaiya Tante Elsa, mumpung liburan nih si bunda...

Agustus 27, 2013

@D I J Aiya orang Jakarta pada liburan ke kampung halamannya yaak, jadi pada muacet

Agustus 27, 2013

@Keke Naimaiya bener bun, ngebetahin yak suasananya

Agustus 27, 2013

@deypengeen jalan jalan ke Bandung dan ketemu sama aa Fauzan

Agustus 27, 2013

@fitri2boys2iya mbak, memanfaatkan liburan yg sangat jarang ini

Agustus 27, 2013

@Untje van Wiebssama sama ya Una....

Agustus 27, 2013

@Rumah Buku Iqroalhamdulillah.... alhamdulillah.....

Agustus 27, 2013

@Orinpengennya puncak pindahin ke rumah heheheh

Agustus 27, 2013

@Bunda Dzakyklo bagian ke curug mah yg seneng emaknya.. hihihi

Agustus 27, 2013

@Asep Haryonokualitas fotonya kurang bagus pak cuma dari kamera hp aja...

Agustus 27, 2013

@Bibi Titi Teliticama cama yaaa, cium cium juga ah si tante cantik ini

Agustus 27, 2013

@Hanna HM Zwanhahahah.... tetep bocah yaak..

Agustus 27, 2013

Uwoooow, kakak Kanaya pasti seneng ya, nginep di Villa dan jalan-jalan ke Curug Cilember, sampai-sampai nggak mau pulang...

Hehehe, jadi rakyat emang kudu sabar, soalnya yang mau lewat RI 1 bo'...

Agustus 27, 2013

anak2 kalo ketemu tempat yang luas dan sejuk, pasti betah deh ga mau pulang2..hihihi

Agustus 27, 2013

heh? Lebaran ternyata macet juga toh, di Jakarta? Kirain lengang gituh. :D
Btw, maaf lahir dan batin ya say. Salam buat Kanaya. ;)

Agustus 28, 2013

@isnuansaiyaaak.... biarin dah rakyat bermacet macet asal pemimpinnya enggak.... *uhuk..

Agustus 28, 2013

@Desiiya yak seger banget soale tempatnya, biasa di rumah ga ada pemandangan

Agustus 28, 2013

@retma-haripahargioklo jalan utama kek sudirman thamrin sih enggak macet biasanya jalan2 yg bukan utama rada macet juga

Agustus 29, 2013

Hai Kanaya...senang yaa di puncak? Besok2 kalo ke puncak lagi minta agak lamaan dikit biar puas main2nya :)

Agustus 29, 2013

@keluarga Qudsyseneeeng banget tante, pindahan rumah kesana cihuy kali yaaa....:))))

Agustus 29, 2013

ternyata semangat itikaf tetap ada...walau sudah lebaran...semoga semangatnya tetap terjaga....
presiden SBY kok tidak mau merasakan lebaran sama dengan rakyat biasa ya...ikut juga antrian gitu dech.... :-)

Agustus 30, 2013

@BlogS Of Hariyantohehehe yah namapun rakyat kecil harus ngalah sama pejabat pak....

September 01, 2013

kanaya, liburan ke Puncak sangat berkesan ya, sampe nagih minta lagi :)

September 02, 2013

@ndutykeiya tanteee.. asik banget soale

September 03, 2013

apa kabar bun? maaf baru bisa mampir

kakak kanaya seneng ya liburan sama bunda, seru...

September 06, 2013

@Lidya - Mama Cal-Vineeeh ada mama Cal Vin.... alhamdulillah baik mbak.... sudah sehatkah?

September 06, 2013

@Kynandia Iffi Nuraninditaseru abwesshh...:)

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.