Belajar Membaca

Minggu, 01 Maret 2015

Menurut beberapa artikel yang pernah bunda baca, sebaiknya anak usia di bawah lima tahun tidak diajari membaca, menulis dan berhitung karena otak anak-anak belum siap untuk menerima hal-hal kognitif.

Makanya, bunda tidak mengharuskan Kanaya bisa membaca di usianya yang baru 4 tahun ini. Bunda biarkan dia puas bermain, dan aktif bergerak kesana kemari, tanpa harus dibebani dengan kewajiban bisa membaca. Meskipun tetap bunda mengenalkan huruf sambil bermain. Kanaya juga banyak mengenal huruf dari CD Barney yang dia tonton, meskipun akhirnya jadi kesulitan saat mengenalkan huruf dalam versi Indonesia. Untungnya ada CD Diva yang memberikan pengetahuan tentang huruf dalam bahasa Indonesia dengan cara yang menyenangkan.

Suatu hari bunda dibuat kaget saat Kanaya mengeja b u, bu. K u, ku, buku. Bunda pikir dia hanya menghafal saja , tapi saat diminta mengeja lagi dua suku kata yang lain ternyata dia bisa. Bunda tanya apakah di sekolahnya (Playgroup) diajarkan membaca? Dia bilang tidak. Saat bunda tanya mbah, yang dari pagi sampai sore bersama Kanaya, beliau bilang tidak pernah mengajarkan Kanaya membaca secara khusus, tapi Kanaya sering bertanya kalau huruf L digabung dengan A bunyinya apa, K dengan O jadinya apa dst. Bu guru Kanaya di Playgroup juga heran saat Kanaya sudah bisa membaca kalimat sederhana serta menuliskannya dan mengira bunda mengajarkan baca tulis di rumah.

Saat ini Kanaya senang berburu huruf ng (eng) karena menurutnya bunyinya unik. Jadi setiap ada kalimat di buku yang ada huruf ng nya dia langsung heboh sendiri. Horeeeee aku nemu 'eng'. Kanaya jadi senang mengeja dua suku kata ditambah ng seperti burung, benang, senang, dll. Terlihat sekali dia selalu penasaran dengan ejaan-ejaan yang baru, setiap ada tulisan di pintu, di lemari atau di dinding dia antusias mengejanya.

Sebelum tertarik membaca, Kanaya sering asal menebak. Saat ada tulisan sharp di kompor dengan pedenya dia baca ini kompor, atau ada tulisan world di jaket ayah, dia baca sambil ditunjuk “jaket ayah”. Wkwkwkwk. Sekarang setiap kesulitan mengeja huruf dia pasti akan bertanya ini mengejanya gimana atau ini bacaannya apa. Pernah juga ada dia berhasil membaca kalimat desi beli dasi, kemudian bertanya, bun, desi itu kan perempuan, kok dia beli dasi?. Jadi setiap kalimat yang sudah dibaca selalu ada sesi pembahasannya juga. *eeeaaaaa. Bunda yang agak bingung hanya menjawab, ooh dia beli dasi untuk ayahnya.... :)

Sebenarnya bunda agak galau juga dengan percepatan ini, apakah nantinya akan berpengaruh terhadap psikologisnya apabila sudah bisa membaca di usia dini. Tapi masak sih anak lagi senang belajar membaca malah dilarang, yang paling penting kan ayah dan bunda tidak pernah memaksanya kan ya. 


28 comments

Maret 01, 2015

saya juga sering mendengar hal itu, Mbak. Katanya anak balita dilarang belajar calistung.

Tapi, saya mengartikannya itu kalau anak memang 'dipaksa' belajar memang gak boleh. Maksudnya, anak harus duduk manis dan diharuskan bisa menangkap apa yang diajarkan. Saya percaya kalau itu dilakukan akan mempengaruhi psikologisnya. Karena dunia anak itu, kan, dunia bermain.

Tapi, kalau kita mengajarkannya dengan cara bermain tanpa ada paksaan kayaknya gak akan bermasalah, deh. Karena yang dirasakan oleh anak itu bermainnya. Padahal sebetulnya dia sedang belajar,

tergantung kesiapan anaknya juga ya bun. Alvin gak di ajarkan tapi malah minta sendiri karena sering lihat pascal belajar. Belajarnya santai aja gak sampai 5 menit asal konsisten Allhamdulillah udah bisa baa sekarang.

Maret 02, 2015

makasih sharingnya bunda, bermanfaat sekali nih...

Maret 02, 2015

hehehe... Kanaya lucu deh...
saya sendiri di rumah mengajarkan anak2 calistung, tapi dgn catatan, anaknya sendiri yg meminta. Saya tdk pernah memaksa anak2, atau menganjurkan anak2 utk bisa calistung. Mereka sendirilah yg meminta saya utk mengajarkan calistung. Kalau tdk dituruti, sayang menurut saya. karena seperti menghambat keinginannya.

Maret 03, 2015

@Keke Naimaiya bun, mungkin yang dimaksud apabila dipaksa untuk bisa membaca yah, selama ini pun kanaya belajar membaca sambil bermain

Maret 03, 2015

@Lidya - Mama Cal-Vinsepertinya ini salah satu pengaruh dari halo balita ya mbak....hehehe

Maret 03, 2015

@Dwiex'z Someosama sama yaaa

Maret 03, 2015

@Santi Dewiiya yah mbak, apalagi kalau semangat begini sayang kalau dibiarkan saja

Maret 03, 2015

Kanaya itu pinter loh makk..
Nangkepnya cepet.. makanya cepet bisa..
Gak ada yg salah dgn kecepetan mak, mgkn udah alaminya begitu..

Salam utk Kanayaa ^_^

Maret 04, 2015

Kanaya pinter bangeeettt deh :*
ga usah khawatir mba...Kanaya bisa karna dia emang yang pengen bisa..jadi kayaknya emang Kanaya yang bakatnya pinter nih ;)))

Maret 05, 2015

Pinternya Kanayaa..

Maret 05, 2015

LAnjutkan saja mbak. jangan melarang anak membaca. arahkan saj apa yg bisa dibaca.

Maret 05, 2015

@Lyliana Thiaaamiin... iya mba Thia kalau dikasih tau kesannya cuek tapi kalau ditanya lagi dia faham...

Maret 05, 2015

@Desi aamiin... alhamdulillah.... hampir semua anak-anak itu kritis yaa...

Maret 05, 2015

@Kania Ningsihaamiin... alhamdulillah... makasih

Maret 05, 2015

@Susindrabaiklah mbak, insya Allah diarahkan terus :)

Maret 05, 2015

selama si anak mau dan mampu, aku pikir sih gak papa ya...
aku inget, dulu aku sebelum masuk TK sudah bisa membaca. dan baik baik saja tuh...
dan lagi sekarang ini, banyak SD yang menerapkan murid baru harus sudah bisa membaca. jadi serba salah juga. Mau diajarin membaca, si anak belum waktunya. Tapi kalo gak diajarin membaca, ntar keburu telat karena masuk SD sudah harus lancar membaca.
jadi akhirnya yaa... selama si anak mau dan mampu, kita juga gak memaksa... ya kenapa nggak diajarin.

btw, Kanaya kelihata sudah besar banget yaa

Maret 05, 2015

aku sudah bisa membaca, tapi sedikit sedikit, hehehehhe

Maret 05, 2015

Bentar lagi kak kanaya udah bisa baca buku sendiri niiih..:)

Maret 06, 2015

umur 4 tahun udah pinter membaca iya mba :)

Maret 07, 2015

Psykologi perkembangan juga berkata demikian agar anak tdk mudah bosan jika sdh tiba usianya

Maret 07, 2015

alhmdulilah dpt ilmu parenting lg

Maret 09, 2015

@Elsaiya, yang penting aku tidak pernah memaksanya ya, kalau dia enjoy dengan aktivitasnya, bundanya hanya tingal mengarahkan

Maret 09, 2015

@DIJAsedikit sedikit lama lama jadi lancar ya Dija...

Maret 09, 2015

@Dewi Riekaaamiin... mudah-mudahan yaa, emaknya jadi ga bacain lagi... hihii

Maret 09, 2015

@Ipah Kholipahbelum pintar sih, masih terbata bata

Maret 09, 2015

@Mawardiiya betul yang dikhawatirkan seperti itu

Maret 09, 2015

@Gustyanita Pratiwialhamdulillah...:)

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.