Jawaban - Jawaban Ajaib

Jumat, 14 Maret 2014


Tiga tahun lima bulan usia Kanaya. Semakin banyak tingkah lakunya yang membuat bunda terkaget kaget dan harus menyiapkan lebih banyak lagi stok kesabaran. Bukan hanya sering kewalahan dengan beberapa aksi ekstremnya yang membuat jantung lebih cepat berdegup, tapi sempat tertegun juga dengan kreativitasnya merangkai kata-kata.

Dari beberapa buku parenting yang bunda baca, memang seusia Kanaya ini adalah masa anak akan mulai membangkang dan mencari-cari alasan untuk tidak menuruti keinginan orang tuanya. Fase ini adalah fase normal yang akan dilewati setiap anak. Biasanya ini terjadi untuk menunjukkan jatidirinya dan juga bagian dari proses perkembangan anak.

Meskipun teori sudah dilahap habis, tapi tetep ya saat berhadapan langsung dengan si anak, butuh perjuangan ekstra untuk tetap sabar dan menahan diri supaya tidak keluar taring dan tanduk membuat anak makin membantah karena sikap keras kita.

Sama halnya seperti Kanaya, selalu ada negosiasi panjang apabila bunda menginginkan dia melakukan sesuatu. Belum lagi jawaban-jawaban "ajaib"  yang bikin bunda kehabisan kata-kata menghadapinya.



Seperti kejadian beberapa hari yang lalu. Semenjak melihat sepupunya yang laki-laki buang air kecil berdiri, Kanaya jadi ikut-ikutan juga. Setiap kali dia buang air kecil dengan posisi berdiri bunda selalu mengingatkan agar jongkok. Suatu malam sebelum tidur, Kanaya dibiasakan buang air kecil terlebih dahulu, dan dia masih keukeuh gumeukeuh tidak mau pipis jongkok.

Bunda   : Lho kok Kanaya pipisnya masih berdiri? Kan bunda sudah kasih tau harus jongkok
Kanaya : *Terdiam sebentar sambil berpikir, …......ini hari apa sih nda?
Bunda   : hari Rabu * bunda bingung tiba-tiba dia tanya hari)
Kanaya : Naaaah, kalau hari Rabu, Kamis, Jumat itu pipisnya berdiri. Hari Sabtu Minggu Senin Selasa baru pipisnya jongkok.*wajah tidak bersalah dengan mata yang berbinar
Bunda   : waduuuh aturan dari mana itu naaak...
Kanaya : *senyum senyum

Lain waktu,
Bunda : Lhoo... solehah pipisnya masih berdiri ?
Kanaya : Iya laah...
Bunda : Kenapa?
Kanaya : kan ini malam nda, jadinya aku mau berdiri aja pipisnya, pipis jongkok itu kalo siang nda...
Bunda : *speechless

Urusan pipis jongkok ini sementara waktu masih bunda biarkan, karena selalu dapat jawaban yang aduhai untuk menolak permintaan bunda. Jadi bunda alihkan dengan hypno saja setiap sebelum tidur dan disaat dia sedang dalam keadaan senang.

Kanaya juga beberapa kali menolak ajakan bunda untuk mandi, tidur, dan hal-hal lain yang sifatnya rutin. Tetap dengan jawaban – jawaban yang kadang bikin senyum kecut dan menguji kesabaran bunda. Seperti saat bunda ajak mandi, jawabannya kan aku dah mandi nda kemaren, emang kita harus mandi terus setiap hari?. Kalau bunda ajak tidur, aku belom ngantuk nda, masih kepengen main, bunda duluan aja deh tidurnya nanti aku nyusul... eeeaaaa.

Yang paling teranyar itu kemarin malam, Kanaya sedang asyik ngemil biskuit, dan bunda mengajaknya bicara, tapi Kanaya terlihat mengacuhkan, sambil matanya tidak fokus ke mata bunda...

Bunda : Kanaya kok kalau ditanya bunda tidak menjawab
Kanaya : *diam saja, asyik dengan biskuitnya
Bunda : Kanaya …. bunda bertanya lhoo, kok diam aja
Kanaya : Aku tuh lagi makan nda, kalau orang makan itu ga boleh ngomong
Bunda : ooh iya ya, maap yaa...
Berasa kepentung sama anak sendiri.

Yaaaa.... setiap anak akan mengalami fase-fase perkembangan dalam hidupnya. Dan sangat menyenangkan bagi ayah dan bunda bisa melihat pertumbuhan Kanaya di setiap waktu. Hanya stok sabarnya memang harus terus ditambah, supaya Kanaya selalu mendapatkan respon yang baik di setiap perilakunya. Pecut nih buat ayah dan bunda, agar terus belajar tentang dunia anak-anak...

Semoga fase yang harus dilewati sekarang ini, menjadi modal kecerdasanmu di masa mendatang ya nak.....*peluuuuk Kanaya.


 

30 comments

Maret 14, 2014

Jawaban Kanaya kocak dan gokil Mbak.
Nah kalau soal mandi, semiripan neh sama saya...kalau hr libur mandinya kadang di rapel alias ikutan libur..#kabuurr

Maret 14, 2014

Kanaya... banyak akal yaa hihiii

Maret 14, 2014

hahaha jadi ikutan gemesss baca celotehannya Kanaya
adaaa aja jawabnnya yaaa... :D

Maret 14, 2014

ha ha ha Kananya dah gede ya..bunda tidur duluan ajah, nti aku nyusull....

Maret 14, 2014

hahahaha kenapa ajaib gitu yah jawaban nya Kanaya.. ada2 aja nih Kanaya :)

Kanaya sudah pinter cari alasan ya :)

Maret 15, 2014

aaahh....toss dulu ah.
Samara juga akhir2 ini lagi suka menentang dan itu butuh kesabaran yang ruaarrr biasa.
Pil sabar mana pil sabar???

Maret 15, 2014

Semoga cepat insyaf ya, Sayang. Ahahahaha

Ibaratnya ABG tuh lagi pubeeer. :)

Maret 17, 2014

kanayaaa... pintar ya ngejawabnya, hihi

Maret 17, 2014

@ririe*tangkeeep.... klo rapel gaji sih nyenengin yak... klo rapel mandi mah ... iiih...:)))

Maret 17, 2014

@Nophiiya sampai emaknya bingung mau jwab apa

Maret 18, 2014

@Desientah dapet ilmu ngeles dari mana itu ..:)))

Maret 18, 2014

@fitri anitaiya itu sekarang agak susah diajak tidur padahal emaknya udah ngantuk pooll

Maret 18, 2014

@Yeyemakin besar makin pinter ngejawab aja niy anak-anak

Maret 18, 2014

@Lidya - Mama Cal-Viniya mba Lid bikin bingung gimana jawab yang bener

Maret 18, 2014

@keluarga Qudsymari kita gerus pil sabar bersama sama buun...

Maret 18, 2014

@Idah Cerishahahaha.... jawaban anak abg ini yaa

Maret 18, 2014

@effie nettaiya ini mbak, adaaaa aja jawaban2 yg bikin kaget

Maret 18, 2014

hahahha si kanaya lucuuuuuu....

Maret 18, 2014

wkwkwk Kanayaaa, kok bisa kepikiran kalau gaya pipis aja ada hari2nya :D

Maret 19, 2014

@Nunuheheheh.. penghibur hati

Maret 19, 2014

@Keke Naimaaku juga b ingung bun, itu dia dapet ide darimana .... hehehe

Maret 19, 2014

Wahahahah keren keren. Kalau dalam Bahasa Pontianak "bekelit" alias ngeles hiehiheiehiehiheiheiheiee

Maret 20, 2014

Hihihi...Kanaya pinter tuh ngasih jawabannya, Mbak. Spontan tapi bikin Bunda gak bisa jawab.
Semoga makin pinter ya, Kanaya...

Maret 20, 2014

@Asep Haryonoheheheh... iya pak, udah jago ngeles

Maret 20, 2014

@IndKuraamiin.... makasih doanya...

Maret 25, 2014

Duuuh...
Kanaya tambah cerdas dalam ber logika yah Bundaaaa...
Gak pa paaaa...biar udah gedenya pinter debat Bun...hihihi..

Aku pun dulu pernah mati kutu ama Kayla lho...
Suatu kali Kayla aku omelin karena makan nya gak habis terus, eh dia malahan ngejawab...
mama, kata guru agamaku, kita itu harus makan sebelum lapar, dan BERHENTI sebelum kenyang ma! Jadi jangan suka paksa2 aku ngabisin makanan!

Ampuuuuun...hihihi...

Maret 26, 2014

@Bibi Titi Telitiwaaaah jawaban cerdas ituuh.... bikin emaknya ga bisa ngomong hihihi

Maret 28, 2014

naaahhhh ini harusnya disini :-D
hahaha... kanaya kepinteran! :-P
kalah bundanya niiih.. hahaha...
aku paling suka yg pengaturan hari dan waktu pipis berdiri - jongkok... sippp kanaya... jago manajemennya.. hihihi.. ^_^

April 15, 2014

hihihi... kanaya ini memang lucu.. ada-ada saja... :)

Posting Komentar

terima kasih untuk kunjungannya ke blog Kanaya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi yaaaa.......

my everything

my everything
kanaya almira hasna. Diberdayakan oleh Blogger.