Edisi Mandiri

Selasa, 14 Mei 2013

Belakangan ini bunda merasakan banyak perubahan pada Kanaya. Si princess jadi lebih mandiri dari biasanya. Campur – campur sih perasaan bunda antara heran, takjub, terharu dan senang atas pencapaian yang buat bunda sangat luar biasa ini. Apa saja sih yang dilakukan Kanaya sampai bundanya mengharu biru....

  1. Mengambil minum sendiri
Sebenarnya ini sudah dilakukan Kanaya sejak dia bisa berjalan, tapi seringnya air tumpah dan membuat lantai jadi banjir becek. Sekarang setiap haus dia langsung mengambil gelas yang sengaja bunda letakkan di posisi yang terjangkau. Setelah itu menuju dispenser dan mengucurkan airnya sendiri tanpa tumpah. 

Kanaya bisa mengukur sampai batas mana dia berhenti menekan tombol dispenser. Bunda ajarkan jangan menekan tombol merah karena bisa jadi airnya panas, dan hal itu selalu dia ingat. Pernah suatu saat dia melihat bunda mengambil air dari tombol merah, Kanaya langsung melarang, bunda jangan ambil air dari yang merah, itu air panas.

  1. Bermain sendiri
Seperti yang pernah bunda ceritakan sebelumnya, Kanaya sekarang sudah lebih berani bermain ke luar rumah sendiri bahkan belakangan sering tanpa izin. Satu sisi senang karena Kanaya sudah tidak takut lagi berkumpul bersama teman-temannya, tapi sisi yang lain bunda jadi khawatir. Apalagi di televisi banyak diberitakan kejadian yang negatif pada anak-anak seusia Kanaya. Hiiiyy.... parno abis deh. 

Melarang keras Kanaya keluar rumah ternyata bukan solusi yang tepat karena dia juga butuh bersosialisasi. Bermain di rumah dan mengundang teman-temannya juga sering dilakukan, tapi biasanya cepat bosan. Akhirnya setiap Kanaya bermain ke luar rumah sebisa mungkin harus didampingi dan diberi pengertian wajib izin setiap mau keluar rumah.

  1. (Nyaris) Ke mesjid sendiri
Kejadiannya ahad lalu saat hanya ada bunda dan Kanaya di rumah. Ketika azan Zuhur berkumandang, Kanaya bilang, bunda aku mau sholat. Bunda mengiyakan karena biasanya dia langsung mengambil mukena dan sajadah lalu ikut sholat di samping bunda.

Tapi setelah menenteng mukena Kanaya malah pakai sandal dan keluar rumah. Bunda jadi bingung dan bertanya mau kemana, dia jawab aku mau ke mesjid nda. Bunda bengong sebentar mencerna apa yang terjadi :))) kelamaan mikirnya , dari mana sejarahnya si 2,5 tahun ini mau ke mesjid sendirian. Bunda langsung tergopoh gopoh menyusul Kanaya. Jarak rumah dengan mesjid sebenarnya tidak terlalu jauh, tapi untuk anak 2,5 tahun tentu mengkhawatirkan kalau dibiarkan pergi ke mesjid sendirian.

Bunda membujuk Kanaya untuk sholat di rumah, dia malah menangis keukeuh gumeukeuh sureukeuh pengen ke mesjid. Bingung juga bagaimana caranya bernegosiasi dengan Kanaya di tengah – tengah jalan, jam 12 siang,  yang cencu saja aduhai banget panasnya. Akhirnya bunda gendong dan membawanya pulang. Sampai rumah tangisnya masih berlanjut tapi alhamdulillah cepat mereda karena dialihkan perhatiannya.
* pfuuuhh..... elap keringet.

  1. Bisa pipis di toilet sendiri
Biasanya kalau Kanaya bilang , nda aku mau pipis, bunda yang copot celananya dan menggiringnya membawanya ke toilet. Proses cebok dan mengelap dengan handuk kecil masih bunda yang lakukan. Tapi ada suatu kejadian beberapa hari lalu yang membuat bunda terharu. Saat ayah, bunda dan Kanaya sholat Isya berjamaah, Kanaya melepas mukenanya dan bilang , aku mau pipis ah , lalu langsung melepas celananya di hadapan bunda.yang sedang menyelesaikan rakaat terakhir. 

Jujur saja bunda sudah mulai tidak khusyu membayangkan apa yang sedang dia lakukan. Setelah mengucap salam, bunda bergegas ke toilet dan melihat dia sedang pipis dan cebok sendiri. Subhanallah, anak bunda pinter banget deh udah bisa pipis dan cebok sendiri, hati-hati lantainya licin yaa.....yang dipuji senyum-senyum bangga.

  1. Tidak menangis saat bunda pergi
Sebelumnya, setiap pagi Kanaya selalu menangis dan melarang bunda pergi bekerja, kalaupun bunda tetap pergi dia harus ikut. Duh, rasa hati tercabik cabik kalau berangkat kerja ditangisin anak. Seharian di kantor jadi kepikiran dan sering merasa bersalah.

Tapi sekarang Kanaya malah dadah-dadah kalau bundanya pamitan kerja. Syaratnya dia harus dalam keadaan mood yang baik saat bangun tidur, biasanya setelah bermain sebentar bersama bunda, dia bisa dengan ikhlas melepas bunda. Bahkan kadang sering mengingatkan, ayo bunda salim dan pelukan dulu sama naya.... :))

Pernah suatu saat hari ahad sore bunda mau ke Superindo, biasanya mengajak Kanaya, tapi saat itu iseng-iseng bunda bilang, Kanaya di rumah aja ya sama ayah, bunda sebentar doang kok perginya. Bunda sudah mengira dia akan menangis minta ikut, etapi ternyataaaah jawabannya..... ya udah ga papa.... Bunda jadi bengong dan malah bingung. Sepanjang jalan bunda jadi berpikir, satu sisi senang Kanaya sudah mandiri, tapi sisi yang lain kok bunda merasa kehilangan ya, dan di jalan itu bunda hampir saja menangis mengingat Kanaya *inilah dia emak-emak labil.:)))))

Pulangnya bunda tanya ayah apa yang dilakukan Kanaya saat bunda pergi, apakah menangis apakah menanyakan bunda? Jawaban ayah, Kanaya enggak nangis, enggak tanya bunda, malah langsung lari bergabung dengan teman-temannya..... hwaaaaaa... tambah kejer dah bundanya.

Kanaya, permata hati ayah dan bunda, setiap perkembanganmu, seakan memberi peringatan kepada kami, bahwa waktu terus berjalan, dan kami harus siap dengan banyaknya perubahan pada dirimu. Semoga di setiap tumbuh kembangmu ini menjadi media buat ayah dan bunda untuk terus belajar menjadi orang tua yang baik. *ketjup basah pipi Kanaya.










34 comments

Mei 14, 2013

Waaahhh Kanaya udah besar ya..

Emang ya bund, kalo anak nempel kita terus, kita pengen banget dia bisa mandiri. Sekalinya dia mandiri, ga nanyain kit alagi, kitanya yg kejer... hihihi ^^

udah mau ke mesjid sendiri kalo gitu minta temani bunda ya :)

Mei 14, 2013

Hihihihi...bagian udah gak nangis klo ditinggal pergi itu heartbreaking and proud in the same time y mbak.
Dia nangis, kita sedih. Dia gak nangis, kita juga sedih. =)). Memang agak labil nih kita =))

Mei 14, 2013

Aaahhh...pintar Nay *ketjup basah jg*

Mei 14, 2013

@Lidya - Mama Cal-Vinkalau tetanggaan, kayaknya Alvin dan Kanaya bisa janjian ke mesjid bareng nih.
Subhanallah, ponakan-ponakanku ini semakin pintar ya.

Mei 14, 2013

Wah pintar ya, dah gede ya Kanaya

Mei 14, 2013

uwahhh,pasti seneng bangettt pastinya ya mbk..makin hari perkembangan naya makin bagus dan bertambah,,senengnyaaa :D
big hug bt naya :D

Mei 14, 2013

kanaya hebaat. seru banget ya mbak melihat perkembangan buah hati tercinta.

Mei 15, 2013

Kanaya makin pinter deh...:)
jadi, sekarang lagi galau ya Rin melihat kemandirian Kanaya? hihihi..

makin pintar kanaya, tandanya sudah smakin besar. Keren Kanaya cantik... *kasih 2 jempol tangan* :))

Mei 15, 2013

hihihi ga rela ya mba..kalo anak2 semakin gede...:D
apalagi kalo udah abg.. :,)

Mei 15, 2013

duuh.. kanaya lutunaaaa... baru pertama nih liat kanaya, selain menggemaskan ternyata udah pinter ya, udah ga nangis kalo bundanya pergi. :)

Mei 15, 2013

Hahahhaaaa... Luccuuuuuu...
Terutama pas ngebayangin Kanaya mau pergi ke masjid itu...
Hihihi..
Ciyus mak, selain cerita si Aa Ujan, tingkah polah Kanaya ini jg sering bikin aku cengengesan di depan lappy.. Wkwkwk...

Mei 15, 2013

Kanaya hati2 jg yah kalo ngobrol sama temen2... Tempo hari temennya vania ada yg bilang dia udah punya suami, dan waktu vania cerita ke bunda, bunda bilang itu menyeramkan!

Vania gak ngerti deh menyeramkannya gmana, bunda belom cerita lg soalnya... Hehe

Kanaya... keren! Anak sekecil itu ada niatan mau sholat ke masjid sendiri. *angkat jempol tinggi2*

Semoga selalu sehat ya, dek. ;)

Mei 17, 2013

@retma-haripahargioikut ikutan ayah dan teman2nya mbak... hehehe

Mei 17, 2013

@vania ananditahahahhaa.... kebanyakan nonton sinetron kali yaa temennya Vania

Mei 17, 2013

@Lyliana Thiaanak2 itu pasti punya cerita yang bikin kita ngikik... xixixixi

Mei 17, 2013

@Damaeanaknya ga nangis..eh sekarang emaknya yg mewek karena merasa kehilangan .... emak labil yeee

Mei 17, 2013

@Desiiya ya des... gmn ntar klo udah pada abg ditinggal sendirian deh emaknya.....

Mei 17, 2013

@deva (sabri familie)makasih tanteeee

Mei 17, 2013

@keluarga Qudsyhahahah.... ga jelas juga ini galau galau gimanaaa gitu yan...

Mei 17, 2013

@lizaalhamdulillah... makasih ya tantee...

Mei 17, 2013

@Hanna HM Zwanalhamdulillah tante Hanna.. peluuuk yg erat si tante sampai sesak nafas... hehehe

Mei 17, 2013

@fitri anitaalhamdulillah...
:))))

Mei 17, 2013

@Orinhyaaa basah semua dunk....

Mei 17, 2013

@UuLiya ini emak2 sebenernya maunya apa sehh... hehehehe

Mei 17, 2013

@Lidya - Mama Cal-Vinsamaan sama si alvin ya mbak...

Mei 17, 2013

@Abi Sabilasapa dulu dong pakdenya.... heheheh

Mei 17, 2013

@Bunda Dzakyhihih iya beginilah emak labil tingkat kecamatan tyk.....

Mei 21, 2013

WOWW Kanayaaaaa
pinternyaaaaaaaa......
udah bisa main sendiri yaa
keluar rumah pula! subhanallaaahhhh

yang paling hebat, Kanaya udah bisa pipis sendiri!!!!!

aku bingung banget nih Mbak, soal pipis sendiri. Soalnya Dija kebiasaan kalo pipis kan di kloset duduk gitu. sementara di sekolah klosetnya jongkok.
harus ngajarin dari awal lagi kayaknya nih

Mei 22, 2013

@Elsasebenernya dia memang kepengen ngapa ngapain sendiri tapi emaknya yg masih belom tega.... klo Kanaya kebalikannya di rumah pakai wc jongkok klo bepergian suka bingung rata2 wcnya duduk.....

Whoaaaaa...
ini jeritan hati kita ternyata sama persis yahy buuuuun...hiks...*cos dulu*

Kanayaaa...Kanayaaaa...
Hayu kesini main sama Fathir :)

Lucu banget kanaya,jadi pingin punya adik cewek seperti kanaya

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.