Selamat Tinggal Botol-Botolku....

Rabu, 26 Maret 2014


Sudah setahun lebih Bunda dan Kanaya melewati weaning with love yang penuh drama itu. Menjadi kenangan yang indaaaaah sekali. Kadang kangen kepengen bonding dengan cara menyusui seperti itu lagi. *kemudian komentar pun bermunculan.....Makanya Kanaya dikasih adek doooong.... :)))

Untuk Kanaya, proses menyapih harus dilewati lagi, yaitu menyapih botol susu. Sebenarnya ketika Kanaya lahir, bunda sudah bertekad tidak memberikannya botol susu sebagai media pemberian asip. Selain membuat bingung puting, ternyata botol susu juga tidak bagus untuk pertumbuhan gigi. Tapi apa daya, bunda harus berdamai dengan keadaan,..... tsaaaaah.

Setelah sekian lama akrab dengan botol-botol susu, sudah saatnya Kanaya harus mengucapkan selamat tinggal. Bukan perkara yang mudah yaa ternyata. Setiap malam bunda sudah hypno, selalu diberi pengertian juga kalau sekarang Kanaya sudah besar dan minum susunya dari gelas aja, tapi yaaa..... begitulah. Prakteknya tidak semudah teorinya.

Suatu hari bunda bbm an sama gurunya di play group, mau minta bantuan supaya Kanaya makin termotivasi untuk meninggalkan botolnya. Bu guru bercerita bahwa anak-anak PG yang berjumlah lima orang itu selalu ditanya setiap pagi, siapa yang minum susunya dari gelas, tidak dari botol lagi?, dan semuanya mengangkat tangan termasuk Kanaya. Setelah di cek ke orang tua masing-masing ternyata kelima anak itu masih menggunakan botol susu semua. Waduuuh.... ternyata mereka punya rasa malu mengakui yang sebenarnya.

Berbekal dari cerita bu guru akhirnya bunda mencoba berdialog dengan Kanaya. Nay, kata bu guru, sekarang Kanaya minum susunya tidak pakai botol lagi ya, sudah pakai gelas?. Dia tidak menjawab tapi malah tersenyum malu-malu. Waah bunda senang deh, berarti nanti malam kita sudah tidak pakai botol lagi yaa? Kanaya menggeleng tidak setuju. Eeaaaa....

Malam berikutnya tiba-tiba dia bilang, bunda botolnya dibuang aja deh, aku minum susu dari gelas aja. Bunda agak kaget tapi langsung bergegas mencari kantong plastik. Bunda meminta dia sendiri yang memasukkan botol-botol itu di kantong plastik. Ok yaa... ini Kanaya lihat sendiri kan botolnya mau kita buang, jadi besok tidak boleh menangis ya kalau minum susu tidak ada botolnya. Kanaya menggangguk mantap.

Yaaaah namapun anak-anak ya, susah untuk konsisten, orang dewasa juga hihi. Besoknya dia menagih botol susu tapi bunda tetap membujuknya untuk minum susu dari gelas. Supaya lebih semangat bunda belikan beberapa gelas yang lucu-lucu. Yang masih agak sulit itu saat menjelang tidur, biasanya Kanaya asyik dengan botol susunya sampai terlelap. Tapi sekarang dia jadi agak sulit tidur dan kadang-kadang rewel. Supaya tidak terlalu drastis perubahannya, bunda berikan dia gelas spout yang bisa digunakan sambil berbaring. Sekarang sudah mulai jarang menggunakan spout karena tidak terlalu nyaman seperti botol susu.

Alhamdulillah ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, Kanaya cepat sekali beradaptasi. Sudah hampir sebulan ini dia tidak menggunakan botol susu lagi. Setiap kali dia teringat botolnya, bunda selalu bilang, eeh lupa ya kan botolnya sudah dibuang, anak besar minum susu dari gelas kan. Dia langsung tersenyum malu.

Alhamdulillah Allah memudahkan proses ini. Sehat dan makin cerdas yaaa cah ayuuuu.....


27 comments

Maret 26, 2014

Ahhh... senangnya... Kanaya sudah pintar ya minum di gelas :)

Maret 26, 2014

Kanaya dah besar ya, dah ga minum susu pake botol lagi, hebat. dua jempol untuk Kanaya :)

Maret 26, 2014

toss ah sama Kanaya...Radit juga udah disapih dari botolnya..gara2 skrng minum uht, jadi langsung dari kotaknya langsung... ;)))

Wah, saya pernah ngajar di TK bunda. Dan jurus seperti di atas, tanya tiapa pagi pada anak-anak yg masih pakai dot alhamdulillah berhasil. Mereka sampai di rumah langsung minta minum pake gelas. Mungkin memang karena malu kali yaa ma teman-temannya. Pun Cara ini bisa diterapkan untuk anak yg masih suka pake pampers tiap mau tidur malam.

Allhamdulilah Kanay asudah besar, jadi sekarnag koleksi gelas ya hehehe

Maret 27, 2014

Horeee...selamat ya Kanaya :)

Alhamdulilah Samara udah say good bye dengan botol susu sejak usia 1 tahun 11 bulan, saat mau ultah yang kedua, Samara gak mau minum ASIP lagi.
Sebagai gantinya minum UHT dan beruntung banget dg UHT bikin anak bebas dari ketergantungan botol susu.

Maret 27, 2014

Mantap Kanaya.. aku juga lg ngajarin Millie nih, kdg inget, kdg lupa dia, smoga sih ga lama lg sama ky Kanaya :)

Maret 27, 2014

@Nophialhamdulillah... dan emaknya pun legaaaa...ga usah nyuci botol lagih :)))

Maret 27, 2014

@Sarahtambahin dua jempol kaki dong kakakk...

Maret 27, 2014

@Desiiya sekarang juga udah beralih ke UHT

Maret 27, 2014

@Ika Hardiyan Aksariiya niy ternyata peran guru juga efektif yaaa...

Maret 27, 2014

@Lidya - Mama Cal-Viniya gelasnya request gambar ini itu, tinggal emaknya puyeng nyari kemana mana...

Maret 27, 2014

@keluarga Qudsyiya Yan, rasanya senaaaang banget udah ga nge botol lagi

Maret 27, 2014

@Yeyeiya samaan kanaya juga masih inget botolnya tapi karena udah ga ada penampakannya jadi paling cuma sebentar aja nagihnya...

Maret 27, 2014

waah kanaya sudah pinter mau minum susu pake gelassss....peluk cium...:)

Maret 27, 2014

Siapa yg pagi ini gak mandi?. Pasti gak ada yg angkat tangan. :D
Ternyata anak kecil bisa menutupirasa malu ya. Hihihi

Enakan pake gelas lho, Kanaya. Bisa nambah teruuus.

Maret 28, 2014

hahaha... kanaya kepinteran! :-P
kalah bundanya niiih.. hahaha...
aku paling suka yg pengaturan hari dan waktu pipis berdiri - jongkok... sippp kanaya... jago manajemennya.. hihihi.. ^_^

Maret 28, 2014

jiaaah kan aku salah kasih komen di postingan.. komen di atas harusnya buat postingan yg "jawaban ajaib" hahaha..
*buka windows berbarengan*

Maret 28, 2014

pinter Kanaya.. memang harus kerjasama dgn gurunya ya mbak... ^_^

wah kanaya memang pintar dan hebat sekali,

Maret 28, 2014

@Lyliana Thiaiya mau sungkem ah sama bu gurunya....hehehe

Maret 28, 2014

@Obat Kanker Prostataamiin... alhamdulillah ... terima kasih

Maret 28, 2014

Kanaya pinter, sudah tdk minum susu pake botol lagi :)

April 02, 2014

@Santi Dewialhamdulillah tantee...:)

April 02, 2014

dede Kanaya banyakin mimik susu ya biar tambah sehat dan pintar :-)





Silahkan singgah di WEB kita mbak/mas :-)
buat anak-anak mbak/mas yang mau belajar
www.ditokokita.com

April 06, 2014

kalau pindah ke botol WWLnya jadi 2x, ya. Alhamdulillah, Kanaya udah bisa minum di gelas. Selamat, yaaa :)

April 15, 2014

kanaya kan udah besar, jadi tidak perlu lagi botol itu.. :)

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.