Kanaya 40 Bulan

Kamis, 24 April 2014


Sebelum bunda kembali sibuk dengan laporan akhir bulan, yiuuk posting dulu tentang perkembangan Kanaya.

20 April ini pas banget 40 bulan. Makin banyak perkembangannya yang kadang terlupa bunda catat dan didokumentasikan di blog. Perkembangan yang paling menonjol adalah, Kanaya mulai menunjukkan “ aku bukan anak kecil lagi dan aku tidak mau di atur “ Sebagai emak-emak tentu saja urusan atur mengatur sudah menjadi kebiasaan sehari hari, lha jadi gimana dong kalau anaknya sudah tidak mau di atur. Sumbu kesabaran kayanya harus dipanjangin lagi nih. Tapi belakangan ini bunda sudah menemukan triknya. Kanaya memang tidak mempan dengan kata-kata larangan, dia harus diajak berdialog disesuaikan dengan pola pikirnya. Seperti kejadian sore itu, dia keukeuh minta keliling komplek naik motor dengan ayahnya, padahal di luar gerimis dan menjelang magrib

Kanaya : nda aku mau naik motor sama ayah (padahal ayahnya juga sudah menolak)
Bunda : sebentar lagi magrib nak
Kanaya : aaah bunda... kan cuma sebentar aja (mulai menangis)
Bunda : di luar juga gerimis tu, mendung banget mau hujan lebat
Kanaya : gapapa kan bisa pakai payung
Bunda : kalau pakai payung gimana caranya? Kan ayah pegang setir motor, Kanaya pegangan ayah, trus payung siapa yang pegang
Kanaya : *terdiam seperti berpikir, kemudian tidak jadi menangis dan langsung beralih ke mainannya

Dalam beberapa permintaan yang tidak bisa dipenuhi, bunda juga terapkan dialog yang memancing Kanaya untuk berpikir. Alhamdulillah banyak suksesnya meskipun kadang tetap saja menangis. Bunda selalu berusaha untuk tidak berbohong supaya tangisnya reda. Kalau dia menangis dan sulit dihentikan, bunda diamkan saja, biasanya Kanaya yang mendekati bunda dan kita saling minta maaf.



Saat ini Kanaya juga sedang senang menggabungkan huruf. Bunda tidak pernah secara khusus mengajarkan karena masih ingin membiarkannya bermain dulu tanpa membebani dengan belajar yang serius, tapi ternyata dia malah banyak belajar dari buku-buku miliknya. Setiap melihat tulisan dia sebutkan semua huruf hurufnya dan dengan pede nya membaca tulisan tersebut sesuai imajinasinya. Seperti saat dia melihat tulisan sharp di kompor bunda, dengan penuh keyakinan dia baca, kooom pooor, sambil menunjuk tulisan dengan jarinya atau membaca tulisan honda dengan mooo tooorrr. Hihihihi



Sudah hampir seminggu ini Kanaya jadi sering takut dengan kegelapan. Lampu dapur yang agak remang juga membuatnya jadi malas mengambil minum sendiri. Padahal sebelumnya kalau sudah kebelet pipis dia berani pipis sendiri di dalam kamar mandi tanpa lampu menyala. Beberapa kali mati listrik juga dia tidak pernah ketakutan, malah kadang-kadang masih bernyanyi sementara bundanya mencari lilin. Kalau malam hari ayah sedang tidak di rumah, dan bunda keluar kamar mengambil susu dia berani ditinggal sendiri dalam kondisi lampu dimatikan.

Tadi malam saat sedang berdua di kamar sambil becanda, tiba-tiba lampu mati, Kanaya langsung reflek memeluk bunda. Ketika bunda tanya kenapa Kanaya jadi sering takut, dia tidak mau menjawab hanya tersenyum saja. Mudah-mudahan tidak ada kejadian yang membuat dia trauma ya. PR buat bunda nih untuk berdialog lagi dengan Kanaya.

Untuk perkembangan fisik, belum banyak perubahan. Sempat terpikir untuk kembali konsultasi ke dokter. Tapi lagi bingung mau ke dokter mana lagi. Teman-teman bunda hampir semua bilang, enggak apa apa Kanaya mungil, yang penting sehat, aktif dan cerdas. Iya sih , memang Kanaya normal dalam perkembangan motorik dan kecerdasan. Dia juga juga jarang sekali sakit. Batuk atau pilek cukup diberi madu biasanya beberapa hari langsung sembuh. Cuma mungkin karena tubuhnya mungil sekali, jadi bunda sering khawatir. Etapi alhamdulillah belakangan ini porsi makan Kanaya sudah ada peningkatan. Apalagi sejak bunda buatkan bento sebagai bekal sekolahnya, dia jadi lebih lahap makannya. PR lagi buat bunda supaya Kanaya mau makan buah dan lebih banyak makan sayur.


Doa ayah dan bunda selalu untukmu little princess, semoga Allah selalu melindungimu dimanapun berada di luar pengawasan kami. ( efek sereeem baca berita di salah satu sekolah elit)

Oya, cerita ayah, bunda dan Kanaya mengisi libur long weekend kemarin diposting di blognya bunda yaaa...


















18 comments

Selamat ulang bulan ya Kanaya. Gaya bacanya asyik banget sih

April 24, 2014

Selamat ulang bulan Kanaya, smoga makin pintar dan giat bacanya yaa ^^

April 24, 2014

Selamat Ulbul Kanaya :*

April 24, 2014

Kanaya.... selamat ulbul ya...
Makasih mbak Rina sharignya, pelajaran banget :)

April 24, 2014

happy ulbul ke 40 Kanaya...

Biar mungil tapi aktif ya, fai juga gitu Bun...dsa cm bilang, anaknya bakat kecil..gitu katanya.

April 24, 2014

hai anak cantik.
makin gede makin pinter nihyeee...
tanteu doaken semoga tetep nurut sama ayah bunda ya nduk :)

April 24, 2014

Kanaya, met ulbul :)

April 25, 2014

@Lidya - Mama Cal-Viniyak mbak, banyak gaya niy kanaya hehehe

April 26, 2014

Kanaya, kita samaan. Gak suka kegelapan. Abisnya bikin prngap, ya. Hahaha.

Met ulang bulan buat Kanaya.

April 26, 2014

@SunDheaamiin.... makasih yaaa

April 26, 2014

@Yeyemakasih tante yeye....

April 26, 2014

@Nophialhamdulillah klo bermanfaat ya

April 26, 2014

@fitri anitaiya sama mba dsa naya juga bilang ini mungil nurun dr bundanya

April 26, 2014

@ndutykehaiii tante cantik... makasih ya dah mampir kesini

April 26, 2014

@Keke Naimamakasih bundaaa...

April 26, 2014

@Idah Cerisbaru belakangan ini sih takutnya sebelumnya berani hehe

April 27, 2014

Kanaya udah mulai sak karepe dhewe yaa... Kayanya umur segitu emang masanya yaa.. Aku juga lagi banyak2 sabar karena Samara mulai begitu dan nanti marah2 gak bisa dilarang. Soburrr...sobuurrr :)

April 28, 2014

@keluarga Qudsyiya bener, usia segini memang harus nyiapin stok kesabaran seeebanyak banyaknya

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.