Bento Untuk Kanaya

Selasa, 15 April 2014


Postingan kali ini, bunda ingin membahas tentang “ behind the scene” bekal sekolah Kanaya. Tsaaaah gaya banget inih bundanya....

Berhubung Kanaya termasuk picky eater, bunda harus berpikir keras bagaimana caranya supaya Kanaya mau makan. Alhamdulillah di Play group ada acara makan bersama, jadi mau tidak mau setiap anak harus membawa bekal dari rumah. Hari pertama sekolah bunda bekali Kanaya dengan 4 potong martabak mie, dan kaget campur senang saat pulang sekolah hanya tersisa 1 potong. Mungkin buat anak lain ini hal yang biasa, tapi buat Kanaya yang tidak bernafsu dengan makanan apapun, pencapaian ini menjadi prestasi untuknya. Bunda langsung peluk dan ciumin Kanaya lho saking senangnya. *aah sungguh emak yang lebay.

Bekal selanjutnya, masih yang praktis praktis aja. Spageti, bola-bola mie, roti tawar, nasi goreng, makaroni skutel dll. Pernah agak ribet waktu bikin lontong buatan mbah yang dibungkus kecil kecil sesuai porsi Kanaya. Membungkusnya dengan daun ternyata memakan waktu lumayan lama. Alhamdulillah Kanaya suka, sayangnya lupa bunda dokumentasikan.



Nah belakangan ini, bunda mulai rajin membuat bento untuk bekal Kanaya. Sebenarnya sih dari sejak Kanaya sekolah sudah niat mau bikin bento, tapi kurang pede. Setelah bunda coba ternyata jadi ketagihan membuat bento lagi. Kerempongan di pagi hari jadi makin bertambah sejak bunda membuat bento. Syukurnya, Kanaya hanya bersekolah 3 kali dalam seminggu, dan hari sabtunya bunda bisa lebih santai membuatnya karena tidak khawatir terlambat ke kantor.

Nah ini dia beberapa bento yang berhasil bunda buat, masih acak-acakan sih, tapi ayah kasih semangat terus ke bunda supaya lebih pede. Makasih ayaaah....


Bento piano ini dibuat mendadak, karena tiba-tiba sebelum berangkat sekolah Kanaya request pengen nasi gambar piano. Haduuuh pertama kali bikin bento kok permintaannya macam-macam. Buku bento yang bunda beli sampai bunda sembunyikan, karena khawatir Kanaya minta dibuatkan bento yang rumit, padahal emaknya ini kan masih pemula di bidang perbentoan.

Nasinya kurang padat dan terlihat berantakan, tuts pianonya yang atas bunda buat dari tahu goreng, padahal kalau di buku pakai nasi juga. Potongannya enggak rapi dan beberapa kali bongkar. Karena kehabisan ide akhirnya supaya terlihat penuh bunda iris telur dadarnya. Yaaaak, meskipun enggak mirip-mirip amat tapi yang penting Kanaya senang. 


Bento selanjutnya bunda buat nasi berbentuk Hello Kitty. Ternyata membuat nasi kepal ini tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi bento tools juga belum lengkap jadi semuanya serba manual. Memotong wortel dan norinya pun kurang rapi. Kumisnya sampai tiga kali bongkar lho. Sebenarnya yg dipinggir itu bunga sosis yang kelopaknya dari telur, eh ternyata telurnya terlalu tebal dan sosisnya mekar. Bento yang kedua ini lumayan puas, meskipun pontang-panting membuatnya karena nyaris terlambat ke kantor.



Malam hari sebelum tidur Kanaya minta dibuatkan Nasi Pinguin untuk bekal esok hari. Bunda pakai bahan-bahan yang ada di kulkas saja. Kali ini sudah lebih cepat membuatnya, penguinnya juga bisa langsung jadi. Octopusnya dari sosis yang ujungnya dibelah 4. Judul bentonya persahabatan pinguin dan octopus. Hihihi, maksain bener persahabatannya. Kanaya senang sekali sampai ngucapin terima kasih berkali kali. 



Nah bento sleeping beauty ini sebenarnya keinginan bunda bukan permintaan Kanaya seperti biasanya. Dia hanya meminta ditambahkan guling dari sosis supaya si putri lebih nyenyak tidurnya. Eeeaaaaaa......Membuatnya mudah ternyata, meskipun agak lama saat membuat badannya. Bantalnya dari tahu goreng, selimutnya dari telur dadar dan motif selimutnya dari wortel rebus. Bunda masih harus belajar nih membuat telur dadarnya karena warnanya masih tidak merata.

Rempongnya bunda membuat bento ini terbayar saat Kanaya menghabiskan ¾ bekalnya. Bunda jadi semakin semangat belajar membuat bento yang lebih bagus lagi. Apapun akan bunda lakukan supaya Kanaya mau makan dengan lahap.

Bento yang bunda buat masih sederhana, tapi percayalah nak bunda membuatnya dengan penuh cinta dan harapan semoga Kanaya semakin bertambah terus nafsu makannya, mmmmmuuaaaaccchhhhh.....

 

28 comments

lucuuu,, Kanaya makn semangat makannya ya. Aku mau makaroninya bun :)

April 15, 2014

Wah keren mbak.. Kanaya pasti senang ya, mbak Rina kreatif banget :)

April 15, 2014

kreatif nih bunda kanaya. ada cetakan utk bento nya ya bunda...

April 15, 2014

hehehehe..lucu banget mbk,g kebayang gimana rempongnya bikin bento...^^

April 15, 2014

Kanaya pasti senang & bangga nih pas makan di sekolah. Ayo semangat bunda.

April 16, 2014

Bundanya kreatif banget. Bentonya lucu2, Mba. Saya koq jadi pingin buat. Untuk bekal dibawa kerja. Hahaha

Kanaya makin lahap makan pastinya.

April 16, 2014

Kreatif banget mbaaa.. btw itu yg bento piano Ok lhoo bentuknya :D

April 16, 2014

ini mah kreatif mbaaaa...aku malah ga bisa samsek bikin ginian... hihihi

dan Alhamdulillah Kanaya seneng makannya... ;))

April 16, 2014

Sederhana tapi keren dan pastinya enak serta bergizi ya Bento buat kanaya...

April 16, 2014

Sini sini kemari mb ;)

April 16, 2014

Masih belajar kok mak nop, ini juga alakadarnya ;)

April 16, 2014

Sebagian besar tidak sy cetak mb, di bulet buletin aja pakai plastik

April 16, 2014

Iya beneeer rempong banget buat pemula kek saya ini

April 16, 2014

Iya teh dia pamerin ke guru dan teman temannya, bocah yaa

April 16, 2014

Eeh ayoo bikin bento buat bekal makan di kantor ok juga lho

April 16, 2014

Haduuh mosok sih ye, aku pikir kurang mirip soale tuts pianonya mletat mletot hihi

April 16, 2014

Pasti bisa deh des ayoo cobain untuk radit

April 16, 2014

Aamiin ya mba semoga bisa bikin kanaya jd doyan makan

April 16, 2014

bikin Kanaya jadi makin lahap makannya, ya

April 18, 2014

wah, harus dibiasakan makan yang baik sejak dini nih, biar ngga terlanjur malas makan sampai gede seperti saya :)

April 18, 2014

Aku udah bisa bikin yang octopus Pengen coba bikin yang pinguin

April 19, 2014

@Keke Naimaalhamdulillah bunda, ada perubahan

April 19, 2014

@jarwadihehehe iya bettuull

April 19, 2014

@Ika Koentjoroayo mba bikin pinguinnya, nti di share yaa

April 19, 2014

ini kenapa reply komentar jadi berantakaan begini yaa

April 21, 2014

Bentonya lucu-lucu dan keren. Bunda Kanaya kreatif banget, bisa tuh buat buku bento ala bunda kanaya :D

April 23, 2014

Kanaya pasti seneng banget nih.. :)

April 28, 2014

supaya anak semangat makannya ini trik yang bagus. ibu yang kreatif.

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.