Kaysan 4 bulan

Jumat, 15 Juli 2016


Alhamdulillah Kaysan sudah hampir 4 bulan usianya, makin gesit, montok dan menggemaskan. Bikin bunda kangen saat di kantor dan kepengen cepat-cepat pulang menciumi pipinya yang gembil.

Ini dia beberapa catatan bunda tentang Kaysan :

S U N A T

Yup, Kaysan sudah disunat lho. Sejak usia dua minggu ayah dan bunda memutuskan Kaysan untuk disunat lebih cepat sebelum dia bisa telungkup sendiri. Awalnya bunda agak ragu karena merasa tidak tega dan sudah membayangkan dia akan rewel selama berhari hari. Tapi justru testimoni dari seorang teman yang 3 anaknya disunat semua sejak masih bayi, membuat ayah bunda jadi tidak ragu lagi ditambah ada beberapa artikel di internet yang malah menyarankan sunat di saat masih bayi.

Meskipun begitu saat Kaysan di sunat, ayah dan bunda malah tidak berani melihat, mbahnya yang menemani di dalam ruangan. Kaysan hanya menangis saat disuntik bius lokal setelah itu tenang dan malah tertidur. Tidak seperti yang dibayangkan, ternyata Kaysan tidak rewel, dia menangis hanya saat ingin menyusu saja. Setelah tiga hari lukanya sudah mengering karena ayah rajin mengolesi dengan minyak but but, tapi baru berani dimandikan setelah seminggu kemudian.

Sunat saat bayi ini belum begitu populer di lingkungan rumah kami, makanya saat tetangga tau, banyak yang heboh dan bingung. Tapi setelah melihat sendiri Kaysan tidak rewel dan lukanya cepat mengering, mereka baru percaya sunat saat bayi itu tidak apa-apa.

BERAT BADAN

Berat badan Kaysan saat lahir hanya 2.920 kg, tapi beberapa minggu setelahnya langsung mengalami kenaikan yang pesat. Pernah dalam sebulan naik sampai hampir 2 kg. Alhamdulillah hanya asi saja tanpa tambahan sufor, dan alhamdulillah lagi Kaysan terlihat montok jadi bunda tidak perlu berdebat dengan orang-orang yang bilang kalau bayi kurus karena ASI nya jelek. Maklumlah ya bagi sebagian masyarakat ukuran bayi sehat itu ya bayi yang gemuk. Padahal meskipun bayi yang masih ASI eksklusif tidak gemuk tapi tetaplah sehat.

Karena Kaysan gemuk ini sempat membuat khawatir juga karena gerakannya jadi kurang lincah termasuk jadi sulit untuk tengkurep (tengkurep bahasa Indonesianya apa yah) tapi akhirnya dia berhasil tengkurep sendiri pas di saat ulbul yang ke 4. Kemudian jadi berpikir lagi memindahkan kasur ke bawah karena ngeri terjun bebas dari kasur.

P I L E K

Saat Kaysan usia dua bulan, hidungnya mampet karena pilek. Pertama kalinya sejak lahir baru kali ini dia sakit. Banyak tamu yang datang ke rumah dan menciuminya. Seharusnya sih tanpa harus dilarang, bayi tidak diciumi yah, karena kan masih rentan penularan penyakit. Tapiii yaaaah begitulaaah :). Beberapa hari Kaysan rewel, bunda hanya memperbanyak pemberian ASI, bonding dan menelungkupkan badannya di pangkuan sambil di tepuk tepuk tengkuknya. Paling sedih kalau melihat anak sakit apalagi ini masih bayi. Alhamdulillah setelah seminggu sudah sembuh tanpa harus ke dokter.

FANSNYA KANAYA

Kaysan masih bayi tapi sudah mengerti kakaknya. Kalau kakaknya datang dia langsung tersenyum. Kalau menangis seheboh apapun saat mendengar suara kakaknya, dia langsung diam dan menoleh ke arah suara Kanaya. Pokoknya fans beratnya si kakak. Kanaya juga sangat perhatian dengan adiknya, kalau gumoh dia langsung inisiatif membersihkannya, membacakan buku cerita dan paling marah kalau Kaysan nangis tapi bunda tidak segera menggendongnya. Mungkin bayi juga sudah punya feeling yah kalau orang yang perhatian ini adalah kakaknya.

Kaysan sayang, sehat-sehat ya nak.... mmmmuach


6 comments

Juli 19, 2016

ada ponakan juga disunat saat bayi..malahan cepat sembuhnya dan dianya belum paham ya he he he

udah 4 bulan aja nih kaysan

Agustus 02, 2016

@fitri anitaiya bun, itu salah satu pertimbangannya jadi cepat sembuh lukanya

Agustus 02, 2016

YA ampuuuuun...
lama gak mampir kesini ternyata Kanaya udah jadi kakak aja siiiih...

Maap baru tahu yah Bun, selamat yaaaaah :)

Tapi kayaknya aku udah lama gak dapat notif update dari blog ini lho, tapi gak ganti alamat blog kan yah?

Agustus 03, 2016

@Bibi Titi Telitimakasih ya teh... alamat blog tetep kok ga diganti

Agustus 09, 2016

memang seneng ya mba melihat perkembangan anak-anak yang luar biasa dari waktu ke waktu. He's cute :)

Agustus 10, 2016

@indah nuria Savitriaamiin... makasih ya mbak

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.