Yiuuk bermain peran

Jumat, 06 September 2013

Anak balita perempuan biasanya punya mainan perlengkapan memasak di box mainannya. Dari mulai kompor-komporan berikut tabung gasnya, penggorengan, magicjar sampai dispenser dan kulkas 2 pintu pun ada. Betapa kreatifnya yang membuat mainan ini. Bunda harus berterima kasih dengan si pembuat mainan, gegara makin beragamnya mainan masak masakan ini jadi membuat Kanaya lebih anteng bermain di dalam rumah.:))))




Kanaya sering bermain peran dengan ayah dan bunda menggunakan mainan ini. Kadang dia berperan menjadi ibu-ibu rempong yang anaknya banyak dan pura-pura sibuk masak sambil gendong boneka. Tapi lain waktu kepengen jadi kakak dengan beberapa adik boneka .

Kanaya : ayah kita main yuk, ayah jadi mamanya ya, aku jadi kakak
Ayah     : lho.. ayah kan laki-laki masa' jadi mama, harusnya jadi papa dong
Kanaya : Ya enggak apa-apa lah, ayah jadi mama aja yak....
Ayah      : *berperan jadi mama yang rempong

Kanaya juga senang berperan sebagai penjual dengan menjejer semua mainan seperti sedang berjualan sungguhan. Dilengkapi juga dengan potongan-potongan daun yang dia petik dari tanaman di depan rumah. *kekepin pot bunga. Kalau bosan dengan mainannya, dia akan memakai peralatan dapur sungguhan milik bunda. Jadi berjejerlah panci, talenan, penggorengan dll di teras tempat dia biasa bermain.

Rumah jadi berantakan sih pastinya, tapi rasanya senang sekali melihat Kanaya serius memainkan perannya dengan gaya yang lucu dan bunda dilarang keras tertawa karena biasanya dia ngambek kalau ada yang mentertawakan tingkahnya itu.


Kanaya : bunda, mau beli jualanku gak
Bunda   : iya mau mau
Kanaya : mau beli apa bu...
Bunda   : gado gado deh
Kanaya : gado gadonya habis bu
Bunda   : rujak aja deh
kanaya  : rujaknya juga habis bu
bunda    : trus jualan apa dong niy kok pada habis semua...
Kanaya : yg jualan udah pada pulang kampung bu, jadi ga jual lagi...
Bunda   : *nyengir

 Tidak perlu cari hiburan kemana mana, cukup melihat kerempongan Kanaya main masak masakan saja sudah cukup menghibur hati.


Bermain peran sepert ini kelihatannya memang sepele ya, tapi ternyata punya banyak manfaat buat perkembangan anak-anak lho..
  1. Mengembangkan Kreativitas
  2. Mengembangkan Imajinasi
  3. Meningkatkan Keterampilan Bersosialisasi
  4. Meningkatkan Percaya Diri
  5. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa
  6. Membangkitkan Semangat Bekerjasama dan Saling Menghargai
  7. Meningkatkan Keterampilan Motorik
  8. Melatih Kemandirian

Wah, dari hal kecil seperti ini ternyata punya manfaat yang banyak. Jadi hayuuk deh gpp rumah berantakan, Kanaya boleh bebas mengekspresikan diri. Insya Allah bunda akan selalu memfasilitasi untuk tumbuh kembang little Princess ini. Mmmmuah....


21 comments

September 06, 2013

wah kalo bahas tentang role play,jd inget mas akuliah dulu materi psikologi perkembangan :D

main bersama yuk kakak kanaya hihi

September 06, 2013

Sama banget sih, Dzaky juga suka tuh pura2 jualan.. Kadang jual guling, martabak, dll... Kalo sekarang lagi suka berperan sebagai Udin, terus bunda jadi mama Udin, abinya jadi papa Udin.. hahaha aya aya wea ya anak2...

Pinter selalu ya Kanaya ^^

September 06, 2013

hihihihihi... Dija juga sering bermain peran begitu.
seringnya jadi pembeli dan penjual, putri dan pangeran....

kalo berlagak ibu ibu yang masak sih jarang yaaa
soalnya emaknya gak bisa masak sama sekali
dija gak pernah lihat emaknya masak sih
hahahahahahhahahahaaa

September 06, 2013

Kanaya : yg jualan udah pada pulang kampung bu, jadi ga jual lagi...

>> muhahahaha kanayaaaa! bungkus ni yaaaa! *gotong kanaya ke surabaya*

September 07, 2013

sy malah kebalikannya. Paling bingung cari mainan buat anak perempuan. Nai bosenan. Sampe akirnya ketemu yg bikin dia anteng, yaitu perlengkapan gambar :D

September 07, 2013

like it, hehe.. dah lama ga liat anak kecil lucu2, Rin

September 07, 2013

Sama dong kaya Samara...
Bbiar kata rumah erantakan kaya pecah tapi gak masalah yaa...biar anak kreatif :)

September 08, 2013

suka deh jawaban kanaya "yg jualan udah pada pulang kampung bu, jadi ga jual lagi..."
hihihi..lucuu dan pintar :)) *hugs kanaya

September 09, 2013

@Hanna HM Zwanhayuuk dibagi bagi ilmunya... :)

September 09, 2013

@Kynandia Iffi Nuraninditahayuuk, kamyu jadi apa niih...

September 09, 2013

@Bunda Dzakywkwkwk... klo Kanaya seringnya nyuruh bunda dan ayah berdiri saling pegangan tangan trus disuruuh ikutan loncat loncat kaya Barney.....

September 09, 2013

@Elsajadi malu aah mba Elsa, bunda Kanaya juga jaraang masak, dia begitu karena lihat mbahnya masak... wkwkwkw.... ketawan deh aslinya

September 09, 2013

@ndutykeabis di bawa ke surabaya balikin lagi ya meeeem... hihihi

September 09, 2013

@Keke Naimaiya ya bun, anak2 punya kesenangan masing... klo di rumah Kanaya main beginian lumayan bisa ditinggal nyetrika hehehe

September 09, 2013

@hilsyahayiiuk si kaka dikasih adek lagi...*eeeh

September 09, 2013

@keluarga Qudsynah bagian beresin rumah ini nih yg masih jadi PR bundanya.... next time samara main sama Kanaya yiuuk

September 09, 2013

@Enny Mamitoitu gegeara sering denger aku ngobrol sama mbahnya tentang para penjual sayur yg pulkam menjelang lebaran mbak... xixixi

September 10, 2013

hahaha penjualnya pulang kampung...bisa aja deh kamu Kanaya...pinteer.. ;D

September 11, 2013

@Desihehehe celoteh bocah, begitulah....

Jadi inget masa-masa kecil main masak-masakan,dokter-dokteran

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.