19 bulan

Minggu, 20 Mei 2012


Enggak terasa, sudah di angka 19 bulan, putri mungil bunda yang bikin gemes gemes gemes gemes. Alhamdulillah masih ASI meskipun sekarang ada susu tambahan. Makannya masih agak susah tapi di waktu tertentu kadang lahap banget, sampai Kanaya yang meminta makan sendiri. Peningkatan makannya justru di ngemilnya, sekarang ini setiap saat dia meminta kue, agar-agar maupun cemilan yang bunda makan. Makanan favorit masih belum bergeser yaitu krupuk. Kalau dilarang langsung bikin atraksi badan telungkup kaki dan tangan di hentak-hentak sambil meraung-raung (duh bahasanya....) Yah intinya dia akan ngambek berat kalau dilarang makan krupuk. Kriukkk.....

Saat ini masih di terapi enzym oleh dokter langganannya selama satu bulan. Jadi , sebelum makan sore kanaya harus meminum enzym tambahan supaya makanan yang masuk bisa di cerna. Sebelumnya Bunda konsultasi ke dokter karena berat badan Kanaya tidak mengalami peningkatan dan setelah diperiksa di laboratorium, ternyata semua makanan dan zat-zat penting hanya numpang lewat tanpa ada yang terserap. Pantas berat badan Kanaya segitu-gitu aja dan terlihat kurus untuk ukuran anak seusianya. Bunda pernah cerita tentang hal ini disini.


Belum tau sih bagaimana hasilnya karena baru berjalan seminggu, nanti setelah sebulan baru akan diperiksa lagi perkembangannya, mudah-mudahan hasilnya bagus dan enzym dalam tubuhnya bisa bekerja sendiri tanpa harus di bantu lagi enzym dari luar.

Kanaya sekarang ini lagi senang banget bertanya, apa saja yang terlihat aneh dia akan berseru apa niih... apa tuuhhh atau napa siih? Pernah suatu hari ayah dan bunda diskusi lumayan seru tentang suatu hal di depan Kanaya. Diskusi ini terhenti saat wajah polos kanaya menatap ayah dan bundanya bergantian lalu melemparkan pertanyaan....... napa siih.... Jadi bikin ayah dan bunda tertawa, karena mimik wajahnya itu lho serius banget. Duuuh mau taaauk aja deh loooh, kalo kata abege jaman sekarang.

Kanaya juga sudah bisa menyampaikan keinginan terhadap sesuatu. Naya mau itu, naya ndak mau ini, atau unda angan egi (bunda jangan pergi), unda duduk cini cama naya (bunda duduk sini sama Naya). Kadang bundanya diminta bernyanyi lagu-lagu pilihannya sendiri. Bunda berusaha turuti keinginannya meskipun ada yang tidak faham ucapannya, yang bisa berujung tangisan Kanaya. Kalau bunda sudah bernyanyi sampai satu album (kek yang udah rekaman ajah hihihi), dia masih belum puas, masih dilanjutkan dengan …... colawat aja unda... colawat...colawat (sholawat) dan sholawatnya pun inginnnya yang beberapa versi, belum sampai ujungnya sudah minta ganti sholawat versi yang lain. 




Dan ternyata, pilihan lagu yang kita ajarkan padanya sangat berpengaruh terhadap tingkah lakunya. Bunda sering setelkan Kanaya vcd lagu anak-anak dari edutainment yang banyak mengajarkan tentang keseharian anak-anak muslim. Salah satu yang membekas di ingatan Kanaya adalah lagu tentang Aku Bisa Sendiri. Berikut liriknya

Ayah Ibu selalu membantuku
dari kecil hingga ku besar
kini giliranku bantu mereka
apa yang kubisa kan kulakukan

Aku bisa makan sendiri
Aku bisa mandi sendiri
Kini giliranku bantu mereka
Apa yang kubisa kan kulakukan

Kalau enggak salah liriknya seperti itu. Memang sih lagu itu cocok buat anak di atas lima tahun. Mengajarkan kemandirian pada anak dan membuat anak jadi lebih kreatif. Tetapi Kanaya sudah mulai menerapkan lagu itu, setiap mandi dia minta gayungnya dipegang sendiri sambil mengambil air dan mengguyurkannya ke tubuhnya, sambil nyanyi, …... aku ica mandi cendili....ini iliranku antu ereka... dst... Pertama kali melihatnya bunda tertawa geli, subhanallah, ternyata ingatan anak-anak itu memang kuat sekali. Begitu pula saat makan, dia ingin menyendok sendiri makanannya, saat berganti pakaian pun ingin dilakukan sendiri, sambil bersenandung lagu itu. Waahh besok-besok bisa disuruh ke warung sendiri beli sayuran kali yaak.... hehehe


Kanaya juga sering jadi kerumunan tetangga yang senang mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana , karena Kanaya akan menjawab pertanyaan itu dengan mimik yang lucu. Misalnya 
bundanya siapa namanya : unda ina (bunda rina)
ina siapa : ina cetiaati (Rina Setyawati)
kalo ayahnya : ayah acani (ayah hasani)
kalo mbahnya : mbah palmini (mbah parmini)
tantenya ?: ante eni, ante titi (tante jeni dan tante titik, adiknya bunda)
Naya udah makan : udah
pakai apa : iyol (telor)
Sapa tadi yang nangis : naya (nunjuk dada dengan bangga)
Kenapa nangis : atoh di onoh (jatoh disana) sambil bibir monyong 5 centi
Kanaya darimana : aen ayunan ama elocotan ( main ayunan sama perosotan)

Tentang pertanyaan darimana ini, setiap Kanaya pulang kerumah setelah diajak ayahnya keliling komplek dan bertemu bundanya, maka dia yang akan terlebih dulu bertanya … dali mana.... Jadi sebelum bunda bertanya dia yang akan bertanya darimana ….. wkwkwk... terbalik atuh nak, seharusnya bunda yang bertanya darimana.

Entah meniru dari siapa, bunda dibuat terkejut saat suatu hari saat bermain di luar dan ada pesawat terbang melintas, Kanaya langsung melihat ke atas dan berteriak.... ecawaaatt.... minta uit.... dua lebu (pesawat minta duit dua rebu). Doooh, …... hancur deh reputasi emaknya dikirain ga sanggup ngasih duit dua ribu buat anaknya sampai dia minta duit ke pesawat yang lewat. Kejadian ini benar-benar bikin bunda tertawa. Nah sekarang saat di televisi sedang ramai pemberitaan kecelakaan pesawat sukoi di Gunung salak, dia pun sering heboh minta duit ke pesawat yang memang sering muncul penampakannya di televisi. Ampyuuunn.....

Kanaya 19 bulan makin lucu dan sering bikin bunda tertawa. Ayah dan bunda juga harus ekstra hati-hati berbicara karena apapun yang dia dengar dan lihat pasti akan segera ditiru. Kejadian yang paling bikin speechless adalah saat Kanaya memanggil ayahnya dengan panggilan mas, ini akibat bunda sering lupa memanggil mas saat ada di depan Kanaya. …... Maaas aya aus mas, mau mimik...(mas naya haus mau mimik) Gubrraaakkk..



Sehat selalu dan bertambah cerdas ya nak... mmmuuaacchhh

36 comments

Mei 20, 2012

Kanayaaaa sayaaaang...
selamat ulang bulan yaaa....

gak pa pa bun makannya susah tapi mau ngemil
yg terpenting ada makanan yg masuk
cuma...jangan setiap hari ngemilnya kerupuk yaa....hihihi

bundaaa....seingatku dulu juga waktu kecil kalau melihat pesawat aq suka teriak2 kayak Naya juga.....

Mei 20, 2012

semoga sehat selalu dan dalam lindunganNya ya, kanayaa ... :)

selamatulang bulan ya Kanaya. kalau samaAlvin sama nih yang ditanya apaan nih apaan tuh :)

Mei 21, 2012

@Diandraooh berarti dari jadul udah ada ya teriak2 minta duit klo ada pesawat... ketinggalan zaman saiah...

Mei 21, 2012

@risaaamiin ya Allah

Mei 21, 2012

@Lidya - Mama Cal-Viniya harus sabar ya mbak, ngadepin anak2 yg kritis

Mei 21, 2012

hihi..kanaya panggil "Mas" ke ayahnya ya bun...lucunya kanaya ini....itulah anak-anak bun, benar-benar peniru ulung ya...

Mei 21, 2012

Whuahahahaha....lucu bagian Nay manggil ayahnya mas hihihi... bener2 harus hati2 ternyata ya Bun.

Met ulbul Nay sayaaang *peyuuuk* ;)

Mei 22, 2012

@Mami Zidaneiya mba apaaa aja ditiru

Mei 22, 2012

@Orinpyuuuk tante orin

Mei 23, 2012

Hahahahaha masak manggil bapaknya mas =pKeren Naya dah apal nama orangtuanya ya hihi :D

Mei 23, 2012

Kanaya seumuran sm keponakan sy.. Tp Kanaya ngomongnya udah pinter ya.. Keponakan sy masih susah nih. Masih hah hih huh aja..

Mei 24, 2012

saya gak baca postingannya seluruhnya tapi foto"nya sudah cukup berbicara. Tumbuh sehat dedekkk

Mei 24, 2012

selamat ulang bulan ya buu untuk anak nya lucu banget mummumumu :* xixixi salam kenal juga :D

Mei 24, 2012

@Tebak Ini Siapaiya kadang manggil aku bude, ngikutin sepupunya wakakakaka

Mei 24, 2012

@ke2naisetiap anak punya perkembangan yg beda2 mbak... :)

Mei 24, 2012

@deadyrizkymakasih yaaa

Mei 24, 2012

@deanamanya bocah ya bu... bikin ketawa ajah

Mei 24, 2012

naya pinter!!!! anakku 18 bulan bun udah ceriwis ternyata naya lebih ceriwis, hihi.. salam kenal ;)

Mei 25, 2012

semoga menjadi anak sholehah ya Nak... :)
salam

Mei 25, 2012

Selamat ulang bulan Kanaya sayaaaang!

Ih, gemes deh makin bijak! Sini-sini bunda Mayya ciumin!

Mei 26, 2012

usia Kanaya nih masih/sudah masuk the golden age gak sih? bener2 seperti spons yg menyerap banyak hal yaaa... keputusan tepat deh bun memperdengarkan lagu2 edutainment kek gitu. jadi berpengaruh jg ke si nduk cantik :)

Mei 28, 2012

@yudhi puspa tyaiya anak seumur gini emang lagi ceriwis 2 nya

Mei 28, 2012

@WaroengBloggeraamiin ya Allah

Mei 28, 2012

@Mayya*nyodorin pipi

Mei 28, 2012

@ndutykemasih golden age mbak.. makanya apaaan aja ditiru

Mei 28, 2012

Wah Kanaya komunikatif sekali yaa...
pasti lucu kalo bibirnya monyong monyong ketika bercerita

Mei 28, 2012

Aku juga suka main perosotan.....

main yuk Dik...

Whuaaaaa...
Kanaya sekarang udah tambah gede ya Buuuun...

dan kenapa minta duit ama pesawat cuman 2 rebu aja siiiih??? 50 rebu oooong...hihihi...
*ngajarin gak bener*

Mei 29, 2012

@Elsa
iya bibir muonyong 10 centi

Mei 29, 2012

@Baby Dijahayuuuk kaka kesini yaa

Mei 29, 2012

@Bibi Titi Telitisaya malah nyuruh minta satu juta mbak.. hihi lebih matre

Waaah makin pinter aja nih anak Bunda.
Sehat terus ya, Nak. Mamam yang banyak biar Bunda senang.

Mei 30, 2012

@Indah Kurniawatymakasih tante indah

Mei 30, 2012

wah mbak...dedek naya terapi enzym??, kinan juga beratnya segitu gitu aja..kemarin juga berencana check gitu..tapi waktu itu dsa-nya bilang masih normal BBnya segitu ...jadi nggak perlu worried dan tes lanjutan..tapi kok ya 33 bulan masih dikisaran 13 KG yah.....hmmm jadi pingin periksa lengkap juga yah...tfs

Mei 31, 2012

@Mama kinankalo masih normal sih ga usah mbak, aku aja sedih waktu kanaya di periksa di lab, kesakitan

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.