MPASI Perdana Kaysan

Rabu, 14 September 2016

Kaysan sudah 6 bulan,, waktunya jadi pendekar meja makan, yeeaayy..... !!!

Belajar dari pengalaman MPASI Kanaya dulu, bunda ingin MPASI untuk Kaysan tidak terlalu kaku karena  mencontek total dari grup,  menyesuaikan saja dengan kondisi dan isi kulkas tentunya. Tapi tetap kepengennya MPASI pertama ini dengan buah dulu, baru setelah itu beranjak ke serealia  selanjutnya sayur asem sama ikan asin peda wkwkwk. Bukannya anti dengan makanan bayi yang instant tapi mosok iya baru mulai makan udah dikasih yang instant. Sengaja di rumah memang tidak menyediakan makanan instant supaya bundanya terpacu menyediakan MPASI homemade. Pakai instant kalau saat bepergian saja itu pun kalau kepepet banget.

Peralatan MPASI semuanya lungsuran punya si kaka, hanya sendok, panci, talenan, mangkok untuk mengukus yang beli baru. Gelas blender juga beli baru karena yang lama sudah buat blender cabe. *beuuuh judule tetap banyak juga yah yang dibeli.

Satu hal yang ingin diterapkan saat MPASI Kaysan adalah, cara pemberian makannya. Tidak ada makan sambil keliling komplek, selain ingin melatih supaya Kaysan makannya lebih tertib, pertimbangan lainnya, berat booo.. udah 8 kilo lebih die, encok laah kalau harus gendong sambil keliling keliling. Meskipun kalau Kaysan engga bisa diem, terpaksa harus digendong tapi tetap di dalam rumah, dan cuma sebentar saja.

MPASI Kaysan hari pertama, bundanya agak nervous, karena dulu pertama kali makan, Kanaya buang muka dan nangis-nangis saat dipaksa *toyor emaknya suka maksa anak. Apakah terjadi juga dengan Kaysan ?. Alhamdulillah dikasih alpukat disaring tambah asip mangap mulutnya. Horeeee...... Kaysan juga suka dengan air putih, disendokin sedikit sedikit engga sabaran, akhirnya dikasih langsung dari gelas dan seketika basah kuyup sekujur badannya. Meskipun sempat rusuh karena rebutan sendok dan wadah makannya, tapi MPASI perdana hari itu terbilang sukses.

Besoknya dikasih pear kukus disaring, mangapnya makin lebar, dikasih pepaya juga enggak nolak. Tapi saat dikasih labu parang tidak selahap saat dikasih buah, meskipun tetap habis seperempat mangkok kecil. Tapi setelah MPASI Kaysan malah tidak pup dua hari, menurut mbah google itu masih wajar. Rada curiga sama si pepaya, jadi di stop dulu pepayanya dan taraaaaa, besoknya pup rapelan keluar juga.

Namapun sedang belajar makan, kadang dia lahap sekali makannya tapi kadang mulutnya dikunci. Bunda belajar untuk tidak memaksa *udah insap. Kalau Kaysan melengos setelah beberapa suapan, langsung di stop, lanjut lagi di sesi makan berikutnya. Pernah saat sarapan setelah sukses makan labu parang plus asip lumayan banyak, dia ngantuk dan bunda menyusui sambil tiduran, tidak berapa lama dia muntah banyak sekali. Mungkin kekenyangan, posisi tubuh berbaring dan langsung sedot asi jadi makanan keluar lagi. Huhuhu sedih banget lihatnya. Ini pertama kalinya Kaysan muntah setelah makan.

Kaysan masih 6 bulan berarti bunda masih bisa santai kek dipantai selau kek di pulau karena makanannya belum rumit. Masih ada kesempatan untuk belajar menyajikan makanan 4 bintang, intip intip resep dari emak-emak di grup dan terutama belajar lagi memasak menggunakan slow cooker yang nganggur sekian lama. *kencangkan ikat kepala

Insya Allah bunda akan selalu memberikan yang terbaik untukmu ya nak.... ketjup.
 
 

6 comments

September 14, 2016

semangat ya Kaysan!

klo si B ini lg kendala dgn sembelit dan p u p keras, hhuhu... pusing pala barbie.

September 14, 2016

Aih...jadi kangen MPASI di awal-awal nih. Dulu Kak Ghifa gampang bgt makannya. Sekarang angot2an dan pintar milih lauk. Wkwkwkwkw.

September 14, 2016

kalo lagi MPASI harus selalu siap engan kotor ya mba , semangat!

September 29, 2016

@-n-sudah coba pear kukus belum bun, biasanya langsung lancar jaya pupnya

September 29, 2016

@Ika Hardiyan Aksari iyah makin besar makin pinter milih yaaa

September 29, 2016

@Kanianingsihsiap kotor dan siap koyo mbak, pegel nurutin geraknya bocah hehehe

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.